Skip to main content

3 Langkah Memulai Bisnis di Internet Bagi Pemula

Apakah kamu sedang mencari peluang usaha yang bisa dikerjakan lewat internet?
Apakah kamu juga sedang berpikir tentang bagaimana mencari penghasilan tambahan dengan berbisnis online?
Atau, kamu memang benar-benar ingin fokus menerjuni jalur bisnis online sebagai sarana untuk mendapatkan sumber penghasilan utama?
Kamu tidak perlu merasa sendiri, karena ada banyak orang-orang di luaran sana yang sedang melakukan hal serupa dengan kamu. Pertama sekali, kita harus menyadari bahwa gaya hidup dan pola komunikasi telah berubah. Internet yang saat ini memunculkan dunia virtual, ternyata mampu mendorong kita untuk membangun bisnis dengan cepat dan dapat dijadikan sumber penghasilan utama.
Nah, disinilah kita bisa memanfaatkan celah untuk bisa menggali potensi yang ada untuk membuat sebuah usaha yang menjanjikan.  Berbapa hal dibawah ini adalah hal-hal yang perlu kamu perhatikan jika kamu ingin memulai usaha dengan memnfaatkan media online.

Miliki mindset bisnis yang benar untuk mempermudah melihat peluang usaha

Pernyataan seperti ini mungkin sudah sangat sering kamu dengarkan. Namun apakah kamu juga taat mengikutinya? Belum tentu kan?
Mindset merupakan modal yang paling mendasar dalam membangun bisnis. Karena mindset yang salah akan membuat kita justru mendapat banyak halangan nantinya dalam pengembangan usaha. Kita juga harus berpikir untuk membangun aset, dimana aset itu nantinya yang akan bekerja untuk kita. Kesemua itu tidak akan pernah terwujud tanpa mindset bisnis yang benar.
Memiliki mindset yang benar ini tentu tidak mudah, kamu membutuhkan pengalaman dan pergaulan yang luas, misalnya dengan berteman dengan orang-orang berpenaglaman dan juga cermat dalam perhitungan.  Hal yang harus di hindari adalah, jangan sampai ketika kita sudah berhasil membangun usaha sampai susah payah, namun akhirnya mengorbankan hal-hal lainnya hanya karena kesibukan kita mengurus bisnis. Dari situlah mindset bisnis kita jadikan dasar berfikir dalam memulai bisnis.

Memulai usaha dengan Jualan

Langkah kedua adalah putuskan apa yang ingin kamu jadikan sebagai produk bisnismu. Sebelum benar-benar menjalani suatu siklus bisnis, Anda harus berlatih menjual lewat internet terlebih dahulu. Hal ini sangat dibutuhkan untuk melatih kemahiran anda dalam hal bertransaksi. Pikirkan, kira-kira apa yang mau Anda tawarkan ke orang lain lewat media online.
Kebanyakan orang salah langkah pada tahapan ini. Mereka terlalu berfokus pada produknya dulu, bukan pada kebutuhan orang-orang. Sehingga bahkan banyak yang tumbang sebelum mencapai penjualan pertama.
Saran saya, lakukanlah riset produk, dan sebisa mungkin carilah produk-produk yang cepat laku dan perputarannya cepat. Artinya banyak yang membutuhkan atau ada pasarnya.
Bukan apa-apa sih, tetapi kalau produk kita yang membutuhkan terlalu sedikit atau pasarnya sempit, biasanya kita akan mudah menyerah karena dagangan tidak kunjung laku.
Maksud saya, rasanya kegiatan jualan dan bisnis kita akan lebih terasa gregetserta menggairahkan jika dikit-dikit HP kita berbunyi atau INBOX email kita penuh dengan email pemesanan produk / jasa kita.

Membuat website jualan atau toko online

Tahapan selanjutnya yang kamu butuhkan adalah dengan membuat website jualan maupun toko online. Website ini berguna untuk kemudahan transaksi dan juga pusat sosialisasi atau promosi barang dagangan kamu. Jika kamu memiliki kemampuan desain dan visualisasi yang baik, segeralah untuk mendekor laman website mu agar terlihat menarik bagi para pengunjung.
Kalau kita flashback ke langkah sebelumnya, kita itu kan harus memutuskan produk-jasa apa yang mau kita jual. Bahasa mudahnya, apa yang mau kita tawarkan kepada orang-orang.
Nah, kalau sudah ketemu, selanjutnya kita harus mempromosikan dan menjualnya supaya orang lain tahu. Dan kita butuh tempat. Setelah memiliki tempat, tentunya Kamu sudah bisa mulai berharap untuk memiliki usaha yang menguntungkan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar