Dampak Meyakini Turunnya Nabi Adam AS Karena Kesalahan

Dampak Meyakini Turunnya Nabi Adam AS Karena Kesalahan

Dampak Meyakini Turunnya Nabi Adam AS Karena Kesalahan

Apa sih dampak bila kita percaya bahwa turunnya nabi Adam as karena melakukan kesalahan?. Bagi beberapa orang mungkin biasa saja, atau ya gak pernah berpikir dengan hal demikian karena urusan hidup di dunia saja masih banyak yang perlu dikerjakan. Tapi bagi orang-orang yang ingin memperdalam tentang esensi dari manusia tentu ini memiliki dampak bagi dirinya, baik secara pondasi pemikiran sebagai landasan untuk beriman dan prilaku dari kehidupan. Sahabat sekalian berikut akan saya paparkan dampak yang ditimbulkan tersebut berdasarkan pemikiran pribadi:

1.      Orang akan menyalahkan nabi Adam as,
Memang tidak terlalu disadari oleh sebagian orang, akan tetapi ada beberapa orang yang berpikir, jika tidak karena kesalaha yang dilakukan nabi Adam as maka tentu semua orang masih berada di dalam surga. Tidak lagi merasakan begitu pahitnya hidup di dunia, tidak ada lagi cobaan yang harus dihadapi, tidak ada rasa lapar yang harus dirasakan, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan derita kehidupan.
2.      Lebih ekstrim orang akan menyalahkan Tuhan,
Sebagai orang yang diberikan akal dan nafsu, pemikiran ini tentu juga tidak dapat dihindarkan. Bila kepercayaan pengusiran nabi Adam as karena kesalahan, ada juga sebagian orang akan menyalahkan Tuhan. Kenapa tidak? Jika, orang meyakini adanya takdir Tuhan, berarti pengusiran nabi Adam as merupakan takdir yang juga sudah ditentukan. Nah ini sangat ekstrim tentunya, orang bukan hanya menyalahkan nabi Adam as yang telah melakukan kesalahan, namun juga menyalahkan Tuhan karena telah membuat scenario pengusiran nabi Adam as.
3.      Hilangnya esensi dari penciptaan manusia,
Penciptaan manusia menjadi tidak unik, karena keberadaan di muka bumi hanyalah karena kesalahan yang dilakukan oleh manusia pertama yaitu nabi Adam as. Esensi kemanusian akan pudar, sebab ujian/cobaan, kesenangan, penderitaan, kesuksesan, petunjuk, ketaqwaan dan lainnya muncul sebagai sesuatu yang ditanggung oleh manusia sebab keberadaanya di bumi, dan itu semua terjadi karena ulah satu orang saja.
4.      Bumi menjadi tempat untuk orang berdosa,
Karena kesalahan yang dilakukan nabi Adam as, ia diturunkan ke bumi. Pandangan ini berdampak seolah-olah bumi sebagai tempat hukuman dan penebusan dosa atau menjadi tempat untuk orang yang berdosa. Dan kita sebagai generasi kelanjutannya juga menanggung dosa tersebut.

Dari ke empat dampak pemikiran-pemikiran yang timbul jika percaya kesalahan nabi Adam as membawanya ke bumi, jelas sesungguhnya sangatlah keliru. Tapi dari semua uraian tersebut hanyalah sebuah pemikiran pribadi yang tentunya perlu adanya kajian ulang terhadapnya. Oleh karena itu, para pembaca juga harus memikirkannya kembali bagaimana sesunggunya esensi kehidupan kita yang sesungguhnya.
Buka Komentar