Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peringatan Ads.txt dari Adsense Tidak Tanyang di Blog dengan Domain TLD

Apakah teman-teman blogger pernah medapatkan notifikasi dari adsense;

" Penghasilan Anda berisiko - Satu atau beberapa file ads.txt Anda tidak berisi ID penayang AdSense. Perbaiki masalah ini sekarang juga untuk menghindari dampak yang serius pada pendapatan Anda."

Dan saya punya pengalaman pahit terhadap hal tersebut. Mengapa tidak blog saya yang sudah saya custom dengan domain .xyz dan sudah memiliki pengunjung yang lumayan banyak. Namun, tak disangka mendapat peringatan dari adsense seperti yang diatas.

Awalnya ketika mendapat notifikasi tersebut, iklan masih tetap tayang, selang 2 hari iklanpun senyap hilang tak kelihatan dipandang mata. Kemudian, dicari-cari info di google berkaitan permasalahan tersebut. Namun, sudah dicoba melalui Dashboard blog - Preferensi penelusuran - dan sampai memasukan isi file Ads.txt di ads.txt kustom, selang 24 jam juga tak kunjung tayang iklan adsense tersebut.

Karena merasa tidak sabar, saya langsung membeli domain baru dan berniat meninggalkan domain lama, walau masih panjang umurnya. Tapi, ya... daripada iklan tidak tayang. Mending berkorban uang dan waktu.

Dan ternyata, setelah saya merubah ke domain yang baru dan meletakkan isi file ads.txt. Maka iklanpun tayang kembali.

Dari pengalaman diatas, berarti penempatan pada root domain untuk file ads.txt hanya bisa di hosting. Atau web yang memiliki hosting, sementara untuk para blogger, belum ada solusi untuk hal tersebut.

Akan tetapi, tips untuk pencegahan;

Ketika muncul notifikasi dari google adsense seperti yang diatas, maka segeralah untuk memasukkan file ads.txt, jangan sampai hilang tayangan iklannya.

Inilah screen dari tampilan permasalahan ads.txt;