AWAL SURAH YANG HANYA ALLAH YANG TAU MAKNANYA


BacaNulis.Com - Di dalam al-qur’an ada beberapa surah yang didahului oleh ayat yang hanya Allah yang tau maknanya. Ayat-ayat ini berada pada awal-awal surah. Ayat-ayat tersebut berbunyi, alif lam mim, alif lam ro, qof, nun, ya sin, dan lain sebagainya. Beberapa bunyi ayat tersebut ada yang dijadikan sebagai nama surah, seperti surah qof, ya sin,dan tho ha. Hikmah diturunkannya ayat-ayat ini, dimana hanya Allah saja yang mengetahui maknanya adalah, bahwa ayat-ayat tersebut memberikan isyarat bahwa al-qur’an benar-benar diturunkan oleh Allah SWT kepada NabiNya sebagai petunjuk bagi orang yang bertaqwa. Sebab, jika semua isi al-qur’an memiliki makna yang diketahui oleh manusia, maka ada kemungkinan bahwa al-qur’an diciptakan oleh Muhammad. Namun dalam hal ini anggapan tersebut bisa dibantah oleh adanya ayat awal-awal surah yang hanya Allah yang tau maknanya.
Sama halnya seperti tulisan stenografi yang hanya diketahui oleh seorang jurnalis atau beberapa orang yang mengetahuinya. Jika diasumsikan bahwa yang bisa menulis dengan tulisan stenografi hanyalah seorang jurnalis dan semua jurnalis bisa menulis dengan tulisan itu, maka orang lain tidak akan mengerti kalimat yang ditulis dengan tulisan stenografi. Dan ini, mengindikasikan bahwa seorang yang bisa menulis dengan tulisan stenografi tersebut benar-benar seorang jurnalis. Jika seseorang itu tidak mampu menulis dengan tulisan stenografi atau tulisannya mudah dimengerti oleh semua orang, maka sangat diragukan jika seorang tersebut beridentitas sebagai seorang jurnalis.
Jika seluruh isi al-qur’an diketahui maknanya oleh manusia, maka sangat diragukan bahwa al-qur’an diturunkan oleh Allah SWT. Dalam firmanNya Allah SWT mengatahan “Dialah yang telah menurunkan kitab Al-qur’an kepadamu Muhammad. Diantaranya ada ayat-ayat yang muhkamat, itulah pokok-pokok kitab Al-qur’an dan yang lain mutasyabihat. Adapun orang-orang yang dalam hatinya condong pada kesesatan, mereka mengikuti yang mutasyabihat untuk mencari-cari fitnah dan untuk mencari-cari takwilnya, padahal tidak ada yang mengetahui takwilnya kecuali Allah. Dan orang-orang yang ilmunya mendalam berkata, kami beriman kepada al-qur’an semuanya dari sisi Tuhan kami. Tidak ada yang mengambil pelajaran kecuali orang-orang yang berakal”. (QS. Ali-Imran : 7)
Begitulah Al-qur’an, memiliki tata bahasa yang tinggih, memiliki informasi mengenai hari kiamat, memiliki informasi sains yang tak terbantahkan, dan terdapat beberapa ayat yang mutasyabihat. Sebab’ al-qur’an adalah mukjizat, al-qur’an adalah kitab yang diturunkan oleh Allah SWT. Bahasa yang digunakan adalah bahasa yang tinggi, bahasa ketuhanan. Maka, gubahan syair Arab sekalipun tidak akan mampu menandingi tata bahasa al-qur’an. Tulisan Kahlil Gibran yang melegenda sekalipun tidak mampu menandingi kebahasaan al-qur’an. Sebab, al-qur’an itu diturunkan oleh Allah SWT, Tuhannya manusia. Maka wajarlah jika sebagian ayatnya hanya diketahui oleh Allah SWT.
Sama halnya seperti contoh berikut. Seorang pelajar SD tidak mengetahui beberapa istilah yang diketahui oleh ayahnya yang telah tamat kuliah. Hal itu menunjukkan bahwa ayahnya memiliki ketatabahasaan yang tinggi dan ilmu yang luas. Maka wajarlah bagi anaknya yang masih SD tidak mengetahui beberapa istilah pengetahuan dan hanya diketahui oleh ayahnya. Seorang anak SD saja tidak mengetahui beberapa istilah yang diketahui ayahnta apalagi jika ketatabahasaan tersebut diturunkan oleh Sang maha Kuasa. Luar biasa. Inilah beberapa hikmah diturunkannya ayat awal-awal surah yang hanya diketahui oleh Allah SWT.
Selain itu, ayat-ayat awal surah tersebut memberikan isyarat bahwasannya al-qur’an itu diturunkan dalam bahasa Arab yang tersusun dari huruf-huruf abjad tersebut. Di dalam al-qur’an, ayat-ayat seperti ini ada 29 tempat.
Ayat-ayat tersebut dapat dituliskan sebagaimana berikut :
Yang berbunyi alif lam mim ada 6
1. Al-Baqarah (2) ayat 1
2. Ali Imran (3) ayat 1
3. Al-Ankabut (29) ayat 1
4. Ar-Rum (30) ayat 1
5. Luqman (31) ayat 1
6. As-Sajdah (32) ayat 1
Yang berbunyi alif lam mim shod hanya ada 1
7. Al-A’raf (7) ayat 1
Yang berbunyi alif lam ro ada 5 (selalu diikuti oleh kalimat berikutnya dalam satu ayat/tidak berada dalam satu ayat sendiri)
8. Yunus (10) ayat 1 (alif lam ro….)
9. Hud (11) ayat 1 (alif lam ro……….)
10. Yusuf (12) ayat 1 (alif lam ro…..)
11. Ibrahim (14) ayat 1 (alif lam ro….)
12. Al-Hijr (15) ayat 1 (alif lam ro….)
Yang berbunyi alif lam mim ro hanya ada 1 (tidak berada dalam satu ayat sendiri. Tapi diikuti oleh kalimat berikutnya dalam satu ayat itu)
13. Ar-Ra’d (13) ayat 1 (alif lam mim ro…..)
Yang berbunyi kaf ha ya ‘ain shod hanya ada 1
14. Maryam (19) ayat 1
Yang berbunyi tho sin mim ada 2
15. Asy-Syu’ara’ (26) ayat 1 (tho sin mim)
16. Al-Qashash (28) ayat 1 (tha sin mim)
Yang berbunyi tho sin ada 1 (tidak berada dalam satu ayat sendiri. Tapi diikuti oleh kalimat berikutnya dalam satu ayat itu)
17. An-Naml (27) ayat 1 (tho sin….)
Yang berbunyi ha mim ada 7
18. Al-Mu’min (40) ayat 1
19. Fushishilat (41) ayat 1
20. Asy-Syura (42) ayat 1-2 (ha mim. Ain sin qaf)
21. Az-Zukhruf (43) ayat 1
22. Ad-Dukhan (44) ayat 1
23. Aj-Jatsiyah (45) ayat 1
24. Al-Ahqaf (46) ayat 1
Yang berbunyi nun ada 1 (tidak berada dalam satu ayat sendiri. Tapi diikuti oleh kalimat berikutnya dalam satu ayat itu)
25. Al-Qalam (68) ayat 1 (nun….)
Yang berbunyi sekaligus menjadi nama surah ada 4
26. Tha Ha (20) ayat 1 (tha ha)
27. Ya Sin (36) ayat 1 (ya sin)
28. Shad (38) ayat 1 (shad….)
29. Qaf (50) ayat 1 (qaf…)

MEDAN, 12 MEI 2011
11.17 WIB
BANGSUR_5:07

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel