Skip to main content

APA SIH YANG MEMBUAT SUATU PRODUK TIDAK LAKU?

di #tipsjagojualan hari ini, saya akan mengajak Anda untuk menyadari hal-hal apa saja yang membuat suatu produk tidak diminati.

Ada beberapa hal yang menyebabkan suatu produk akhirnya tidak laku di pasaran. Yuk, kita pelajari.

1. Produknya tidak bagus

Ini masalah paling dasar. Bila Anda menjual produk berkualitas rendah atau tidak bagus kemungkinan besar akan tidak laku di pasaran. Bisa saja saat awal Anda memulai bisnis produk Anda laku di pasaran, tetapi ketika konsumen kecewa dengan kualitas produk Anda yang ternyata tidak bagus atau tidak sesuai dengan harapan konsumen, hal ini bisa berdampak negatif untuk penjualan berikutnya.

SOLUSI : Pastikan produk yang Anda jual memang memiliki kualitas yang bagus.

2. Tidak memiliki kelebihan

Era persaingan di depan mata. Jangan merasa tersaingi ketika bermunculan pemain baru. Inilah yang namanya persaingan pasar. Nah, biasanya yang menjadi persoalan adalah, produk kita akan sulit laku jika kita tidak punya kelebihan. Konsumen itu jeli, lho! Mereka pasti akan membandingkan satu produk dengan produk lain.

SOLUSI : Persiapkan produk Anda agar punya kelebihan dibanding yang lain

3. Memang tidak begitu dibutuhkan

Ada lagi nih, biasanya produk yang tidak laku karena pasarnya tidak tepat atau pasarnya tidak begitu butuh. Contohnya, jualan jasa laundry di pedesaan. Kasus ini menunjukkan bahwa pasarnya tidak tepat. Konsumen tidak butuh karena masyarakat pedesaan punya cukup waktu untuk menyuci pakaian mereka sendiri. Beda halnya kalau Anda membuka jasa laundry di perkotaan yang sibuk.

SOLUSI : Pastikan produk yang Anda jual dibutuhkan pasar.

4. Orang tidak tahu

Konsumen tidak akan tahu ada suatu produk baru kalau kita tidak menginformasikannya. Publik tidak akan tahu kalau ada promosi jika kita tidak menginformasikannya. Artinya apa? Sering kali suatu produk tidak laku karena memang belum banyak yang tahu bahwa produk tersebut ada.

SOLUSI : Lakukan promosi agar orang lain tahu produk Anda.

5. Promosi tidak menarik

Nah, kalau yang ini beda kasus lagi. Orang sudah tahu produknya tetapi tidak jadi membeli. Mengapa bisa seperti ini? Salah satu penyebabnya bisa jadi karena promosi yang Anda tawarkan tidak menarik. Penawaran yang Anda tawarkan kurang mencuri hati konsumen.

SOLUSI: Buat penawaran yang menarik agar orang tertarik.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar