SIKLUS PELAKSANAAN DARUL ARQAM DASAR UNTUK PK. IMM SE-KOTA MEDAN

SIKLUS PELAKSANAAN DARUL ARQAM DASAR UNTUK PK. IMM SE-KOTA MEDAN


1.       Komisariat penyelenggara DAD membuat permohonan/ pendaftaran DAD kepada PC. IMM Kota Medan (Bidang kader) 1 bulan/ 30 hari sebelum pelaksanaan.

2.       Bidang kader memfasilitasi rapat koordinasi dengan korps instruktur, membawa agenda : penentuan persetujuan permohonan DAD & penentuan tim instruktur (maksimal 7 hari setelah menerima surat dari komisariat penyelenggara DAD).

3.       Setelah melaksanakan rapat kordinasi dengan korps instruktur, Bidang kader segera membuat surat mandat untuk penugasan Tim Instruktur yang diunjuk beserta susunannya (MOT, SOT, IOT, Instruktur dan observer). Maksimal 3 hari setelah rapat dengan korps instruktur.

4.       Tim instruktur yang telah dimandatkan segera mengadakan kordinasi awal dengan panitia penyelenggara DAD (paling lambat 7 hari setelah rapat instruktur). Pada kordinasi awal ini, tim instruktur membawa mandat dari pimpinan cabang, dan kordinasi awal diambil alih oleh MOT. Ada pun materi kordinasi diantaranya adalah:
a.       Penjelasan Job discription
b.      Penentuan tempat dan waktu
c.       Penyusunan naska program. Yang meliputi : penentuan tema, jumlah hari, & penentuan materi wajib dan materi pendukung DAD.

5.       Tim instruktur mengadakan rapat kordinasi antar instruktur (3 hari setelah kordinasi awal). Dengan materi diskusi  :
a.       Menentukan materi wajib dan pendukung
b.      Menentukan target & indikator pencapaian
c.       Menentukan alur materi
d.      Menentukan pemateri
e.      Menyusun manual acara (schedule acara)
f.        Menentukan strategi training (beserta teknisnya, sampai hal yang kecil seperti teknis pemberian konsumsi dll)
g.       Menentukan metode training
h.      Membuat form observasi & menetapkan instrumen evaluasi
i.         Membuat soal-soal preetest & postest
j.        Menyusun tatib DAD
k.       Menentukan teknis skrining test

6.       Setelah naskah program tersebut disusun dalam rapat kordinasi antar tim instruktur, maka tim instruktur berinisiatif untuk mengadakan rapat kordinasi lanjutan dengan panitia pelaksana (7 hari setelah kordinasi awal) untuk menindaklanjuti dan memfasilitasi berbagai peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan pada saat DAD serta mempersentasekan strategi training dll. Pada rapat kali ini, juga diagendakan tentang kuota peserta DAD berikut hal-hal berkembang (termasuk publikasi pelaksanaan DAD).

7.       Pelaksanaan skrining test dengan urutan kegiatan : penyaringan calon peserta DAD, Pendataan peserta DAD dan pengumuman. Skrining test diadakan 3 hari sebelum DAD

8.       Pelaksanaan Darul Arqam Dasar

9.       Pasca DAD Tim instruktur harus menyimpan seluruh dokumen dan arsip perkaderan untuk keperluan pelaporan dan tindak lanjut perkaderan.

10.   Tim instruktur melaporkan pelaksanaan DAD dengan melampirkan dokumen dan arsib perkaderan (paling lama sebulan pasca DAD) sebanyak 3 jilid (untuk Bidang kader, Pimpinan Komisariat penyelenggara dan korps instruktur)

11.   Selama kurun waktu +/- 3 sampai 6 bulan (setelah DAD), Pimpinan Komisariat dibantu oleh instruktur menyelenggarakan follow up sesuai dengan kebutuhan. 

12.   Pimpinan Cabang (Bidang kader) menerbitkan syahadah.

13.   Bidang Organisasi Pimpinan Cabang memfasilitasi pengadaan KTA IMM/ MBM untuk alumni DAD



Ditulis dan diusulkan oleh
Suramah
(Sekretaris Korps Instruktur,
Mantan Sekbid kader PC. IMM Kota Medan 2010-2011)
Buka Komentar