Skip to main content

Destinasi Wisata Aceh yang Akan Bikin Hati Kamu Meleleh

Peliknya kehidupan dengan aktivitas kerja sehari-hari tentu akan mendorong hasrat untuk berlibur. Tak sedikit para pekerja memilih berlibur keluar negeri untuk mengisi waktu liburannya. Tapi, jika dalam negeri telah menyajikan tempat wisata yang tak kalah indahnya, kenapa harus liburan jauh-jauh dan mahal keluar negeri? Kenapa tidak berkunjung saja ke Aceh? Alam Aceh terkenal indah khususnya dengan pantai-pantai cantiknya yang diapit oleh kedua Samudera Hindia dan Selat Malaka. Keindahan pantai-pantai aceh ini tak jarang sekan terus memanggil-manggil kamu untuk kembali lo guys. Aceh tidak hanya memiliki pantai, ada banyak tempat-tempat lainnya yang juga menarik dikunjungi dan pastinya akan dapat mengisi ruang hatimu yang sedang sumpek.

Jika di bandingkan dengan obyek wisata di kota-kota lain di Indonesai, obyek wisata Aceh tidak kalah menarik. Walau Aceh masih menyimpan kenangan sejarah kelam Tsunami, Aceh tetap mampu bersaing dengan daerah-daerah lain di Indonesia dalam industry Pariwisata. Anehnya, kenanagn Tsunami justru semakin menambah daya tarik para wisatawan untuk bisa mengenal Aceh lebih dekat dan dalam. Berikut merupakan beberapa destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi jika kamu singgah di Aceh.
1.   Pantai Lampuuk

Pantai lampuuk terkenal dengan pasir pantainya yang putih lembut dan air lautnya yang terlihat sangat jernih. Air yang jernih itu memantulkan warna langit yang bitu terang sehingga terlihat sangat eksotis dan menawan. Pantai Lampuuk di klaim mririp dengan tempat wisata di Kuta Bali, tapi Aceh tentu saja memiliki ciri yang berbeda. Mungkin hal tersebut dikarenakan Aceh yang sangat kental dengan tradisi Islam. pantai ini menyediakan fasilitas untuk berselancar dan bermain banana boat, dan tentu masih banyak lagi fasilitas-fasilitas permaitan pantai yang tidak bisa disebutkan satu-persatu.
2.   Pantai Ulee Lheue
Pantai ini menyajikan sesuatu yang unik jika dibandingkan dengan objek wisata pantai lainnya. Pantai Ulee Lheue sangat cocok untuk kamu yang hobi mancing. Sebagai fasilitas pendukung penyaluran hobi memancing, pantai ini menyediakan jasa penyewaan peralaan pancing, bahkan juga ada jasa penyewaan perahu untuk memancing ke tengah laut. Yang tak kalah serunya, kamu bisa melihat pemandangan sunset di sepanjang pinggiran pantai. Pantai ini sangat mudah dijangkau karena letaknya yang terbilang cukup dekat dari pusat kota Banda Aceh, tepatnya berada di kecamatan Meuraxa.
3.   Museum Tsunami

Museum ini dapat dikatakan menjadi tempat yang wajib dikunjungi jika kamu berada di kota Banda Aceh. Museum ini dibangun untuk mengenang dan menghormati para korban bencana Tsunami yang terjadi pada tahun 2004 silam. Tempat wisata ini didirikan sejak tahun 2009 bertempat Jl Sultan Iskandar Muda, Kota Banda Aceh. Museum dengan arsitektur menarik ini dilengkapi sarana audio berupa gemuruh ombak dan air yang mengucur, mirip suara saat tsunami datang menerjang. Menarik bukan?

Museum ini selalu dikunjungi khususnya oleh wisatawan mancanegara yang penasaran dengan Tsunami Aceh dan ingin melihat apa saja yang tersisa dari gelombang tsunami yang lalu. Selain mengoleksi benda-benda yang merupakan sisa bencana Tsunami, kamu juga bisa melihat beberapa foto kerusakan akibat tsunami dan beberapa kisah korban yang selamat dari musibah tersebut.

4.   Masjid Raya Baiturahman

Masjid baiturrahman merupakan masjid kebanggan rakyat Aceh. Masjid yang dibangun oleh Sultan Iskandar Muda pada tahun 1612 ini merupakan salah satu ikon dari Kota Banda Aceh yang paling dikenali oleh masyarakat umum. Bangunan yang memiliki dominan warna putih dengan kubah hitam nya yang besar dan dikelilingi oleh tujuh menara ini rasanya harus dikunjungi saat mampir ke Banda Aceh. Bahkan saat bencana tsunami tempo lalu, banyak bangunan yang runtuh disekitar Masjid tersebut, tetapi masjid ini tetap berdiri kokoh pada saat air tsunami menerjang Banda Aceh. Hal tersebut menyedot cukup banyak perhatian masyarakat dunia karena terlihat begitu gagah diantara puing-puing sisa bangunan dampak hantaman Tsunami. Yang tidak kalah menarik, Masjid Raya Baiturrahman ini juga masuk dalam daftar 100 masjid terindah di dunia.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar