Atur Keuangan, Pilih Kredit atau Tunai dalam Membeli Mobil

Atur Keuangan, Pilih Kredit atau Tunai dalam Membeli Mobil

Atur Keuangan, Pilih Kredit atau Tunai dalam Membeli Mobil

Di saat kehidupan semakin kompleks, terutama dalam gaya hidup. Terkadang berdampak pada gengsi yang ingin ditampilkan dalam kehidupan bermasyarakat. Gengsi yang ditunjukkan juga akan tergantung seberapa besar uang yang dimiliki, sebab jangan sampai membuat kantong kering cuma hanya ingin mendapatkan respon orang lain, yang sebenarnya selalu memiliki dampak yang tidak terlalu baik, bahkan membebani pundak kehidupan yang seharusnya selalu disyukuri.

Pada masa sekarang ini, kendaran merupakan aset rill yang dapat dilihat orang lain dengan mudah, sehingga berperan untuk respon dari orang lain. Sehingga, tentu banyak orang yang ingin memperolehnya.

Kendaraan seperti, mobil atau sepeda motor adalah sesuatu kendaraan yang lumrah dimiliki oleh semua orang. Sebab, itu hal yang biasa saja di era abad 21 ini, berbeda bila dibandingkan dengan era 80 an.

Namun, walau begitu, tetap saja harus memperhitungkan dari segi keuangan dan juga kebutuhan yang benar-benar diprioritaskan dalam kehidupan. Karena, akan berdampak tidak baik pada keuangan sendiri, yang hanya ingin memuaskan diri semata dengan pengaruh yang kuat terhadap respon dari orang lain.

Perlu sebuah pertimbangan dalam mengatur keuangan, setidaknya hal ini akan membuat diri selalu nyaman dengan kehidupan tanpa ada rasa beban untuk memenuhi gengsi kehidupan. Apalagi jika, sudah berkeluarga. Tentunya keuangan harus diatur dengan sedemikian rupa, supaya tidak bobol kedepannya.

Berikut ini pertimbangan-pertimbangan dalam mengatur keuangan, untuk membeli sebuah kendaran terkhusus mobil, sebaiknya kredit atau tunai;

1.   Pertimbangkan gaji bulanan/pendapatan lainnya
Apabila gaji bulanan masih tersisa sekitar 40%, setelah dikurangi dari kebutuhan primer, maka bisa 20% sisa tersebut dialokasikan untuk membeli mobil. Terkecuali apabila mobil merupakan kebutuhan juga dalam mendukung bisnis atau pekerjaan, bila demikian maka bisa 40% dialokasikan semuanya, tapi jika hanya untuk memenuhi gengsi saya maka cukuplah 20%, sisa yang 20% untuk dialokasikan ke investasi.

Jadi apa yang sebaiknya dilakukan, jika memang kebutuhan mobil mendesak maka silahkan untuk kredit mobil tersebut, dengan catatan tidak lebih dari 20% gaji dan pendapatan lainnya untuk pembayaran kredit mobil tersebut. Misalnya, perbulan dari gaji/pendapatan lainnya sebesar 10 juta, maka 2 juta (20% x 10 juta) inilah yang dialokasikan untuk membayar kredit tersebut. Jangan sampai terlalu memaksakan keuangan yang akan mengakibatkan bobol, biarkan saja pembayaran angsurannya lama, tapi yang terpenting keuangan tetap berjalan dengan lancar.

Namun, jika mobil hanya sebagi gengsi saja. Maka sebaiknya, uang yang 20% itu ditabung saja (diinvestasikan) untuk mempercepat tabungan pembelian mobil. Rekomendasi yang sangat dianjurkan untuk berinvestasi masa kini adalah DDKOIN. Baca:Bisnis Crypto/Koin Terdasyat Mulai 2018

2.   Pertimbangan Investasi
Apabila dalam pembelian mobil bertujuan untuk penyimpanan aset, maka janganlah lakukan pembelian, apalagi sampai kredit segala. Pembelian mobil dengan tujuan berinvestasi merupakan pemikiran yang salah, sebab nilai dari mobil akan terus mengalami penyusutan. Berbeda halnya dengan sebuah investasi, yang nilai aset terus akan bertambah dari waktu ke waktu.

Tapi, jika memiliki hobi atau kerjaan sampingan sebagai agen, maka hal ini boleh-boleh saja untuk pembelian aset sementara. Setelah ada pembeli, maka mobil tersebut dapat dijual untuk mendapatkan keuntungan dari selisih harga beli dengan harga jual.

3.   Pertimbangan lingkungan
a.    Lingkungan padat penduduk
Apabila bertempat tinggal di lingkungan penduduk yang padat bahkan mobil yang ada hampir disetiap rumah, maka perlu untuk dipertimbangkan kembali membeli mobil baik kredit ataupun tunai. Sebab, nantinya kenikmatan berkendara akan hilang digerus oleh kemacetan jalan.
b.    Lingkungan Ber-Abu
Apabila hidup ditengah-tengah lingkungan yang ber-abu, maka pertimbangan membeli mobil baik kredit atau tunai sangat dianjurkan. Sebab udah yang kotor atau lingkungan yang tidak bersih akan mengakibatkan hal yang berdampak lebih buruk

c.    Lingkungan yang standard
Dilingkungan ini maka pilihan ada pada tangan masing-masing. Boleh kredit atau beli tunai. Namun, anjuran tidak membeli mobil lebih dianjurkan, sebab akan membuat lingkungan akan semakin nyaman.
Buka Komentar