PSIKOLOGI TANDA BACA

Pernah punya kebiasaan suka terhadap salah satu tanda baca? Atau punya kecenderungan suka terhadap salah satu tanda baca? Misalnya kecenderungan memakai tanda titik atau tanda seru saat sms. Ternyata penggunaan berseringan terhadap tanda baca tersebut mempunyai efek terhadap psikologi atau sikap kepribadian seseorang.

Berikut, bukan merupakan sebuah ketetapan ilmiah maupun kesimpulan akhir dari sebuah kemungkinan, namun ini masih sebuah hipotesis dari hasil pemikiran berlarut-larut dari seorang Suramah tentang psikologi orang yang suka terhadap salah satu tanda baca. Jadi, hipotesis ini bias benar namun tidak menutup kemungkinan hipotesis ini salah besar. Mudah-mudahan kamu bias membuat penelitian untuk membuktikan kebenaran hipotesis saya itu. Tapi inngat cantumkan nama saya sebagai penemu hipotesis ini ya……!(hehehe)

1. Pertama : tanda baca titik. tanda baca ini dalam bahasa Indonesia selalu digunakan untuk mengakhiri satu kalimat. Di dalam satu kalimat tersebut, sudah tersajikan informasi yang jelas, padat dan tegas. Sehingga, orang yang suka terhadap tanda baca titik (.) biasanya memiliki sisi psikologi sebagai berikut :
a. Orang ini cukup dinamis
b. Tegas untuk sebuah keputusan
c. .Konsisten
d. Tidak suka informasi yang tidak jelas
e. Punya pendirian
f. Tenang
g. Dan realistis

2. Kedua : tanda baca koma. Sifat tanda baca ini berbeda dengan sifat tanda baca titik. Koma, biasanya dipergunakan untuk tempo kalimat selingan. Informasi yang diberikan biasanya tidak lengkap, hanya separuh saja. Sehingga, orang yang suka terhadap tanda baca koma (,), biasanya memiliki sisi sifat sebagai berikut :
a. ,Tidak konsisten
b. Plin-plan
c. Sosok seorang yang tidak jelas (dalam bersikap)
d. Mudah goyah
e. Terburu-buru
f. Dan tidak realistis

3. Ketiga : tanda baca seru. Tanda seru memiliki guna tersendiri. Biasanya dalam penulisan bahasa Indonesia, tanda seru digunakan untuk menandakan kalimat perintah. Maka, sesuai dengan sifatnya, orang yang suka tanda baca seru tidak jauh dari sifat seorang penyuruh (pemimpin). Berikut lebih lengkapnya :
a. Orang ini, mempunyai sisi pribadi pemimpin
b. Tegas
c. Menghargai waktu
d. Suka berbuat (bukan menunggu)
e. !?Jika bercanda, maka dia akan bercanda. Namun, jika ia harus serius, maka ia meminta harus serius.
f. Adil
g. Menggurui
h. Agak egois
i. Punya ambisi

4. Keempat : tanda baca Tanya. Sesuai dengan namanya, tanda tanya selalu digunakan untuk ungkapan kalimat tanya. Sehingga orang yang suka tanda tanya, secara psikologi tidak jauh dengan sifat dari tanda tanya tersebut. Yaitu :
a. Orang yang suka tanda tanya, biasanya selalu ingin tau
b. Sisi jeleknya, Kadang-kadang suka bingung (tapi justru bingung itu yang membuat ia harus berpikir. Yang jeleknya, kalau nggak mau berpikir, ni yang gawat)
c. Ragu-ragu
d. Kadang-kadang juga tidak mandiri. Soalnya, banyak Tanya.(hehehe)

5. " _ "Kelima : tanda petik dua. Tanda ini biasanya digunakan untuk membubuhi satu kalimat atau kata yang penting. Atau, kata khusus yang menjadi kata fokus pembicaraan dari satu kalimat. Sehingga, saya memprediksi bahwa orang yang menyukai tanda baca petik dua (“_”) memiliki kepribadian sebagai berikut :
a. Orang ini fokus pada satu atau beberapa masalah saja.
b. Suka menghadapi hanya beberapa hal (tidak suka banyak masalah)
c. Kurang mempedulikan hal lain.


Ni karangan saya. Bisa benar, juga bisa salah. Ni kan masih hipotesis (kesimpulan
sementara), jadi masih perlu pembuktian. Paling tidak ini adalah sebuah hasil berpikir
terhadap fenomena kebiasaan masyarakat yang suka terhadap salah satu tanda baca.
Semoga berguna……

by Suramah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel