Skip to main content

Belajar Microsoft Excel Mulai dari Rumus Sederhana

Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi yang sangat membantu kita untuk mengolah data berbentuk angka. Namun, fasilitas yang tersedia di dalam Ms. Excel membutuhkan rumus-rumus yang khusus pada setiap operasi yang ingin dijalankan. Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu sudah menguasai berberapa rumus excel? Nah jika belum mungkin beberapa rumus dibawah ini bisa membantu kamu menambah pengetahuan tentang rumus-rumus excel. Mari kita lihat sama-sama.

Tentu ada sangat banyak rumusan yang digunakan dalam excel, namun beberapa arithmetic operator dalam Ms. Excel yang paling sering digunakan antara lain: 

·      + (plus) digunakan untuk menghitung penjumlahan
·      - (minus) digunakan untuk menghitung pengurangan
·      * (kali) digunakan untuk menghitung perkalian
·      / (bagi) digunakan untuk menghitung pembagian
·      % (persen) digunakan untuk mengitung persentase
·      ^ (pangkat) digunakan untuk menghitung pangkat

Rumus-rumus diatas merupakan rumus paling sederhana dalam Ms. Excel, selain rumustersebut ada juga rumus excel yang sedikit lebih kompleks, salah satunya adalah rumus SUM.
  • Fungsi SUM
Ms. Excel memang dirancang untuk membantu pekerjaan manusia dalam mengolah angka, oleh karena itu berbagai macam operasi bilangan bisa dikerjakan dengan mudah dan efisien dengan Excel. Untuk menghemat waktu pengerjaan dengan menjumlahkan satu per satu cell, excel menyediakan fasilitas menjumlah yang lebih cepat dengan rumus SUM.

Dalam mengoperasikan rumus SUM ini, ada beberapa langkah yang harus dilakukan, yaitu;

1.   Aktif di cell tempat hasil penjumlahan akan ditampilkan
2.   Ketikkan rumus =SUM(sorot area angka yang hendak di jumlahkan) contoh =SUM(B3:B10)

Artinya ingin menjumlahkan nilai dari cell B3 hingga cell B10
Fungsi sum juga dapat diakses dengan aktif ke tab formulas > insert functions > pilih SUM (atau dengan mengetikkan SUM pada isian search for a function

Selain dengan akses ke tab formula > insert function > SUM maupun langsung mengetikkan rumusnyab pada formula bar, penjumlahan juga dapat dilakukan dengan aktif ke tab formula >  auto SUM atau dengan memilih symbol ∑ pada tab home (sama dengan auto sum)
  • Fungsi LOGIKA IF
Fungsi logika IF adalah salah satu funsi dari berbagai rumus Excel yang cukup menarik. Logika IF digunakan untuk menampilkan beberapa kemungkinan nilai/ hasil sesuai dengan kondisi tertentu.

Bentuk Umum dari fungsi IF adalah:

=IF(logical_test,[value if true],[value if false])

Bentuk Logika IF diatas biasanya digunakan untuk menjelaskan tentang nilai sesuatu dan juga keterangannya. Dengan menggunakan logika IF, orang akan lebih mudah memahami data yang disajikan.

Langkah-langkah pengerjaan perhitungan dengan menggunakan rumus IF adalah:

Tentukan kategori/ batasan untuk suatu kondisi dengan beberapa alternative kondisi. Contoh jika peserta mempunyai nilai > nilai x mendapat hadiah XXX, jika mempunyai nilai > nilai y mendapat hadiah YYY, jika tidak mencapai maka tidak mendapat hadiah

Ketikkan formula IF pada formula bar. contoh

=IF(B3>=90,”hadiah kamera”,IF(B3>=80,”hadiah foto studio + make up”,IF(B3>=70,”hadiah kenang-kenangan,” “))) kemudian enter

Dari Logika IF tersebut akan keluar data yang telah dianalisis sebagai berikut, jika seorang peserta yang memiliki nilai di cell B3 diatas atau sama dengan 90 mendapat hadiah kamera, jika nilainya 80-89 mendapat hadiah foto studio + make up, jika nilainya 70-79 mendapat hadiah kenang-kenangan, jika nilainya lebih kecil atau sama dengan 69 tidak mendapat apapun.

Rumus IF juga dapat ditampilkan dengan aktif di tab formulas > insert function > ketikkan IF pada seach for a formula > OK.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar