Skip to main content

Peluang Eduwisata Sebagai Bisnis Kreatif Jaman Now

Usaha kreatif tengah menjadi salah satu tema yang paling sering diperbincangkan saat ini. Bagaiman tidak, bsinis kreatif menjadi seperti osase ditengah persaningan pencari kerja yang sangat tinggi. Selain itu, kemajuan teknologi dan informasi juga seolah sangat berdampak pada perubahan pola pikir masyarakat Indonesia saat ini.

Salah satu usaha kreatif yang cukup menjanjikan adalah bisnis eduwisata. Eduwisata mungkin masih terbilang baru di Indonesia. Namun di luar negeri, hal seperti ini sudah umum dijumpai. Di saat liburan musim panas misalnya, orang-orang barat banyak memanfaatkan waktu liburannya untuk berkunjung ke arena eduwisata. Eduwisata adalah penggabungan antara kegiatan wisata dan kegiatan belajar. Hal tersebut tentu sangat bermanfaat, khususnya bagi anak-anak. Bukan tanpa alasan, anak-anak selalu menginginkan pengetahuan baru, namun masalah metode pengajaran seringkali menjadi penghalang. Nah, Eduwisata merupakan salah satu jawaban yang bisa menjadi solusi dari permasalahan tersebut. selain berlibur, nilai-nilai edukasi bisa tetap diberikan melalui eduwisata ini.

Semakin cerahnya peluang usaha jasa eduwisata ini membuat para pelaku usaha ramai berbondong-bondong ingin memilikinya. Apakah kamu juga memiliki keinginan yang sama untuk manfaatkan pengembangan eduwisata? Banyak juga yang masih ragu akan prospek bisnis yang terbilang masih hijau di Indonesia ini.

Alasan mengapa harus mengembangkan usaha kreatif eduwisata

Dalam setiap pengembangan peluang usaha, hal yang pertama kali harus diperhatikan adalah bagaiman prospek bisnisnya. Hal tersebut sangat penting karena prospek bisa dijadikan bahan untuk menentukan langkah-langkah pengembangan dan inovasi bisnis. Di zaman seperti sekarang ini banyak sekali masyarakat baik individu maupun kelompok memerlukan ruang untuk melakukan kegiatan di lapangan seperti team building, dan kepemimpinan. Hal tersebut dapat dijadikan salah satu alasan yang kuat dalam pengembangan eduwisata.
Hal yang harus diperhatikan antra lain adalah Networking. Secara otomatis, dengan menjalankan bisnis eduwisata, kita dituntut untuk memperbanyak jaringan atau relasi dengan berbagai pihak, baik klien maupun para pemilik tempat. Jaringan ini sangat mutlak dibutuhkan, karena tanpa jaringan yang luas, kamu akan kesulitan dalam menegmbangkan usahamu. Hal tersebut juga bisa menjadi salah satu jalan keluar jika kamu kesulitan mengelola bisnismu sendirian. Kamu bisa memanfaatkan orang-orang yang kamu anggap memiliki kompetensi untuk bisa bergabung membangun bisnis ini.

Yang perlu kamu ketahui, eduwisata sebenarnya hanya membutuhkan modal minim. Meskipun kelihatannya membutuhkan modal yang besar baik untuk tempat, wahana dan sebagainya, hal ini ternyata masih bisa diminimkan modalnya. Namun, kamu ditintut memiliki komunikasi dan jaringan yang banyak untuk mewujudkan ini. Dengan hanya mengandalkan relasi atau networking, usaha ini sudah bisa dijalankan. Misal kita bekerjasama dengan pemilik lapangan atau tempat yang luas, dengan begitu kamu tidak harus menyiapkan lahan dari pribadimu sendiri. Namun, yang terbaik tentu saja terjalin kerjama yang baik agar usaha yang kamu jalankan tidak terhalang oleh berbagai masalah setelah dijalankan.

Eduwisata sebenarnya bisa dilakukan oleh siapa saja. Rasa minder memang seringkali dialami para pengusaha pemula. Mereka tidak yakin dengan kemampuan yang mereka miliki. Hal tersebut sebenarnya adalah sesuatu yang wajar, karena memang dibutuhkan pengalaman yang matang dalam merintis segala sesuatu. Namun kamu tidak perlu khawatir, usaha jasa eduwisata tidak memiliki kualifikasi dan keahlian khusus maupun pendidikan selangit. Asalkan ada kemauan dan niat, usaha ini dapat dijalankan. Hal yang terpenting adalah manajemen yang baik, karena pengembangan usaha mutlak membutuhkan kualitas pengelolaan yang baik jika ingin maju dan berkembang. Jika sudah memiliki niat yang mantap, kamu sudag bisa memulai peluang usaha ini menjadi salah satu bisnis kreatif yang bisa kamu lakukan. Selamat mencoba.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar