Skip to main content

Bisnis Rumahan - 5 Langkah Sederhana menuju Sukses

Tahukah Kita bahwa, di Australia, 60% usaha kecil gagal dalam setahun pertama? Bagi kita yang ingin memulai usaha kecil, bahkan yang bekerja dari rumah, hal tersebut merupakan statistik yang sangat mengecilkan hati untuk memulai Bisnis Rumahan.

Apakah itu pertKita bahwa ide bisnis Kita pasti gagal? Jauh dari itu! Ada beberapa langkah yang dapat Kita lakukan untuk meningkatkan peluang sukses Kita. Dengan sedikit waktu dan beberapa riset serius Kita bisa menuju “Ground Running”. Mari kita mulai dari yang pertama:

1.      Ide yang Cemerlang

Pertama, Kita perlu mengemukakan ide. Biasanya, peluang bisnis dapat dibagi menjadi 4 kelompok:

1. Menawarkan produk / layanan yang ada di pasar yang ada.
2. Memperkenalkan produk / layanan yang ada ke pasar baru.
3. Menawarkan produk / layanan baru di pasar yang ada
4. Memperkenalkan produk / layanan baru ke pasar baru.

Pada tahap permainan ini satu-satunya batasan adalah imajinasi Kita. Inspirasi bisa datang dari mana saja, mungkin Kita memiliki hobi yang ingin Kita ubah menjadi pekerjaan tetap; Kita mungkin berada di ujung layanan/pekerjaan yang buruk di suatu hari dan memutuskan untuk mencoba melakukannya dengan lebih baik; atau Kita mungkin memiliki bakat yang ingin Kita dagangkan.

Begitu Kita menemukan sebuah yang ingin Kita lakukan, saatnya untuk melihat-lihat pasar dan melihat apa yang ditawarkan.

2.      Melewati Observasi, Tes, Riset, dan Pertimbangan yang matang

So.. Kita punya ide bagus dan Kita ingin berguling dengannya; sekarang saatnya untuk meletakkannya melalui langkah yang sudah direncanakan. Untuk tujuan hal tersebut, katakanlah Kita memiliki hasrat untuk hidup sehat, dan Kita ingin mendistribusikan berbagai aksesoris gaya hidup yang mempromosikan hidup sehat dengan pendekatan diri kita.


Tanyakan seputar: Adakah pasar untuk produk yang mempromosikan hidup sehat? Produk macam apa yang tersedia? Siapa yang akan Kita ikuti dan apa penawaran dari pesaing Kita? Apakah Kita mempunyai keterampilan yang diperlukan untuk menjalankan bisnis semacam itu (lebih penting lagi), keterampilan apa yang dibutuhkan? Di mana bisnis Kita berada?

Begitu Kita menjawab pertanyaan diatas, Kita harus mempunyai gambaran yang cukup jelas tentang seperti apa bisnis Kita nantinya.

Kita mendapatkan beberapa produk dan memutuskan untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai berbagai produk gaya hidup yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan bernama “Vitality 4 Life”. Pengalaman hidup Kita sendiri ditambah beberapa pekerjaan yang sudah Kita lakukan sebagai ahli gizi telah memberi Kita keahlian yang diperlukan, dan Kita berpikir bahwa Kita akan bisa bekerja dari rumah, memberi Kita lebih banyak waktu untuk keluarga. Ada pasar yang ada, tapi ada ruang untuk ekspansi. Sekarang saatnya untuk melihat lebih dekat.

3.      Memulai atau tidak?

Sekarang waktunya untuk melihat peluang. Kita tidak ingin melompat langsung buat sebuah bisnis rumahan, dan mencari tahu terlebih dahulu bahwa anggarannya bisa berjalan.

Untuk memulainya, duduk dan bekerja jika Kita perlu mempekerjakan staf, yang berarti juga membayar upah.

Jika Kita menyewa tempat, Kita harus dapat membayar uang sewa, dan lokasi Kita mesti sesuai untuk bisnis dan target pasar Kita (yang juga berarti Kita harus memikirkan dengan hati-hati tentang target pasar sasaran itu). Kita juga perlu mengetahui kemungkinan permintaan akan produk / layanan Kita.

Ok ... Kita telah tahu bahwa ada cukup banyak permintaan untuk aksesoris kesahatan, ini bagus untuk Kita mengambil alih distribusi sebagai peluang bisnis rumahan. Sekarang Kita perlu membuat beberapa keputusan pemasaran.

4.      Promosi! Dan Promosi!

Periklanan bisa mahal sehingga Kita pastikan dulu bahwa anggaran iklan Kita dihabiskan dengan bijak. Itu berarti ada riset pasar dulu dan kali ini langsung terjun ke pelanggan. Daftarkan kelompok pelanggan Kita sehingga Kita dapat mengarahkan pemasaran Kita ke kelompok orang yang tepat.

Buat kuesioner (kuesioner singkat - orang kehabisan kesabaran jika Kita mengoceh terlalu lama) dan berkeliaran di luar beberapa gym lokal (untuk contoh khusus kami). Datanglah dengan pertanyaan yang terbuka (Apa pendapat Anda tentang ...... ..?) Dan pertanyaan tertutup (Apakah Anda memiliki keanggotaan gym? Ya / Tidak.).

Untuk bisnis aksesori kesehatan, pertanyaan yang bagus adalah 'Bagaimana Anda tahu tentang gym ini? Radio, tv, koran, dari mulut ke mulut dll. 'Pertanyaan semacam itu kemudian akan memberi Kita indikasi jenis media yang menurut kelompok sasaran Kita terbaik.

Pilih nama bisnis, cetak beberapa kartu nama, beli beberapa saham dan bersiaplah untuk berdagang!

5.      Mengukurnya dan Mengelolanya!

Seorang guru saya mengatakan bahwa dalam bisnis, jika Kita tidak dapat mengukurnya, Kita tidak dapat mengelolanya.

Kita harus bisa merencanakan ke depan, dan melakukan itu yang perlu Kita ketahui atau untuk dapat memprediksi secara akurat total penjualan Kita. Persamaannya sederhana: jumlah pelanggan x penjualan rata-rata x frekuensi kunjungan per pelanggan per tahun = total penjualan. Ingatlah, merevisinya harus sering dalam mengukur bisnis dan Kita akan bisa mengelolanya!

Mengawasi garis keuangan Kita dan yang terpenting, selalu waspada terhadap arus kasnya. Uang tunai yang ada di bank. Izinkan untuk periode faktur (14 hari, 30 hari dll) untuk digunakan dalam anggaran binis.

Tempat pasar mempunyai kehidupan tersendiri, dan tidak ada yang bisa mempersiapkan setiap kontingensi. Masukkan beberapa gagasan ke dalam ide Kita; pastikan bahwa ada pasar terhadap produk yang Kita tawarkan; penelitian, penelitian, penelitian; promosikan bisnis Kita secara efektif; selalu cek apa yang terjadi di rekening bank Kita dan jangan lupa tentang arus kas!


Tulisan ini tidaklah sempurna, tapi jika Kita mengikuti beberapa langkah sederhana ini, Kita akan berada jauh di depan banyak usaha bisnis rumahan lainnya. Jika Kita pernah mendengar tentang peluang bisnis rumahan yang hebat, atau memiliki produk atau layanan terbaik ke pasar, maka Kita mulai dengan hebat pula!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar