Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan SAK-IFRS dan SAK-ETAP


Dalam proses menghasilkan laporan keuangan beserta prosesnya bagi organisasi/instansi/lembaga/perorangan/dll untuk pihak yang berkepentingan tidaklah bisa dikerjakan dan dilaporkan dengan sesuai selera dan berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Semua proses yang ada harus sesuai dengan standar yang ada. Misalnya di Indonesia, standar tersebut disusun oleh IAI (Ikatan Akuntansi Indonesia) dan menghasilkan yang namanya SAK (Standar Akuntansi Keuangan). Sejak tahun 2012,SAK dibagi menjadi 2 standar, yaitu:

1. SAK-IFRS (Standar Akuntansi Keuangan-International Financial Reporting Standard).

Standar Akuntansi Keuangan disusun dengan mengadopsi dari IFRS. SAK ini disusun dan diperuntukan untuk organisasi atau perusahaan yang memliki Akuntabilitas Publik. Jadi, bagi badan usaha yang memiliki Akuntabilitas Publik harus menggunakan standar ini. Akuntabilitas Publik dimiliki oleh perusahaan atau entitas yang sudah terdaftar di pasar modal Bursa Efek Indonesia atau proses penjualan sahamnya kepada masyarakat umum (go-public), sehingga perlu adanya laporan sebagai pertanggungjawaban kepada publik.

2. SAK-ETAP (Standar Akuntansi Keuangan-Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik)

SAK ini diperuntukan untuk organisasi/perusahaan/entitas yang tidak memiliki Akuntabilitas Publik. Nah, entitas yang bagaimana manakah itu:
  • Entitas yang tidak memiliki Akuntabilitas Publik yang signifikan, yang tidak listed atau akan listed dan tidak menerbitkan instrument pasar modal.
  • Entitas yang menerbitkan laporan keuangannya hanya untuk tujuan umum (general purpose financial statement) bagi pengguna eksternal. Pihak-pihak ekternal tersebut misalnya; pemilik yang tidak ikut dalam kegiatan operasional perusahaan, bank, dan lembaga pemberi kredit lainnya.
Contoh dari badan usaha yang tidak memiliki Akuntabilitas Publik adalah Perusahaan Perorangan, Persekutuan Perdata, Firma, Commanditaire Vennootschap (CV), Perseoran Terbatas (PT) yang tidak memiliki Akuntabilitas Publik yang signifikan dan Koperasi.

Perbedaan Laporan Keuangan dari SAK-IFRS dengan SAK-ETAP adalah sebagai berikut:

SAK-IFRS
SAK-ETAP
1.      Laporan Posisi Keuangan
·         Liabilitas
2.      Laporan Rugi Laba Komprehensif
3.      Laporan Perubahan Ekuitas
4.      Laporan Arus Kas
(Metode langsung dan tidak langsung)
5.      Catatan atas Laporan Keuangan
6.      Laporan Posisi Keuangan Pada Awal Periode Komparatif Untuk Penyajian Kembali
1.      Laporan Neraca
·         Kewajiban
2.      Laporan Rugi Laba
3.      Laporan Perubahan Ekuitas
4.      Laporan Arus Kas
(Metode tidak langsung)
5.      Catatan Atas Laporan Keuangan

Referansi : Buku Pengantar Akuntansi sesuai IFRS dan PSAK, oleh : Elizar Sinambela, SE., M.Si. dan KK, penerbit : Perdana Publishing