Skip to main content

Benda Asli dan Benda Tiruan (Model) dalam Pembelajaran

Benda asli yang dipilih untuk pembelajaran sebaiknya dibedakan berdasarkan tujuan tersebut digunakan yaitu:

1). Unmofied real thing (benda asli yang tidak dimodifikasi)

Benda-benda ini sebenarnya mempunyai beberapa ciri diantaranya dapat digunakan, hidup, dalam ukuran yang normal, dapat dikenal dengan nama sebenarnya, seperti anak ayam yang hidup. Pada kenyataannya, benda asli tidak selalu dapat dihadirkan kapan saja dan dimana saja dibutuhkan.

2). Modified real things (benda asli yang telah dimodifikasi)

Kategori ini termasuk mock-up (replika/imitasi/tiruan), miniatur dan cutaways (potongan-potongan). Mock ups adalah benda asli versi yang disederhanakan, yang dibuat hanya bagian penting yang dibutuhkan (tidak sutuhnya). Mock ups sangat efektif untuk belajar, karena disamping dapat mengkonkritkan yang abstrak juga dapat menarik perhatian. Sifatnya yang mendekati kepada realitas memberikan pengertian yang lebih baik.

Miniatur adalah suatu model hasil penyederhanaan suatu realitas tatapi tidak menunjukkan aktifitas atau tidak menunjukkan suatu proses.

Diaroma adalah pemandangan (scene) tiga dimensi dalam ukuran kecil untuk memperagakan atau menjeaskan suatu keadaan atau fonomena yang menunjukkan aktifitas. Dalam diaroma terdapat benda-benda tiga dimensi dalam ukuran kecil pula. Benda-benda kecil itu berupa orang-orangan, pohon-pohonan, rumah-rumahan, dan lain-lain, sehingga tampak seperti dunia sebenarnya dalam ukuran mini.

Cutaway, biasanya benda ini mengimplikasi kepada alat-alat mekanik seperti mesin, melalui potongan yang telah dibuat untuk penelitian dari bagian-bagian yang tersembunyi, yang bergerak maupun yang statis. Cutaways bisa dalam bidang biologi dan anatomi

3). Speciments (sampel)

Sebuah pesimen kadang-kadang tidak dimodifikasi, biasanya bagian dari lingkungan. Seringkali diartikan sebagai sampel dari suatu benda dalam grup atau kategori yang sama. Spesimen yang digunakan dalam pembelajaran biasanya dalam  kemasan botol box dan lain-lain.

Ketika benda asli digunakan dalam presentasi, hasilnya dapat menjadi dua kali lipat (1) minat komunikan dapat terangsang; (2) ide dan konsep dapat dihadirkan dengan jelas.


Bahan Ajar Teknik Pengembangan Media
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar