Skip to main content

Bisnis Anak Muda Yang Mudah, Gampang Kerjanya, Gede Untungnya

Usaha dagang harusnya bisa menjadi salah satu alternative untuk mengatasi permasalhan ekonomi di kalangan anak muda. Indonesia sebagai salah satu negara dengan jumlah penduduk produktif yang sangat besar pastinya akan mengalami permasalahan ketenagakerjaan. saat ini, sangat banyak anak muda Indonesia yang masih menerapkan cara lama untuk mengamankan perekonomiannya, yaitu berlomba-lomba mendaftarkan dirinya di perusahaan impian atau menjadi pegawai negeri. Demi karir dan masa depan yang lebih stabil, mereka pun rela bersaing dengan ribuan bahkan jutaan pendaftar lain di luar sana. Sebenarnya tidak masalah menerapkan cara tersebut, namun alangkah baiknya jika anak-anak muda juga memiliki rencana yang lain jika gagal menjadi apa yang dicita-citakan itu. Setuju enggak guys?
Bertolak dari berbagai hal diatas tadi, ada tips ini buat kamu-kamu yang berencana untk memulai usaha sampingan atau bahkan yang ingin serius dikembangkan menjadi basis ekonomi yang utama. Berikut ini merupakan beberapa jenis usaha kuliner yang bisa kamu terapkan. Jika kamu yakin, kamu bisa saja meraup keuntungan jutaan rupah lo guys, percaya deh.

  • Angkringan, usaha kuliner yang sangat menjanjikan

Angkringan merupakan salah satu bisnis yang kelihatnnya sangat tidak bersahabat dengan anak muda. Tapi kamu jangan salah sangka dulu, bisnis model angkringan ternyata muali menjamur lo guys di beberapa kota besar seperti Yogyakarta, Surabaya, Semarang dan bahkan Bandung hingga Jakarta. Bagaimana tidak, angkrigan memiliki pasar yang jelas, seperti para perantau, anak kos, bahkan bapak-bapak yang hobi nongkrong dan minum kopi. Usaha ini terbilang cukup mudah karena kamu hanya tingal mendirikan gerobak dan mencari orang-orang yang ingin menitipkan dagangannya di angkringan kamu. Cara mendapatkannya, kamu bisa bertanya langsung kepada beberapa penjual angkringan yang ada di sekitar mu. Mudah bukan?
Pemasukan utama dari usaha angkringan ini bukan pada makanan utamanya, melainkan pada minuman-minuman yang kamu jual. Masih nggak percaya? Kamu bisa beli minuman sashet dengan harga sekitar Rp.1000 dan bisa menjualnya minimal denga harga 2 kali lipatnya hanya dengan bermodalkan air. Kebayang kan guys kalau kamu bisa menjual hingga lebih dari 50 gelas aja per harinya, belum lagi dari keuntungan item yang lain.

  • Nostalgia Kalangan Pemuda dengan Jajanan Jadul

Zaman sekarang ini tentu sangat berbeda dengan zaman anak-anak tahun 90an. Dari jenis permainan, hingga jajanannya. Momen-momen mengingat sejarah masa 90an saat ini sedang ramai-ramainya jadi perbincangan di medaia sosial melalui meme lucu yang membuat kita seolah kembali ke masa lalu. Keadaan semacam ini sebenarnya sangat bisa kamu manfaatkan untuk membantu ingatan anak-anak tahun 90an dengan jajanan mereka di masa lalu. Salah satunya dengan menjual Mie lidi, makaroni pedas, telur gulung dan lain sebagainya adalah daftar camilan jadul namun masih banyak diburu hingga kini. Harga jajanan tersebut memang tergolong murah-meriah, tapi kamu juga bisa meraup keuntungan yang besar lo guys, karena memang bahan-bahan yang digunakan juga tergolong murah.
Kalau untuk pemasarannya, kamu nggak perlu khawatir guys. Kamu bisa menjajakannya di kantin sekolah, kampus, bahkan kafe-kafe yang biasa menjadi tempat nongkrong anak muda. So tunggu apalagi?  Berbisnis dengan memanfaatkan nostalgia begini nggak ada salahnya kan? hehe

  • Bisnis kuliner cupcake, karena biasanya rasanya nggak terlalu penting

Permintaan pasar akan sesuatu yang unik dan anti mainstream di era media sosial ini memang terkadang bisa diluar nalar. Zaman sekarang, kebanyakan orang ternyata tidak terlalu mementingkan rasa makanan, tapi tampilan. Makanan atau jajanan itu biasanya akan di foto dulu oleh konsumen sebelum mereka mamakannya, maklumlah “kids zaman now memang begitu”.
Nah, perilaku anak-anak sekarang yang sangat instagrameble ini bisa dimanfaatkan juga untuk peluang bisnis guys. Yang terpenting dalam memulai bisnis ini adalah kemampuan mendekorasi makanan. Untuk market place nya kamu nggak perlu khawatir, kamu bisa menjual produk-produkmu melalui media sosial seperti Instagram ataupun Facebook. Teknisnya bisa diatur sedemikian rupa supaya daganganmu tidak mubazir, misalnya dengan system pre-order.Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir dagangan kamu nggak laku. Gimana guys? Apakah kamu tertarik untuk memulai usaha dengan modal kecil untuk besar juga? Selamat mencoba dan semoga berhasil ya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar