Skip to main content

Cara Pengobatan Batuk Sesak (Asthma) dengan Cara Timur

Penyakit ini biasanya turun-temurun, tidak menular dan tidak disebabkan oleh kuman-kuman. Pada serangan penyakit asthma, jaringan paru-paru mengeluarkan banyak lender, sedang pipa pernafasan menjadi sempit dan berada dalam keadaan kejang. Sehingga:

a.      Jalannya pernafasan sangat terhambat
b.      Lendirnya tersumbat, tidak dapat eluar dari paru-paru, selama pipa pernafasan masih kejang dan sempit

Jika kejangnya sudah lenyap, pipa-pipa pernafasan ini dapat melebar lagi dan lendirnya dapat mudah dikeluarkan, sehingga pernafasan menjadi normal kembali.

Sakit asthma yang berlangsung terus-menerus bertahun-tahun lamanya, menyebabkan kerusakan dari jaringan paru-paru dan kelemahan dari jantung.

Serangan asthma timbulnya sangat mendadak dan disebabkan karena:

1.      Tidak tahan terhadap perubahan hawa udara yang kurang cocok, misalnya hari yang dingin lembab.
2.      Tidak tahan terhadap debu, terutama yang mengandung kotoran atau bulu dari hewan atau burung.
3.      Tidak tahan terhadap bau-bauan yang tidak cocok, misalnya bau bensin, kompor minyak tanah, kemenyan dan lain-lain.
4.      Karena pikiran bingung

Penderita mendadak merasa sesak nafas dengan sedikit batuk-batuk tanpa mengeluarkan lendir dan nafasnya bersuara: ngiik terutama pada saat menghembuskan nafasnya

Karena merasa sesak, penderita terpaksa duduk dan mengeluarkan banyak keringat dingin. Selesai sesaknya, ia merasa lelah sekali dan batuknya dapat mengeluarkan lendir yang pekat, putih jernih. Penyakit asthma tidak disertai demam, maka jika ada demamnya maka pasti ada penyakit sampingan di samping penyakit asthma.

PERAWATAN SEHARI-HARI

Untuk mencegah seringnya timbul serangan sesak, penderita harus merawat badannya sebaik-baiknya, misalnya: gerak jalan, tenis, renang, dll

Penderita harus berusaha agar badannya tidak terlalu gemuk, makan secukupnya, jangan berlebihan. Banyak makan buah-buahan dan sayur-sayuran, tidak boleh banyak makan terlalu asin dan terlalu banyak lemak. Sedapat mungkin penderita harus memilih tempat tinggal yang bersih dengan iklim yang sedang baginya. Hawa di pegungungan yang terlalu dingin biasanya kurang cocok.

PERTOLONGAN PERTAMA

Pertolongan pertama waktu sesak.

a.      Pintu atau jendela dari runagan harus dibuka supaya hawa segar dapat masuk secukupnya
b.      Pakaian yang melekat pada bahan harus dilonggarkan
c.       Jika penderita merasa dingin, dada dan punggungnya baiknya digosok dengan minyak kayu putih yang dicampur dengan sedikit tumbukan jahe.


Sumber : buku Pengobatan cara timur dan barat – Prof. Dr. Salim Lubis Moh. Abadi
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar