Skip to main content

SHALAT ADALAH IBADAH AWAL


Diantara wahyu yang pertama kali turun adalah tentang shalat. Muqatil bin Sulaiman berkata, “Allah mewajibakan shalat dua rakaat pada pagi hari dan dua rakaat pada petang hari di awal-awal kedatangan islam”. Pendapat ini berdasarkan firman Allah SWT, “Dan bertasbihlah seraya memuji Rabbmu pada waktu pagi dan petang”. (Al-Mu’min : 55)
 
Ibnu Hajar menuturkan, sebelum terjadinya peristiwa isra’ mi’raj Nabi Muhammad SAW sudah pernah melaksanakan shalat, begitu pula para sahabat. Al-Harits bin Usamah meriwayatkan hadits maushul dari Ibnu Luhai’ah dari Zaid bin Haritsah, bahwa pada awal-awal turunnya ayat, Jibril A.S mendatangi Rasulullah SAW dan mengajarkan wudhu kepadanya. Selesai wudhu Nabi mengambil seciduk air kemudian memercikkan ke kemaluannya. Ibnu Majah juga meriwayatkan hal ini dengan makna hadits yang serupa. Juga apa yang diriwayatkan dari Al-Barra’ bin Azib dan Ibnu Abbas di dalam haditsnya. Inilah sebagian ajaran agama yang pertama diturunkan.

(Al-Mubarakfury, Syaikh Syafiyurrahman. 1993. Sirah Muhammad. Jakarta : Abdika Press. Hlm : 123)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar