7 Manfaat Air Putih untuk Kesehatan

7 Manfaat Air Putih untuk Kesehatan

7 Manfaat Air Putih untuk Kesehatan


Air putih sering sekali dianggap tidak penting dalam hal kuliner, namun dari segi kesehatan ternyata air putih memiliki peran yang sangat penting. Manfaat air putih untuk kesehatan sangatlah banyak, air putih diyakini dapat mengobati berbagai jenis penyakit, terlebih lagi untuk pencegahan. Tahukan anda apa yang menyebabkan airu putih sangat penting bagi kesehatan?.

Kita perlu mengetahui bahwa di dalam tubuh kita terdapat 70% cairan yang mana perannya sangat dibutuhkan dalam proses metabolism dalam tubuh. Manfaat air dalam tubuh tidak bisa digantikan oleh apapun, oleh karena itu pasokan air dalam tubuh harus tetap tercukupi. Cairan ini bisa didapatkan dari buah dan sayur, dan tentunya juga dengan mengkonsumsi air putih. Air putih merupakan minuman yang paling sehat jika dibandingkan dengan minuman yang lainnya, selain itu mengkonsumsi air putih juga sama sekali tidak menimbulkan efek samping.

Manfaat air putih dalam kehidupan manusia sangatlah banyak, berikut ini adalah manfaat dan peran vital air putih dalam kehidupan manusia yang selama ini tidak kita pikirkan.

1.   Penghilang Dehidrasi dan Haus.
Ini mungkin menjadi manfaat paling utama dari air putih. Dalam berkegiatan kita sering kali merasa haus karena telah banyak terjadi pembakaran kalori atau bahakan dehidrasi karena suhu udara yang sangat tinggi. Hal tersebut menyebabkan tubuh menjadi kekurangan stamina dan menjadi lemas. Oleh karena itu, air putih sangatlah penting untuk menghilangkan rasa haus dan juga mengembalikan stamina

2.   Menjaga Keseimbangan Cairan Tubuh.
Aktivitas manusia tentu akan berpengaruh terhadap cadangan cairan dalam tubuh. Seperti telah dijelaskan di atas, jumlah cairan yang ideal dalam tubuh manusia adalah sebanyak 70%. Untuk menjaga jumlah tersebut agar tidak berkurang pasca pembakaran kalori dan aktivitas gerak manusia, maka airu putih sangat dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan jumlah cairan dalam tubuh.

3.   Mengontrol Kalori dan Menurunkan Berat Badan.
Mungkin anda akan bertanya-tanya, apa kaitannya minum air putih dengan menurunkan berat badan?. Minum air putih sangat berguna untuk mengontrol porsi makan anda. Mengkonsumsi air putih sebelum makan akan membuat anda kenyang sehingga akan berdampak pada pengurangan porsi makanan. Asupan makanan yang berkurang tentu juga akan mempengaruhi berat badan. Jadi bangi anda yang berkeinginan untuk mengurangi berat badan, anda bisa mencoba untuk mempraktekkan hal ini.

4.   Meningkatkan Energi.
Mungkin kita tidak pernah menyangka bahwa sebenarnya air putih juga merupakan sumber energi. Air putih berguna untuk memberikan asupan kepada otot yang kekurangan cairan (khususnya setelah berolahraga) agar dapat bekerja kembali secara optimal. Air putih juga sangat membantu dalam proses penghlangan rasa lelah

5.   Membantu Membersihkan Racun dalam Tubuh.
Disaat sekarang ini, kita akan sangat sulit untuk menghindar dari makanan-makanan yang mengandung racun. Selain dari makanan-makanan cepat saji atau instan, makanan-makanan yang kurang sempurna dalam proses pengolahan sesungguhnya juga dapat menghasilkan racun bagi tubuh. Oleh karena itu, air putih dapat berfungsi untuk menghilangkan racun-racun yang telah diserap tubuh melalu makanan danmengeluarkannya melalui keringat dan air seni.

6.   Memperhalus Kulit
Tidak banyak yang menyangka bahwa air putih ternyata juga sangat berguna untuk menjaga kelembaban kulit. Racun-racun yang terserap dalam tubuh ternyata juga berdampak terhadap kulit. Semakin banyak jumlahnya, maka akan semakin besar pula kemungkinan racun akan dapat membuat kulit menjadi kering. Mengkonsumsi air putih dapat meningkatkan pengeluaran racun-racun tersebut sehingga dapat membuat kulit terlihat lebih segar. Selain itu, bagi anda yang selalu beraktivitas dalam ruangan ber-AC, air putih sangat penting mengingat AC juga dapat membuat kulit menjadi kering.

7.   Menjaga Kesehatan Ginjal.
Mungkin anda sering mendengar penyakit gagal ginjal. Perlu anda ketahui, salah satu penyebab dari penyakit tersebut adalah karena kurangnya pasokan air dalam tubuh. Ginjal merupakan salah satu organ yang fungsinya sangat vital. Ginjal memproses 200 liter darah setiap hari, menyaring limbah dan mengangkut urin ke saluran pengeluaran. Oleh karena itu, kekurangan air akan membuat ginjal meradang dan tantu akan menghambat dan menurunkan fungsinya.

Dari berbagai manfaat air putih yang telah dijelaskan diatas, tentu kita menginginkan agar kita dapat selalu mengkonsumsi air putih agar dapat selalu sehat dan bugar. Namun, mengkonsumsi air putih bagi sebagian orang juga agak sulit mengingat selera orang untuk mengkonsumsi sesuatu yang tidak ada rasanya merupakan hal yang sulit. Salah satu cara agar kita selalu dapat mengkonsumsi air putih sesuai kebutuhan adalah dengan membawa persediaan air putih dalam aktifitas sehari-hari.

Buka Komentar