Skip to main content

Cara Meletakkan Iklan Adsense di Atas Samping Postingan pada Blog

Dalam meletakan iklan adsense dimanapun sebenarnya hal yang mudah dilakukan, yang penting kita tau caranya, ada dua cara yang bisa kita pilih ketika kita memutuskan untuk meletakan kode unit iklan adsense pada blog yang kita punya, cara pertama bisa melalui widget, dan cara kedua bisa langsung tempel pada template blog, untuk cara pertama sepertinya kita hanya bisa meletakan iklan adsense pada lokasi-lokasi tertentu saja, tergantung dari tata letak template blog yang kita pakai, dan juga tergantung di lokasi mana widget bisa kita tambahkan, sedangkan pada cara kedua yaitu dengan cara meletakan kode unit iklan adsense pada kode template blog, kode unit iklan adsense harus diparse terlebih dahulu, karena jika tidak kode unit iklan adsense akan ditolak oleh kode template blog karena mengandung kode-kode yang tidak diizinkan oleh template blog, namun bila menggunakan template premium terkadang tidak perlu diparse dan untuk menggunakan cara kedua ini setidaknya kita harus tahu tentang template blog dan juga setidaknya faham mengenai perintah-perintah blog.

Memang dalam peletakkan iklan adsense juga berpengaruh pada pendapatan. Sebab letak yang strategis akan menentukan jumlah klik yang didapat. Dari berbagai pengalaman dan analisis yang penulis lihat, banyak berpendapat letak iklan di atas samping postingan cukup banyak menghasilkan peluang klik. Untuk ukurannya, rekomendasi saya 336 x 280, bukan 300 x 250, sebab dari pengalaman saya nilai per seribu tayang lebih tinggi.

Nah, sekarang kita akan mulai cara meletakkan iklan adsense di atas samping postingan pada blog
  • Silahkan masuk ke akun adsense anda, kemudian ambil kode unit iklan adsense yang ingin anda gunakan. 
  • Masuk ke laman HTML parse, silahkan letakan kode unit iklan google adsense anda di kotak form kemudian Parse Script, sementara biarkan kode unit iklan adsense hasil parse. 
  • Sekarang, silahkan anda masuk ke akun blogspot, dan pilih blog yang akan dipasangin iklan. 
  • Pada bilah menu sisi kiri, silahkan pilih menu TEMPLATE kemudian tekan tombol Edit HTML untuk menampilkan kode editor template blog anda. 
  • Pada editor template, kemudian cari kode <data:post.body/> atau <p><data:post.body/></p>, kita akan menemukan dua atau bahkan sampai tiga kode diatas, silahkan pilih salah satu yang benar-benar menampilkan postingan artikel anda, 
  • jika telah menemukan kode <data:post.body/> atau <p><data:post.body/></p> letakkan kode iklan adsense / kode parse di atasnya 
a. Untuk kode iklan adsense posisi kiri atas
<div style="float:left; margin-right:15px;margin-bottom:15px">.... ...KODE ADSENSE HASIL PARSE...... </div>
b. Untuk kode iklan adsense posisi kanan atas
<div style="float:right; margin-left:15px;margin-bottom:15px">.... ...KODE ADSENSE HASIL PARSE...... </div>
c. Untuk kode iklan adsense posisi tengah atas
<div style="margin-left:15px;margin-bottom:15px">.<center> ...KODE ADSENSE HASIL PARSE....</center> </div>
  • Kembali ke kode iklan adsense / yang sudah diparse, copy kode tersebut kemudian silahkan ganti tulisan <!-- ...KODE ADSENSE HASIL PARSE...--> dengan kode unit iklan adsense hasil parse tadi. 
  • Simpan, Dan lihat hasilnya. Selamat..! kita telah berhasil memasang unit iklan adsense di atas samping postingan pada blog.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar