Skip to main content

TIPS GAMPANG MENULIS


PERTAMA            : Bebaskan pikiran sebebas-bebasnya. Jangan hiraukan segala aturan penulisan yang baku. Jangan diingat-ingat aturan penulisan yang baik bagaimana. Jika pikiran itu menghantui, maka kegagalan pertama dalam menulispun akan benar-benar wujud. Menulislah dengan bebas.

KEDUA                  : Catat segala poin-poin penting. Walaupun mungkin belum teratur dengan paragrap sebelumnya, namun tulislah beberapa kalimat yang penting untuk disampaikan di bawah editan yang sudah ditulis atau di beberapa kertas buram, sekedar untuk menampung ide. Ketika sudah tepat untuk dimasukkan ke dalam paragrap, tulislah penjabarannya. Jangan menunggu ditulis hingga tepat ke pada paragrap yang pas. Sebab, hal itu hanya akan membuntuhkan pikiran dan menghilangkan ide-ide.

KETIGA                 : Menulislah dengan bantuan otak kanan. Hiraukan segala aturan menulis yang baik. Nah, jika sudah selesai menulis maka barulah gunakan otak kiri untuk menganalisis tulisan yang sudah setengah jadi tadi agar dibaguskan tata bahasanya. 

KEEMPAT            : Sesuaikan mood pikiran dengan bahan tulisan yang akan digarap.

KELIMA               : Begitu memiliki inspirasi untuk mengungkapkan sesuatu ke dalam bentuk tulisan, maka menulislah pada waktu itu juga. Jangan menunggu waktu yang tepat. Menulislah pada saat itu juga, sebab saat itulah yang merupakan waktu yang tepat, waktu di mana otak masih dipenuhi oleh nuansa memori-memori  yang diinspirasikan itu. Jika keadaan memang tidak memungkunkan, tulislah ide-ide itu ke dalam kertas buram, atau di memori handphone, simpanlah. Setelah tepat, buka kembali dan garaplah tulisan sesuai dengan ide yang sudah tersimpan itu. Hal ini untuk mengantisipasi kemungkinan hilangnya ide.

KEENAM              : Modal awal agar mampu menulis ketika anda memang benar-benar belum mampu menulis adalah segera menulis. Langsung saja menulis, soal kualitas tulisan, akan dengan sendirinya terpelajari dalam dimensi ruang waktu menulis itu. Sebab, pada saat menulis itu lah sudah berpormulai antara kecepatan tangan, memori, keliaran pikiran, ketajaman logika, dan keikutsertaan emosional menjadi sebuah formasi berbentuk tulisan . Maka segera saja menulis.

KETUJUH             : Jika pun anda ragu dengan kualitas tulisan anda, minta pendapat maupun kritikan dari orang yang memahami tata cara kepenulisan. Kritikan harus dilakukan sebab empunya tulisan terkadang tidak mengerti apakah tulisan itu tepat atau tidak yang terkadang baru akan ketahuan jika dibaca oleh orang lain. Kritikan ini, membantu anda untuk menemukan kelebihan dan kekurangan anda dalam menulis. Permintaan pendapat ini penting untuk meningkatkan kualitas menulis anda. Dan yakinlah kian hari anda kian bertambah pengetahuannya tentang menulis. 

KEDELAPAN        : Menulislah sesering-sering mungkin. Jangan biarkan ada satu hari pun anda tidak menulis. Sebab, semakin sering anda menulis maka memori pun akan terbiasa memberikan ide-idenya kemudian disalurkan lewat tangan hingga terselesaikanlah satu tulisan yang hebat. Jika kita membiasakan diri untuk setiap hari menulis, maka yakinlah pada hari-hari itu pula anda akan selalu mendapatkan ide. Jaringan otak seakan sudah menemukan jalur-jalurnya secara permanen, hingga terbentuklah sebuah jaringan menulis yang akan membantu anda mudah menemukan kosa kata, gaya bahasa dan memori ide. Jaringan itu akan sedikit demi sedikit hilang jika beberapa saat saja anda tidak menulis.

KESEMBILAN      : Buang segala ego yang menghalangi anda untuk segera menulis. Buang segala alasan-alasan yang membuat anda malas untuk segera menulis. Begitu anda teringat, bahwa “tulisan ini harus segera disiarkan, ini penting, sangat berguna untuk kehidupan bangsa, jika tidak segera dituliskan dan masyarakat tidak tau, ini pertanda gawat, dunia bisa segera kiamat, aku harus segera menulis”. Maka menulislah pada waktu itu.

KESEPULUH        : Niatkanlah menulis untuk hal-hal yang berguna. Lewat tulisan itu, yakinlah dan yakinkan bahwa tulisan itu sangat berguna. Tulisan itu mampu mendidik anak untuk membuang sampah pada tempatnya, memberitahu bahaya merokok, melarang masyarakat buang iar sembarangan, menyuruh merawat sungai, mengajak nelayan melaut lagi, mencegah peperangan, maupun menghimbau untuk bersyukur kepada Allah SWT. 

KESEBELAS          : Akan sangat banyak tips jika mau dituliskan. Segala hal bisa saja diberitahukan kalau hanya ingin memperbanyak motivasi.  Mencari sebanyak-banyaknya tips agar segera termotifasi menulis hanya akan memuaskan keinginan. Lebih dari itu, hanya anda lah pemegang kekuasaan raga untuk segera menulis. Tidak ada tips maupun motivasi tertinggi untuk membuat anda segera menulis selain “SEGERALAH MENULIS! SEKARANG!”


Medan, 3 Agustus 2011
bangsur
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar