Skip to main content

Ingin Sukses di Bisnis Alat Tulis Kantor (ATK), Lakukanlah Ini!

Memiliki usaha yang menjanjikan tentu saja menjadi impian banyak orang. Bagi sebagian orang, bisnis ATK sangat tidak menarik karena berdasrkan perhitungan bisnis, berjualan ATK tidak memberikan keuntungan yang besar. Pandangan tersebut mungkin saja benar, kebanyakan orang seringkali tidak mampu membaca prospek bisnis ini dengan baik. Padahal, bisnis ATK adalah salah satu bisnis kecil yang memiliki prospek yang cukup cerah untuk kedepannya. Hanya saja, diperlukan kiat sukses bisnis ATK yang tepat untuk bisa mencapainya.
Seperti dikatakan diawal, bisnis ATK adalah bisnis yang tidak pernah kehabisan pelanggan. Namun, kejadian ini tentu merupakan hasil dari permbacaan peluang usaha yang tepat. Mengapa demikian? Karena ATK memang membutuhkan cara-cara pemasaran khusus, sangat jauh berbeda dengan bisnis-bisnis lainnya.
Salah satu alasan bisnis ATK merupakan bisnis yang memiliki prospek masa depan yang cerah adalah karena bisnis ini tidak membutuhkan modal sebesar modal bisnis yang lainnya. Pada beberapa kasus, pembukaan bisnis ATK ini hanya membutuhkan modal sebesar 5 juta rupiah. Alasan lain bisnis ini termasuk bisnis yang menggiurkan adalah karena produknya yang tahan lama dan tidak basi. Sehingga kemungkinan produk tidak layak jual sangat kecil terjadi.
Jika anda tertarik untuk memulai bisnis ATK ini, berikut kiat sukses bisnis ATK yang bisa anda jadikan referensi:
Membaca peluang usaha dan menentukan target pasar
Menentukan target pasar merupakan syarat utama yang harus diperhatikan dalam membangun bisnis ini. Oleh karena itu, pada langkah pertama, kamu harus bisa menjawab pertanyaa, Siapakah target pasar kamu? Apakah mahasiswa atau pelajar sekolah menengah pertama? Menentukan target pasar ini sangat penting karena akan menyangkut masalah harga pada akhirnya. Seperti misalnya anda menjual air mineral pada target pasar yang berbeda.
Harga air mineral kemasan 900ml dengan merk yang sama akan sangat berbeda tergantung target pasarnya. Seperti misalnya jika anda membelinya di pasar tradisional dengan target pedagang sayur yang harganya lebih murah dibandingkan dengan ketika anda membelinya di kantin sebuah hotel bintang 5 yang targetnya adalah karyawan kantoran. Perbedaan harga ini ditentukan dengan target pasar yang berbeda. Kasus inipun berlaku pada bisnis ATK. Jadi, kiat sukses bisnis ATK anda yang pertama adalah menentukan target pasar.
Mencari distributor atau agen untuk memperluas pasar
Salah satu kiat sukses bisnis ATK yang kedua adalah mencari distributor atau agen ATK. Seperti dikatakan diawal, tidak dapat dipungkiri bisnis ATK memang termasuk bisnis yang keuntungannya relatif kecil sehingga pelaku bisnis inipun masih cukup jarang. Alasan kamu mencari agen atau distributor tentu saja adalah untuk mendapatkan harga terbaik sehingga anda bisa menjual ATK anda dengan harga yang bersaing dibanding pelaku bisnis ATK yang lainnya.
Salah satu cara mendapatkan harga terbaik dari distributor atau agen adalah dengan membeli dalam jumlah yang cukup banyak atau ‘borongan’ sehingga harga relatif lebih murah. Selain itu, bangunlah kedekatan emosional dengan pemilik agen atau distributor dengan berlangganan belanja kebutuhan ATK anda kepadanya. Kedekatan emosional yang anda bangun akan sangat membantu anda dalam mendapatkan harga yang jauh lebih murah lagi.
Memilih lokasi usaha yang tepat

Kiat ini masih sangat berkaitan erat dengan kiat yang pertama. Setelah anda menentukan target pasar anda, carilah tempat yang strategis agar bisnis anda dapat dengan mudah ditemukan. Salah satu kiat untuk mendapatkan tempat terbaik adalah dekat dengan tempat pusat aktifitas target pasar anda. Setelah anda berhasil menemukannya, segera bukalah usahamu di pusat target pasar tersebut. Namun, untuk pengembangan usaha yang lebih baik, kamu bisa juga langsung menawarkan diri untuk menjadi penyedia ATK di suatu instantsi atau lembaga apapun. Dengan begitu, kamu akan memiliki pelanggan tetap dan peluang usahamu menjadi maju semakin terbuka lebar.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar