Skip to main content

PRA KENABIAN (Sebuah ringkasan sejarah Muhammad)


KELAHIRAN NABI
 
Nabi Muhammad SAW lahir dari keluarga Bani Hasyim di Mekkah, senin pagi 9 rabiul awwal, permulaan gajah. Bertepatan pada 20 atau 24 april 571 M. Demikian sesuai penelitian Muhammad Sulaiman Al-Manshurfury dan Astronom hebat Mahmud Basya. Nabi terlahir sudah dalam keadaan yatim.


SILSILAH DAN KELUARGA NABI

Nasab Nabi adalah Muhammad bin Abdullah bin Abdul Muththalib (yang bernama Syaibah), bin Hasyim (Amru), bin Abdul Manaf (Al-Mughirah), bin Qushay (Zaid), bin Kilab, bin Murrah, bin Ka’b, bin Lu’ay, bin Ghalib, bin Fihr (yang berjuluk Quraisy, dan menjadi cikal bakal nama kabilah), bin Malik, bin An-Nadhar (Qais), bin Kinanah, bin Khuzaimah, bin Mudrikah (Amir), bin Ilyas, bin Mudhar, bin Nizar, bin Ma’ad, bin Adnan.

Dari Adnan ke atas inilah yang nantinya akan bersambung hingga ke Ismail AS dan Ibrahim AS. Ismail merupakan puncak dari silsilah Nabi ke atas. Ismail mempunyai saudara se-Ayah bernama Ishaq AS, Ishaq mempunyai anak bernama Ya’qub AS. Ya’qub AS inilah nenek moyang dari bani Israil. Sehingga ditarik kesimpulan bahwa persaudaraan bangsa Arab dan Yahudi dipisahkan oleh Ismail dan Ishaq melalui anaknya Ya’qub AS. Dan seluruhnya disatukan dengan bernasab dari Ibrahim AS. 

Hasyim adalah orang yang mengurusi persoalan air minum dan makanan dari Bani Abdu Manaf. Abdul Muthalib adalah anaknya Hasyim. Sementara Abdullah adalah anak Hasyim yang menjadi ayah dari Nabi Muhammad yang kala itu meninggal dunia sebelum Nabi dilahirkan.

Ibu Nabi bernama Aminah. Sementara ibu susuannya adalah Tsuwaibah, hamba sahaya Abu Lahab, serta Halimah bin Abu Dzuaib dari Bani Sa’ad bin Bakr.


KEHIDUPAN NABI

Nabi diasuh oleh ibu susunya, Halimah bin Abu Dzuaib dari Bani Sa’ad bin Bakr sampai usia empat atau lima tahun. Pada usia inilah terjadi peristiwa pembedahan. Ibu Nabi meninggal pada saat usia Nabi berkisar 6 tahun. Setelah itu Nabi diasuh oleh pamannya Abu Thalib.

Nabi Muhammad memiliki pekerjaan sebagai penggembala kambing di kalangan Bani Sa’d dan di Mekkah. Pada usia 25 tahun Nabi berdagang ke Syam membawa barang-barang milik Siti Khadijah binti Khuwailid, perempuan terpandang dan pedagang kaya raya. 

Setelah dua bulan kepulangan Nabi dari Syam, Nabi pun menikah dengan Siti Khadijah sebagai istri pertama dengan mahar perkawinan berupa dua puluh ekor unta muda. Khadijah waktu itu berumur 40 tahun. 

Muhammad memiliki kemuliaan yang ada dalam diri manusia. Muhammad merupakan orang yang dapat dipercaya, hingga diberi gelar Al-Amin. Beliau merupakan sosok yang berpikir jenius, berpandangan lurus, dan disanjung karena kecerdikannya. Muhammad lebih suka berdiam diri untuk mengamati, memusatkan pikiran dan mencari kebenaran. Semua orang tau bahwa Ia bersifat lemah lembut, berakhlak mulia dan lain-lain. 

Artikel sebelumnya, sebelum kelahiran Nabi. Artikel selanjutnya, awal kenabian.



Medan, 16 januari 2012
Bangsur_5:07
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar