Skip to main content

KOMUNITAS PEMUDA PELAJAR DESA TRANS TANJUNGAN RUMUSKAN GERAKAN INTELEKTUAL

Komunitas Pemuda Pelajar (KPP) Desa Trans Tanjungan siap luncurkan kegiatan yang bernuansa intelektual. Minggu (8/11/2015), Komunitas ini telah melaksanakan diskusi bulanannya. Dalam diskusi itu, telah disepakati akan melaksanakan kegiatan-kegiatan positif seperti penelusuran sejarah desa, lounching perpustakaan desa, wacana membuat rumah kreatif, membuat tulisan ringan tentang sejarah Nabi Muhammad, serta persiapan mengisi kegiatan tahun baru dengan tema kemah tasyakuran remaja mesjid se-Trans Tanjungan. Diskusi dilaksanakan di sekretariat sementara di dusun Campursar
diskusi bersama Komunitas Pemuda Pelajar Desa Trans Tanjungan (8/11/2015)
i desa Trans Tanjungan.
                Dalam kesempatannya, Ardianto selaku ketua KPP Desa Trans Tanjungan menuturkan bahwa kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan menjadi perwujudan dari
kepedulian anak muda, utamanya pelajar yang berasal dari desa Trans Tanjungan terhadap kemajuan desanya sendiri. “Pemuda-pemuda kita banyak yang kuliah di berbagai perguruan tinggi. Kegiatan ini juga merupakan wujud kepedulian pemuda-pemuda kita agar tidak melupakan kampung halamannya sendiri. Dalam beberapa bulan ini kita sudah melaksanakan kegiatan-kegiatan seperti gerakan gemar membaca, nonton bareng Risma se-Trans Tanjungan, juga andil dalam kegiatan-kegiatan desa”, ujarnya.
                Komunitas Pemuda Pelajar Desa Trans Tanjungan awalnya diinisiasi oleh PSP3 (Pemuda Sarjana Penggerak Pembangunan di Perdesaan) Desa Trans Tanjungan, Suramah, S.Pd dimana PSP3 tersebut merupakan program unggulan Kementerian Pemuda dan Olahraga. Ia menyampaikan bahwa dengan adanya komunitas ini diharapkan menjadi wadah kederisasi pemuda. “Potensi pemuda kita sangat banyak. Pelajar-pelajar kita juga banyak. Mereka harus diarahkan kepada gerakan-gerakan yang baik. Utamanya untuk meningkatkan kepedulian terhadap pembangunan desanya sendiri. Dengan adanya komunitas ini diharapkan mampu menjadi kendaraan kaderisasi pemuda”.
                Langka selanjutnya dalam november ini, rencananya komunitas yang baru berjumlah belasan orang ini akan menggarap penelusuran sejarah desa & lounching perpustakaan desa. “Dalam waktu dekat ini desa Trans Tanjungan akan merayakan hari jadinya yang ke 47 tahun. Kita akan manfaatkan moment tersebut untuk menggarap penelusuran sejarah desa, yang akan kita jadikan buku karya anak-anak muda nantinya”, ujar salah satu anggotanya.
                Ketika ditemui di kediamannya, Bapak Kepala Desa Trans Tanjungan, Bapak S.Sumadi mengatakan selalu akan mendukung kegiatan-kegiatan yang baik dan positif. “Pada dasarnya apapun kegiatan yang baik dan positif akan saya dukung”, demikian kata Bapak Kepala Desa Trans Tanjungan. Lounching perpustakan desa akan dilaksanakan berbarengan dengan perayaan hari jadi desa Trans Tanjungan, yang rencananya akan dilaksanakan 28 nopember mendatang.

Ditulis oleh        : Suramah, S.Pd
Pada                      : 9 nopember 2015
Di                           : Desa Trans Tanjungan
No HP                   : 082276022917
Keterangan        : Penulis adalah PSP3 (Pemuda Sarjana Penggerak Pembangunan di Perdesaan) Yang Ditugaskan Kementerian Pemuda dan Olahraga ke Desa Trans Tanjungan 
Kecamatan Katibung, Kab. Lampung Selatan, Prov. Lampung
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar