Skip to main content

AWAL TURUNNYA WAHYU. 17 ATAU 21 RAMADHAN?


Ramadhan adalah bulan dimana diturunkannya Al-qur’an. Hal ini sesuai dengan firman Allah “Bulan ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) al-qur’an” (Al-Baqarah : 185). Begitu pula yang terdapat dalam surah Al-Qadar ayat 1, “sesungguhnya Kami menurunkannya (Al-Qur’an) pada lailatul qadr”. Sebagaimana yang diketahui oleh umat muslim bahwa lailatul qadr adalah malam yang hanya ada pada bulan Ramadhan. Inilah maksud dari firman Allah “Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kamilah yang memberi peringatan” (Ad-Dukhaan : 3).

Namun ada perbedaan pendapat diantara para pakar ilmuan dalam penentuan hari turunnya wahyu dari bulan ramadhan. Ada yang berpendapat pada hari ke-7, ada yang berpendapat pada hari ke-17. Ada pula yang menguatkan pendapat yang menyatakan bahwa wahyu pertama kali turun pada tanggal 21 ramadhan. Dengan argumen bahwa semua pakar biografi dan mayoritas ulama mengatakan bahwa Nabi diangkat sebagai Rasul pada hari senin. Perkataan ini diperkuat dengan haditsnya Abu Qatadah R.A, bahwasannya Rasulullah SAW pernah ditanya tentang puasa hari senin. Maka Nabi menjawab, “Pada hari inilah Aku dilahirkan, dan pada hari ini pula turun wahyu (yang pertama) kepadaKu”. Pata tahun itu (tahun ke-3 pengasingan), hari senin pada bulan Ramadhan jatuh pada tanggal 7, 14, 21, dan 28. Apalagi, kenyataan ini diperkuat dengan beberapa riwayat shahih yang meriwayatkan bahwa Lailatul Qadr tidak jatuh kecuali pada malam yang ganjil dari sepuluh hari terakhir bulan ramadhan. 

Kondisi ini mengindikasikan bahwa awal turunya wahyu jatuh pada bulan Ramadhan pada malam Lailatul qadr tanggal 21 ramadhan. Dengan penjelasan seperti di atas. WaALLAHU ‘a’lam.

(Al-Mubarakfury, Syaikh Syafiyurrahman. 1993. Sirah Muhammad. Jakarta : Abdika Press. Hlm : 108)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar