Skip to main content

Kisah Inspiratif Sandiaga Uno sebagai Teladan untuk Sukses Berbisnis

Memiliki Bisnis atau usaha kecil-kecilan adalah merupakan cita-cita setiap orang yang ingin hidup mandiri, terlebih lagi bagi mereka yang tidak ingin menjadi PNS. Namun, dalam mengembangkan bisnis, seseorang seringkali kebingunan untuk memulainya dari mana. Apakah kamu juga mengalaminya? Mungkin kamu membutuhkan sumber inspirasi guna melucuti semangat agar tetap mambara, hehe. Kali ini kita akan coba membahas kisah sukses dan inspiratif dari salah satu pengusaha yang benar-benar memulai usahanya dari 0, orang tersebut adalah Sandiaga Uno.
Permulaan Karir Sandiaga Uno Muda
Pria kelahiran Pekanbaru, 28 Juni 1969 ini memulai kariernya sebagai seorang pegawai. Sandi merupakan lulusan dari Universitas Swasta Wichita (Wichita States University) dengan predikat summa cum laude. Selepas menyelesaikan studinya, Sandi mengawali kariernya di Bank Summa pada tahun 1990. Setelah setahun bekerja, Sandi mendapatkan beasiswa dari kantornya, dia pun melanjutkan studinya di Universitas Washington George dengan IPK 4,00. Prestasi yang sangat gemiliang bukan?
Selanjutnya, pada tahun 1993 Sandi bergabung di sebuah perusahaan di Singapura. Tidak lama setelah itu, Sandi berpindah untuk bekerja di sebuah perusahaan asal Kanada. Seiring terjadinya krisis ekonomi tahun 1997, perusahaan tempatnya bekerja bangkrut dan akhirnya Sandi menjadi karyawan yang di PHK. Seletah di PHK Sandi langsung bergerak cepat dengan mencari pekerjaan baru dengan melamar di sejumlah perusahaan, namun hasilnya nihil.
Awal petualangan Sandiaga Uno melihat peluang usaha
Awal perjuangan Sandiaga dimulai dari sini guys. Pengalaman buruk yang dialami ketika dia bekerja membuatnya terpaksa memutar otak untuk mulai berfikir mandiri. Saat itu Sandi belum berfikir untuk membangun binis ataupun  usaha kecil menengah, sandi bersama rekannya lebih memilih untuk menjadi seorang konsultan keuangan . Alih-alih mendapat hasil yang memuaskan, usaha Sandi dan rekan lagi-lagi gagal total. Jasa konsultasi keuangan yang didirikannya malah dipandang sebelah mata oleh banyak calon kliennya.
Baru pada tahun 1998 Sandi bersama dengan Edwin Soerjadjaja mendirikan Saratoga Capital. Saratoga Capital merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang sumber daya alam dan infrastruktur. Dari perusahaan itulah Sandi akhirnya berhasil mengepakkan sayab hingga saat ini bisa dikatakan sebagai salah satu pebisnis tersukses di Indonesia. Saat ini Sandi menjabat sebagai CEO Saratoga Capital, pimpinan PT Adaro Energy Tbk, PT Tower Bersama Infrastruktur Group Tbk, dan juga pendiri PT Recapital Advisor.
Prestasi Sandiaga ini ternyata juga terekam oleh Majalah Globe Asia edisi Agustus 2007. Sandiaga Uno dinobatkan sebagai orang terkaya di Indonesia No. 122 dengan perkiraan kekayaan sebesar Rp 744 Miliar. Sandiaga Uno memperoleh kekayaan sebesar itu melalui private equity firm yang didirikannya; yaitu Saratoga Capital yang didirikan pada tahun 1998 dengan partner utama Edwin Soeryadjaya dan Re-Capital yang didirikan pada tahun 1997 bersama sahabat lamanya Rosan Roslani.
Selain disibukkan dengan mengurus perusahaannya, Sandiaga Uno juga terlibat aktif sebagai anggota Komite Ekonomi Nasional dan bendahara Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia. Sandiaga juga berperan aktif dalam membantu perkembangan ekonomi level bawah dengan mendirikan komunitas Aksi Kewirawusahaan Sosial Indonesia dan beberapa serikat UKM dimana masyarakat belajar berwirausaha
Nah, begitulah perjalanan karier Sandiaga Uno hingga menjadi pengusaha sukses seperti sekarang ini. Apakah kamu juga bercita-cita menjadi seperti Sandiaga Uno? Semoga kisah sukses ini bermanfaat dan menjadi inspirasi untuk dalam memulai usaha yang menjajikan ya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar