Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi Standar Akuntansi Keuangan

Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) merupakan wadah profesi akuntan di Indonesia yang didirikan pada tahun 1957. IAI melalui Dewan Standar Akuntansi Indonesia menetapkan Akuntansi Keuangan yang berlaku di Indonesia. Prinsip atau standar akuntansi keuangan tersebut didesain untuk dipakai sebagai kerangka acuan dan membantu para akuntan pada berbagai tipe atau jenis perusahaan. SAK adalah himpunan prinsip, prosedur, metode dan teknik Akuntansi yang mengtur penyusunan laporan keuangan.

Adapun fungsi Standar Akuntansi adalah sebagai berikut :

a. Menyeragamkan bentuk penyusunan dan penyajian laporan keuangan untuk berbagai jenis perusahaan sehingga laporan keuangan tersebut dapat dibandingkan atar perusahaan sejenis dan dapat diketahui kualitas laporan tersebut melalui penilaian kesesuaian antara laporan yang telah disusun dan disajikan dengan standar yang ditetapkan.

b. Mengupayakan terjadinya harmonisasi dalam penyajian laporan keuangan. Dengan era globalisasi perekonomian sekarang ini, terjadi perdagangan antar negara yang semakin gencar dan perlu suatu standar pelaporan keuangan guna menjembatani perbedaan penyajian laporan keuangan sehingga para pemakai laporan keuangan dari berbagai negara mampu memahami laporan keuangan tersebut sebagai salah satu pertimbangan dalam membuat keputusan ekonomi.

c. Sebagai batas minimal syarat informasi yang harus ada dan dipenuhi dalam penyusunan dan penyajian laporan keuangan agar mampu menghasikan laporan keuangan yang berkualitas.

d. Sebagai acuan dalam penyusunan dan penyajian laporan keuangan serta menyelesaikan permasalahan terkait dengan pelaporan keuangan agar tidak terjadi informasi yang disajikan tidak menyesatkan dan menghindari terjadinya kesalahpahaman atas informasi tersebut.

Tim Dosen