Ayo Bisnis Ikan Hias Kecil-Kecilan dan Raih Untung Besar Besaran

Ayo Bisnis Ikan Hias Kecil-Kecilan dan Raih Untung Besar Besaran

Ayo Bisnis Ikan Hias Kecil-Kecilan dan Raih Untung Besar Besaran

Ada sangat banyak peluang usaha kecil menengah (UKM) yang sebenarnya bisa kamu manfaatkan untuk mencari penghasilan tambahan. Salah satu contoh usaha tersebut adalah usaha ikan hias air tawar. Usaha ikan hias air tawar ini tergolong sebagai usaha yang menjanjikan, selain itu usaha ini juga sangat mudah dijalankan dan tidak terlalu membutuhkan modal yang besar. Ditambah lagi bisnis ini juga tidak terlalu membutuhkan tempat yang luas, dengan lahan terbatas kamu bisa memulai menjalankan bisnis ini. So, apakah kamu tidak ingin mencobanya?

Jika kamu berhasil mengembangkan bisnis ini, kamu tidak hanya bisa menjadikannya sekedar sebagai bisnis sampingan, melainkan juga sebagai bisnis utama kamu. Bagaimana tidak? Dari berbagai macam jenis ikan, ada juga ikan yang nilainya hingga jutaan rupiah per ekornya. Apalgi ika ikan jenis itu mampu kamu budidayakan sendiri. Tentu akan sangat menggiurkan bukan?

Berdasarkan perhitungan minimal, kamu hanya membutuhkan tempat seluas 9 meter persegi untuk menata dagangan sekaligus pembudidayaan ikan hiasnya. Namun, dengan sekecil itu, dibutuhkan keahlian menata aquarium ikan-ikan hiasmu.

Secara umum, memelihara ikan tergolong mudah dan sederhana. Adapun tantangan dalam menjalankan bisnis ini adalah lebih kepada permasalahan teknis. Misal, untuk ikan yang berjenis petarung, usahakan tidak meletakkannya pada tempat yang berdekatan. Oleh karena itu, kamu harus memahami karakteristik semua jenis ikan yang kamu jual. Untuk ikan yang karakternya tidak petarung, kamu bisa meletakkannya dalam satu aquarium.
  • Melihat peluang usaha ikan hias air tawar
Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam menjalankan bisnis ikan hias air tawar ini. Beberapa hal ini perlu diperhatikan agar usahamu bisa benar-benar menjadi usaha yang diandalkan. Mengapa demikian? Karena bisnis ikan hias juga merupakan kegiatan pemeliharaan kehidupan. Memilihara kehisupan tentu memerlukan kiat-kiat dan keterampilan khusus agar kehisupan yang berlangsung bisa optimal dan berkualitas.

1.Tempat pemeliharaan

Ikan merupakan makhluk hidup yang hidup di air, oleh karena itu memnyiapkan tempat hisup merupakan hal mutlak yang harus diperhatikan. Untuk itu, kamu harus mampu memilih aquarium yang cocok dengan ikan yang kamu pelihara.  Pilih aquarium jenis memanjang yang bisa kamu beri sekat-sekat untuk ikan-ikan jenis predator atau petarung. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan ukuran ikan dan aquarium agar proporsional. Siapkan pula beberapa aquarium untuk memisahkan aktivitas ikan seperti penjodohan, pemijatan, dan pembesaran.

2.   Fokus pada jenis yang sama

Hal ini dikhususkan buat anda yang hanya memiliki modal yang terbilang kecil. Mengapa demikian? Jika anda hanya memiliki modal terbatas, sebaiknya fokuslah pada jenis ikan yang sama saja untuk memudahkan pemeliharaan. Hal tersebut sangat penting karena setiap jenis ikan memiliki karakter-karakter yang berbeda, sehingga jika kamu memelihara banyak jenis ikan, tentu akan menyulitkan kamu sendiri.

3.   Memahami teknik pembiakan

Memahami teknik pembiakan mutlak dibutuhkan agar kamu bisa mengembangkan bisnis ikanmu dengan mengandalkan pembudidayaanmu sendiri. Oleh karena itu kamu perlu memperhatikan suhu udara dan juga ph air yang tepat. Ada jenis ikan yang membutuhkan waktu lama untuk perjodohan dan juaga terkadang bahkan juga membutuhkan suntikan hormone. Hal-hal seperti inilah yang sangat penting untuk kamu ketahui agar bisa sukse dalam mengembangkan bisnis ikan hias.
  • Pemasaran ikan hias
Bisnis semacam ini sangat dipengarhui oleh tingkat ketertarikan orang terhadap ikan. Karena tidak semua orang menyukai jenis ikan, maka kamu perlu mempertimbangkan tempat membuka bisnismu terlebih dahulu sebelum membuka bisnis. Hal tersebut sangat penting agar bisnis kamu bisa cepat berkembang dan laku di pasaran.

Sebagai salah satu saran untuk bisa mencapai pemasaran yang optimal, kamu bisa membuka bisnis ini lingkungan sekolahan. Hal tersebut dikarenakan umumnya anak sekolah sangat menyukai ikan.  Dengan begitu, peluang usahamu untuk berkembang dan laku dipsaran akan semakin terbuka lebar.
Buka Komentar