MOMEN ULANG TAHUN DESA, DESA TRANS TANJUNGAN RESMIKAN PERPUSTAKAAN DESA & 2 GRUP DRUMBAND SD


foto bersama setelah peresmian Perpusdes
Ulang tahun desa Trans Tanjungan yang ke-47 tahun 2015 berjalan lancar. Dimulai di pagi hari pada sabtu (28/11) dengan tasyakuran bersama masyarakat desa Trans Tanjungan. Ulang tahun desa Trans  Tanjungan, kali ini merupakan giliran dusun Campursari. “Dusun Campursari mendapatakan giliran sebagai tuan rumah perayaan ulang tahun desa yang ke-47 tahun 2015 ini. Ulang tahun desa seyogyanya diperingati pada 2 nopember, namun perayaannya kali ini baru bisa dilaksanakan pada 28 nopember”, kata ketua panitia Bapak Sujono Hidayat yang sekaligus juga Ketua Dusun Campursari dalam laporannya pada malam resepsi.
Perayaan ulang tahun desa merupakan kegembiraan bagi warga Trans Tanjungan. “Perayaan ulang tahun desa merupakan wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang sekaligus wujud terima kasih kepada para pendahulu kita yang sedari tahun 1968 sudah membangun desa ini”, imbuh Kepala Desa, S. Sumadi dalam sambutannya pada malam resepsi perayaan ulang tahun desa.
Acara-acara yang diagendakan pun cukup banyak.
Diantaranya yaitu tasyakuran, pertunjungan drumband, peresmian perpustakaan desa, pesta kembang api dan kesenian jaranan oleh grup jaranan Tresno Budoyo. “Kami telah merancang shedule acara sedemikian rupa. Mulai dari kenduren di pagi hari, dilanjutkan penampilan drumband baru dari SD Negeri 1 dan SD Negeri 2 yang kami aduh, sekaligus apresiasi terhadap siswa berprestasi. Siang hari ada jaranan, oleh jaranan milik masyarakat desa Trans Tanjungan sendiri, yaitu grup jaranan Tresno Budoyo, pimpinannya pak Pangat. Malam hari kita lanjutkan malam resepsi, ada peresmian perpustakaan desa, pesta kembang api dan lanjut lagi gelaran jaranan hingga tengah malam”, ungkap Suramah selaku PSP3 (Pemuda Sarjana Penggerak Pembangunan di Perdesaan) yang berperan sebagai panitia acara pada hajatan ulang tahun desa kali ini.
Perayaan HUT Desa Trans Tanjungan ke-47 tahun 2015

Pada Ulang tahun desa kali ini, Trans Tanjungan mendapat kado berupa perpustakaan desa sekaligus telah meresmikan 2 grup drumband. Yaitu grup drumband Gita Bahana Pertiwi dari SD Negeri 1 dan grup Drumband Gita Nada Trans Ceria dari SD Negeri 2 desa Trans Tanjungan. Kedua drumband ini baru dimiliki beberapa bulan ini dan diresmikan oleh Bapak Kepala Desa Trans Tanjungan. Dalam sambutannya, Bapak Kepala Desa mengharapkan semoga kegiatan drumband ini bermanfaat. “Kegiatan drumband merupakan kegiatan ektrakurikuler di sekolah, semoga bermanfaat untuk mendidik siswa-siswinya”, ungkapnya. Dalam kesempatan ulang tahun desa ini pula, Pemerintahan desa memberikan apresiasi berupa penghargaan terhadap 5 siswa berprestasi yang mendapat nilai rata-rata paling tinggi pada ujian semester 2 lalu pada masing-masing tingkatan kelas setingkat SD. Kelima siswa yang mendapatkan penghargaan tersebut adalah Arya Darmawan, Akhal Rama Saputra, Salsa Amelia Julita Nugroho,Sofiyanti dan Ela Sari yang kesemuanya berasal dari SD Negeri 2 Trans Tanjungan. Apresisi ini diikuti oleh 3 sekolah tingkat dasar, yaitu SD Negeri 1, SD Negeri 2 dan MI Al-Batin.
Tak kalah menariknya, pada moment hajatan ulang tahun desa ke-47 tahun ini, juga diresmikan Perpustakaan Desa oleh Kepala Desa. Dalam perjalanannya, perpustakaan desa ini awalnyadiwujudkan melalui kerja keras dan tekat anak-anak muda yang tergabung dalam Komunitas Pemuda Pelajar desa Trans Tanjungan dan kerja sama dengan banyak pihak. Dalam laporannya, Ardianto selaku ketua Komunitas Pemuda Pelajar Desa Trans Tanjungan mengungkapkan bahwa perpustakaan desa ini merupakan inisiatif anak-anak muda. “Perpustakaan desa ini dibentuk dan diinisiasi oleh sekelompok pemuda dan pelajar, tokoh pendidik, masyarakat dan pihak-pihak yang terlibat. Dan malam ini, akan menjadi awal sejarah didirikannya Perpustakaan Desa”, ungkapnya.
Saat ini, Perpustakaan Desa baru memiliki koleksi ratusan buku. “Memang koleksi buku yang kita miliki masih sedikit. Kami akan menerima sumbangan buku bacaan umum dari masyarakat maupun instansi yang terkait. Bisa datang langsung ke perpustakaan desa, maupun menghubungi kami via telfon 085840044416”, ungkap Ardianto. Ia juga menuturkan bahwa saat ini Perpustakaan desa untuk sementara diletakkan di kantor PKK. Untuk sementara ini, kegiatan perpustakaan desa akan dikelola oleh pemuda dan pelajar, dimana baru dicanangkan setiap hari minggunya akan dibuka untuk kegiatan membaca maupun pada hari-hari lain.
Grup drumband SD N 1 & 2 ramaikan HUT Desa ke-47
Komunitas Pemuda Pelajar desa Trans Tanjungan adalah wadah berhimpun anak-anak muda dan pelajar yang terdiri dari pelajar sekolah maupun mahasiswa yang berasal dari desa Trans Tanjungan yang sedari awal diinisiasi dan didampingi oleh PSP3 (Pemuda Sarjana Penggerak Perdesaan), Suramah, S.Pd, yang merupakan salah satu kegiatan dalam menjalankan tugas dari Kementerian Pemuda dan Olahraga.
Perpustakaan desa tersebut diresmikan oleh Bapak Kepala Desa Trans Tanjungan, S.Sumadi dengan menandatangani prasasti disaksikan oleh aparat desa dan tokoh masyarakat. Dalam peresmiannya, Kepala Desa Trans Tanjungan mengungkapkan bahwa perpustakaan itu penting dalam meningkatkan kualitas masyarakat. “Siapapun yang ingin ilmunya bertambah silakan membaca buku. Dan buku itu sudah ada di Perpustakaan Desa, yang kali ini dimotori oleh anak-anak muda. Dengan membaca buku, muda-mudahan dapat meningkatkan kapasitas manusia yang berkualitas dan meningkatkan sumber daya manusia”, sambutnya.
Selanjutnya, Pengurusan manajemen Perpustakaan desa nantinya akan melibatkan Pemerintahan Desa, tokoh pendidik, sekolah, masyarakat, dan pemuda yang dilakukan untuk sebesar-besar manfaat bagi pembangunan Sumber Daya Manusia di Desa Trans Tanjungan.

Ditulis oleh        : Suramah, S.Pd
Pada                      : 29 nopember 2015
Di                           : Desa Trans Tanjungan
No HP                   : 082276022917
Keterangan        : Penulis adalah PSP3 (Pemuda Sarjana Penggerak Pembangunan di Perdesaan)
                                  Yang Ditugaskan Kementerian Pemuda dan Olahraga ke Desa Trans Tanjungan,
                                  Kecamatan Katibung, Kab. Lampung Selatan, Prov. Lampung

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel