Tips Cara Menjaga Kesehatan Mata

Tips Cara Menjaga Kesehatan Mata


1. Bersihkan Mata saat bangun tidur

Bersihkan daerah sekitar mata setelah bangub tidur, terutama menjelang tidur. Penggunaan air rebusan daun sirih untuk membersihkan bagian dalam mata tidak disarankan karena belum memiliki pembuktian secara klinis.

2. Hindari kebiasaan mengucek mata

Jika mata Anda terasa gatal, jangan langsung buru-buru mengucek mata Anda. Tangan Anda belum tentu bersih, bisa saja mengandung kuman yang dapat menyakiti mata. Sebaiknya percikkan obat tetes mata atau air di mata Anda.

3. Perbanyak makan buah dan sayuran

Wortel sarat akan beta karoten yang sangat membantu dalam menjaga kesehatan mata. Itu dikarenakan beta karoten merupakan antioksidan yang dapat mengurangi risiko degenerasi makula.

4. Lindungi Mata

Lindungi mata dari sinar ultraviolet dengan menggunakan kacamata hitam. Paparan sinar ultraviolet pada mata bisa mengakibatkan penyakit katarak, penurunan fungsi retina, dan kanker.

5. Istirahatkan mata minimal 4 jam sehari

Jika Anda terlalu lama menghadap komputer tentu mata Anda akan sakit. Jangan paksa mata Anda untuk terus-menerus bekerja. Istirahatkan mata selama beberapa menit untuk menghindari rasa sakit.

6. Kurangi penggunaan tetes mata

Mengurangi pemakaian obat tetes mata. Menggunakan tetes mata untuk mengatasi mata merah boleh saja, namun hanya sesekali. Jika berlebihan, itu malah akan merusak kesehatan mata Anda.

7. Jangan langsung melihat cahaya yang terlalu terang setelah bangun tidur

Jangan langsung melihat cahaya yang terlalu terang. Jangan fokuskan mata Anda pada sinar matahari, karena dapat merusak mata Anda.

8. Jangan membaca dalam cahaya redup

Untuk menjaga kesehatan mata, hindari membaca dalam cahaya lampu yang redup yang bisa menyebabkan ketegangan mata. Jika mata terasa lelah, berhenti untuk sementara waktu dan beristirahat.
Buka Komentar