Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Rekonsiliasi Bank pada Akuntansi

Dengan dibukanya rekening giro pada bank, maka baik pihak perusahaan maupun bank akan mencatat setiap penyetoran dan pengambilan yang dilakukan oleh perusahaan. Karena perbedaan tempat dan waktu serta adanya kemungkinan kekeliruan dapat terjadi perbedaan catatan saldo kas perusahaan di bank dengan saldo simpanan perusahaan menurut catatan bank. Oleh sebab itu biasanya bank mengirim laporan bank (saldo awal, mutasi dan saldo akhir) dan perusahaan akan mencocokan dengan catatannya. Proses pencocokan ini dikenal dengan istilah “rekonsiliasi bank”.

Rekonsiliasi Bank dibuat perusahaan dengan tujuan untuk menentukan saldo kas di bank yang benar, dengan cara membandingkan laporan bank dengan catatan yang dibuat perusahaan.

Rekonsiliasi dapat dilakukan terhadap saldo akhir saja dan dapat juga dilakukan terhadap saldo wal, penerimaan, pengeluaran dan saldo akhir. Pencocokan dapat dilakukan dalam arti mencari saldo yang seharusnya (yang benar) dan dapat pula salah satu saldo (biasanya kas) dianggap benar. Rekonsiliasi mencari saldo yang benar terhadap saldo akhir disebut 2 kolom dan rekonsiliasi mencari benar terhadapsaldo awal, penerimaan, pengeluaran dan saldo akhir disebut 4 kolom atau 8 kolom.

Hal-hal yang menimbulkan perbedaan antara catatan perusahaan dengan laporan bank adalah :

a. Perusahaan telah mendebet (menambah), bank belum mengkredit. Dan sebaliknya perusahaan belum mendebet, sementara bank telah mengkredit.

b. Perusahaan telah mengkredit (mengurangi), bank belum mendebet. Dan sebaliknya perusahaan belum mengkredit, sementara bank sudah mendebet.

c. Kesalahan pencatatan baik jumlah atau perkiraan.
Untuk menyusun rekonsiliasi akibat perbedaan yang terjadi dapat dilakukan analisa berikut :

d. Transaksi penerimaan kas yang telah dicatat dalam buku bank, tetapi belum dicatat dalam perusahaan, akan menambah saldo dalam perusahaan. Demikian juga penerimaan kas yang telah dicatat perusahaan, tetapi belum dicatat dalam buku bank, akan menambah saldo bank.

e. Transaksi pengeluaran kas yang telah dicatat dalam buku bank, tetapi belum dicatat dalam perusahaan, akan mengurangi saldo perusahaan, tetapi belum dicatat dalam buku bank, akan mengurangi saldo bank

Team Dosen