Peluang Usaha untuk Sukses Lewat Ternak Ayam Petelur

Peluang Usaha untuk Sukses Lewat Ternak Ayam Petelur

Peluang Usaha untuk Sukses Lewat Ternak Ayam Petelur

Usaha ternak merupakan salah satu cabang usaha yang sangat cocok dikembangkan di Indonesia. Sumber daya alam Indonesia membuat segala pakan ternak sangat mudah untuk dijangkau. Bisnis ini juga sangat cocok untuk kamu yang menyuakai binatang. Salah satu ternak yang tidak terlalu menyusahkan adalah ternak Ayam petelur. Apakah kamu pernah berfikir tentang bisnis ini? Mari kita ulas guys!

Ayam petelur adalah ayam-ayam betina dewasa yang dipelihara khusus untuk diambil telurnya. Asal mula ayam unggas adalah berasal dari ayam hutan dan itik liar yang ditangkap dan dipelihara serta dapat bertelur cukup banyak. Itulah yang menyebabkan selain di ambil dagingnya, Ayam juga memiliki prospek yang bagus untuk di ambil telurnya.

Mulanya, ternak ayam petelur dikarenakan karena antipati orang terhadap daging ayam ras cukup lama hingga menjelang akhir periode 1990-an. Ketika itu mulai merebak peternakan ayam broiler yang memang khusus untuk daging, sementara ayam petelur dwiguna/ayam petelur cokelat mulai menjamur pula. Disinilah masyarakat mulai sadar bahwa ayam ras mempunyai klasifikasi sebagai petelur handal dan pedaging yang enak. Semenjak saat itu, usaha ternak ayam petelur pun menjadi salah satu usaha yang dianggap sebagain orang menjadi usaha yang menjanjikan.

Mengapa harus mencoba usaha ternak ayam petelur?

Mungkin kamu masih bertanya-tanya, apakah bisnis ayam petelur ini cukup menjanjikanbatau tidak. Namun segala sesuatu tentu tidak akan memberi dampak apapun jika hanya dipikirkan. Usaha ternak ayam telah dikembangkan sangat pesat di berbagai negara, tak terkecuali Indonesia. Sentra peternakan ayam petelur sudah dijumpai di seluruh pelosok Indonesia terutama ada di Pulau Jawa dan Sumatera, tetapi peternakan ayam telah menyebar di Asia dan Afrika serta sebagian Eropa.

Bisni ayam petelur terbilang memiliki prospek yang baik karena Ayam-ayam petelur unggul sangat baik dipakai sebagai plasma nutfah untuk menghasilkan bibit yang bermutu. So, ayam ternyata memiliki kontribusi untuk dunia kesehatan kan guys? Selain itu, hasil kotoran dan limbah dari pemotongan ayam petelur juga dapat diolah dan menghasilkan uang tambahan. Kotoran ayam bisa diolah menjadi pupuk kandang yang sangat baik untuk pertanian. Dalam dimensi yang lain, kotoran ayam juga bisa dimanfaatkan untuk sumber energi (biogas) merupakan hasil samping yang dapat diolah menjadi pupuk kandang, kompos atau sumber energi (biogas). Sedangkan jeroan ayam seperti usus dijadikan sebagai pakan ternak unggas setelah dikeringkan. Jika ayam mati, sebelum membusuk bangkainya juga bisa dijadikan pakan ternak seperti lele setelah sebelumnya di panggang dan di buang bulunya. Dengan demikian, usaha ternak ayam sangat bisa diandalkan.

Pengkondisian kandang ayam

Kandang merupakan aspek yang paling penting untuk diperhatikan. Kondisi kandang yang baik tentu akan berdampak pada kualitas panen ayam kamu. Iklim kandang yang cocok untuk beternak ayam petelur antara lain meliputi persyaratan temperatur berkisar antara 32,2–35 °C, kelembaban berkisar antara 60–70%, penerangan dan atau pemanasan kandang sesuai dengan aturan yang ada. Selain itu kamu juga harus memperhatikan tata letak kandang agar mendapat sinar matahari pagi. Kamu juga harus memperhatikan sirkulasi udara agar ayam tidak stress.

Untuk kontruksi kandang, kamu tidak harus menggunakan bahan-bahan yang mahal. Hal yang paling penting diperhatikan pada kandang ayam adalah kekokohan kandang dan kebersihannya. Selain itu juga sebaiknya kamu melengkapi seluruh kebutuhan untuk mendukung terwujudnya hasil panen yang optimal, misalnya rutin untuk mengecek kesahatan ayam-ayam kamu. Dengan begitu, usaha ayam petelurmu sangat potensial untuk menjadi usaha yang menguntungkan.
Buka Komentar