Skip to main content

Mulai dengan UKM Sebagai Jawaban dalam Mengatasi Krisis Ekonomi yang Sedang Melanda

Usaha kecil menengah merupakan salah satu solusi untuk memperbaiki krisis ekonomi yang menghantam Indonesia sejak tahu 1997. Kamu sebagai generasi milenial dituntut untuk bisa berkreasi dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup karena negara telah terbukti tidak cukup mampu menyediakan lapangan pekerjaan. tidak bisa dimungkiri, di era persaingan global ini,  orang-orang yang  mampu bertahan dan justru berjaya adalah bisnis dalam skala kecil. Bagaimana dengan kamu guys? Apakah kamu sudah memiliki bisnis sendiri?

Sebenarnya membuat bisnis dengan skala kecil atau menengah itu gampang-gampang susah. Sangat banyak orang yang ingin membuka bisnis, tetapi ketika dua atau tiga kali usahanya gagak, kebanyakan orang langsung menyerah. Bagaimana agar bisnis Anda tidak gagal? Bagaimana memulai bisnis Anda?

Membuat perencanaan usaha kreatif yang potensial dan juga semangat juang yang tinggi

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat perencanaan bisnis yang matang. Perencanaan yang merupakan sarat mutlak yang dibutuhkan setiap kali ingin memulai usaha. Perencanaan tersebut terdiri dari, analisa pasar seperti : berapa calon pembeli, berapa yang bisa diserap pasar, pemilihan lokasi usaha, kemana peluang pemasaran, apa kendalan pemasaran, transportasi bagaimana dan lainnya. Buatlah perencanaan dalam jangka pendek (setahun), jangka menengah (3-5 tahun) dan jangka panjang (6-25 tahun). Dan jangan lupa, awasilah rencana Anda tersebut.

Yang kedua, tidak mudah menyerah jika pertama gagal. Hal ini sering kali dialami oleh para pebisnis pemula. Sebenarnya hal tersebut wajar-wajar saja. Namun, sebagai orang yang memiliki tekad untuk sukses, semangat merupakan salah satu modal berharga yang harus kamu miliki.

Rajin mengobservasi perubahan dan berdiskusi dengan orang yang lebih berpegalaman

Satu hal yang juga harus kamu miliki adalah kemampuan dalam menganalisis perubahan. Hal ini merupakan sesuatu yang kelihatannya tidak begitu penting dalam dunia bisnis namun nyatanya berpengaruh sangat besar. Perubahan merupakan sesuatu yang menjadi satu-satunya hal yang pasti di dunia ini. Kamu bisa melihat apa yang di alami oleh “Blue Bird”. Blue Bird merupakan salah satu perusahaan Taksi terbesar di Indonesia, namun saat ini Blue Bird seolah kewalahan menghadapi persaingan dari berbagai jenis Taksi online dan akhirnya tersingkirkan.begitu pula yang terjadi dengan toko buku seperti Gramedia dan took-toko ritel seperti Ramayana dan Matahari.

Kemampuan mengobservasi ini sangat penting agar kamu bisa segera mengatasi atau menyambut perubahan guna mengubah apa yang lebih sesuai dengan kebutuhan pasar. Misal jika kamu membuka bisnis kuliner, kamu harus mengobservasi terlebih dahulu makanan atau minuman apa yang saat ini sedang jadi tren di masyarakat. Dengan begitu, kamu tidak akan pernah kehilangan pasar.

Selain kemampuan mengobservasi, kamu juga sebaiknya juga memiki rekan untuk berdiskusi. Rekan diskusi sangat penting untuk menambah wawasan dan juga menimbang segala sesuatu jika kamu membutuhkan masukan untuk melihat peluang usaha. Mungkin kamu terkadang merasa bisa mengatasi semua masalahmu sendirian, namun berdiskusi dengan orang yang lebih memahami pokok permasalahan tentu akan jauh lebih baik.

Berdoa dan berserah diri kepada Tuhan

Hal ini yang seringkali dilupakan oleh pebisnis pemula. Sebagai bangsa yang berbudaya dan memiliki kultur religius yang tinggi, kita sudah semestinya selalu melibatkan sang pencipta dalam setiap kegiatan. Doa merupakan salah satu bentuk kesadaran bahwa kita sebagai hamba telah berusaha semaksimal mungkin untuk meraih Rezeki. Setelah itu, kita sebagai orang yang beragama sudah sepatutnya meyerahkan hasil dari perjuangan kita kepada sang pemilik alam semesta. Dengan begitu, apapun hasil yang kita dapatkan nantinya akan terasa berkah karena kita memintanya dengan sungguh-sungguh dari sang pemilik yang agung. So, semoga upayamu membuat sebuah usaha yang menguntungkan segera berhasil yan guys.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar