Cara Menghasilkan Uang Dari Blog dengan Menciptakan Jasa atau Layanan Sendiri

Dengan mempunyai sebuah blog yang memiliki pengunjung banyak berarti Anda telah mempunyai suatu komunitas online, di mana komunitas merupakan bahan baku dari bisnis internet apa pun. Biasanya dari blog akan terbentuk suatu suatu komunitas yang mempunyai ciri khas tertentu.

Contoh kasusnya seperti ini, misalnya si A mempunyai sebuah blog tentang tip dan trik tentang paid to review, di sana dijelaskan tentang segala seluk-beluk paid to review. Maka sudah dapat dipastikan sebagian besar orang yang datang ke blog ini adalah orang yang ingin berusaha dalam bidang paid to review. Karena itu, sebagai pemilik blog si A sudah tahu apa yang dibutuhkan oleh orang yang ingin memulai bisnis ini. Salah satu yang pasti dibutuhkan adalah domain yang sudah ber-PR. Minimal memiliki PR (Page Rank)-2. Selanjutnya, si A membuka suatu usaha penjualan domain yang ber-PR dengan target pembeli yang sudah terbentuk, yaitu komunitas pembaca blognya.

Contoh lainnya misalnya blog Anda berisi postingan tentang tip dan tutorial blogger, di sana Anda menjelaskan segala seluk-beluk dalam membuat blog, desainnya, script, template, sampai aksesoris blog lainnya. Karena itu, suatu kesempatan besar bagi Anda untuk membuka sebuah jasa pembuatan blog, desain ataupun perbaikan blog. Contoh di atas adalah sebuah contoh bagaimana memanfaatkan sebuah blog untuk menjual sesuatu yang memang dibutuhkan oleh pembaca blog Anda.

Suatu yang sangat penting bila Anda memang ingin mencipta kan layanan khusus adalah suatu fokus dan keseriusan. Semuanya hendaknya sempurna, mulai cara penawaran, produk, sampai garansi. Jangan ada kesan bahwa Anda hanya sedang coba-coba.

Banyak sekali layanan khusus yang dapat Anda ciptakan melalui blog. Inovasi dan kreativitas Anda adalah kuncinya. Kita boleh saja mencontoh suatu bisnis yang telah ada, tetapi inovasi tetap sangat menentukan berhasil atau tidaknya bisnis kita. Berikut ini beberapa contoh layanan khusus yang dapat Anda ciptakan:

1. Menjadi Reseller Domain

Misalnya, Anda memiliki blog yang membahas tema tentang d suatu bisnis internet yang membutuhkan pembelian domain yang banyak misalnya: domain parking, paid to review, ataupun blogging for money, maka Anda patut memikirkan untuk menjadi seorang penjual domain ataupun dapat disebut reseller domain. Daripada pembaca blog Anda harus mencari-cari lagi ke sana-sini tempat mencari domain, apa salahnya Anda membantu mereka menemukannya dengan lebih mudah melalui blog Anda sendiri. Apalagi jika pelayanan Anda baik dan memuaskan.

Menjadi reseller domain merupakan salah satu cara untuk mendapatkan sedikit uang, dengan modal minimal. Anda dapat menggunakan subdomain Anda untuk bisnis reseller domain ini.

Misalnya domain.namablogAnda dot com. Untuk menjadi reseller domain, Anda dapat mencari di Google dengan kata kunci "menjadi reseller domain" baik di pencarian web maupun pencarian blog. Silakan mendaftar dan gunakan subdomain tadi sebagai alamat toko domain Anda. Lalu beritahukan kepada pengunjung blog Anda bahwa mereka dapat membeli domain melalui Anda di alamat tersebut.

2. Penjual Domain Ber-PR

Apakah blog Anda berisi tutorial ataupun tip tentang Moneytizing webnya dengan program paid to review, Link Ads, dan program lainnya yang membutuhkan domain dengan PR tertentu? Jika Ya, maka menjual domain ber-PR yang sangat dibutuhkan bagi program-program tersebut adalah hal yang layak dijadikan pilihan. Untuk menjadikan suatu domain ber PR mungkin butuh yang cukup lama, skill tertentu, dan butuh usaha yang tidak sedikit. Oleh karena itu, jika Anda memiliki suatu keahlian dalam meningkatkan PR suatu domain, bukalah usaha ini dan dapatkan keuntungan mencapai sekitar 5 kali lipat dari modal awal domain.

Banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk menjadikan domain memiliki PR yang tinggi.

Adapun cara-cara meningkatkan PR suatu domain antara lain:

A. Memperbanyak Backlink ke domain tersebut

Secara prinsip tinggi rendah PR menunjukkan tingkat pentingnya suatu domain maupun webnya di mata Search Engine (Google). Semakin penting suatu website, semakin tinggi pula PR web tersebut. Pentingnya suatu web dapat ditunjukkan dari banyaknya link dari web lain yang menuju

B. Teknik Forged Pagerank

Forged Pagerank berarti pagerank yang dimiliki oleh domain tersebut bukan pagerank yang sebenarnya (pagerank palsu). Biasanya forged pagerank dapat didapatkan karena domain dengan forged PR tersebut pernah di-redirect ke suatu domain website dengan pagerank yang tinggi selama beberapa bulan. Selanjutnya, PR website tersebut akan mengikuti ke domain yang di-redirect tadi. Harga domain forged biasanya lebih rendah dari domain dengan PR yang didapat melalui proses 'alami' (backlink).

3. Jasa Pembuatan Blog dengan AdSense ready

Setiap orang tentü ingin memiliki blog dengan AdSense jika mengetahui potensi pendapatan yang dapat diperoleh. Namun, sebagian orang masih bingung dan tidak mengerti bagaimana membuat sebuah blog dan memasang AdSense di dalamnya.

Di sinilah kesempatan bagi Anda yang mahir membuat blog (blogspot maupun Wordpress berbayar). Bagi Anda yang sudah terbiasa membuat blog gratisan maupun berbayar, tentunya membuat sebuah blog bukan hal yang asing lagi dan mungkin sangat gampang. Sekarang sudah saatnya Anda menggunakan kemampuan ini untuk membuat suatu jasa pelayanan pembuatan blog lengkap dengan artikel, AdSense beserta program monetisasi lainnya (dengan pemesan sebagai pemilik accountnya), SEO, layanan desain sampai nama domain yang sudah berPR. Semua layanan itü dapat Anda buat suatu paket dan dapat Anda tentukan sendiri harganya. Buatlah harga paket dari yang termurah hingga paket yang termahal agar pemesan blog memiliki ruang pilih yang lebar. Contoh web yang sudah menjalankan usaha ini misalnya DuitGoogle dot com.

4. Jasa Pembuatan Banner

Sangat banyak orang yang tidak dapat, tidak punya waktu ataupun malas dalam merancang sebuah banner. Padahal banner adalah hal yang cukup dominan dalam promosi bisnis internet. Jika Anda hobi dan punya skill dalam otak-atik desain banner, maka ini adalah peluang Anda. Buatlah suatu jasa pembuatan banner. Rancanglah iklan-iklan banner dengan desain modern jika perlu maksimalkan flash dan suaranya. Buatlah kesan eksklusif dari setiap banner yang Anda buat.

Mengapa orang selalu membutuhkan desain banner yang baru? Iklan banner mungkin bentuk iklan paling populer di web clan rata-rata banner yang digunakan dalam suatu kata kunci search engine hanya berguna selama 2-8 minggu sebelum rasio clickthrough-nya mulai turun. Rata-rata tiap orang selalu memerIukan iklan-iklan banner baru. Ini adalah peluang Anda menciptakan penghasilan jangka panjang dari para klien yang sama yang kembali ke Anda terus-menerus.

Kunci mengerjakan banner adalah menemukan alat-alat yang tepat (saya anjurkan Anda memulai dengan Fireworks yang dapat Anda temukan di download dot com). Anda dapat belajar dari banner-banner yang memiliki rasio klik yang tinggi, Ialu kembangkan kemampuan Anda dengan melatih dan menguji desain-desain berbeda.

5. Jasa SEO

Jika blog Anda berisi tip dan tutorial SEO, maka tepat jika Anda membuka jasa SEO terutama bagi pembaca blog Anda Ceritakan pada pembaca lain melalui postingan Anda bahwa Anda telah berhasil melakukan optimasi pada situs X dan mintalah si pemilik situs memberikan testimoninya. Dijamin ini akan menjadi magnet bagi pembaca lain untuk ikut menggunakan jasa SEO Anda.

6. Jasa Download

Banyak orang ingin men-download sesuatu di internet, tetapi mereka tidak tahu caranya atau mereka memang tidak memiliki waktu. Tentu ini peluang lagi bagi Anda. Jangan ragu untuk membuka layanan download. Katakan melalui sebuah postingan di blog Anda bahwa Anda membuka layanan download sesuai dengan permintaan klien. Jadi, klien cukup mengirimkan link download, kemudian Anda tinggal men-downloadnya. Jika perlu buatlah blog yang khusus tentang jasa download ini atau masukkan penawaran Anda ke forum-forum yang ramai dikunjungi. Untuk melihat dan mempelajari beberapa jasa download yang sudah ada.

7. Jasa Desain Blog dan Jasa Perbaikan Blog

Ketika saya masuk ke blog-blog tentang tutorial ataupun tip-tip tentang blog, saya tidak habis pikir, mengapa masih sangat jarang penulis (yang tentunya ahli dalam pembuatan dan perbaikan blog) yang membuka diri untuk menawarkan skillnya tersebut? Padahal tidak semua orang dapat menjalankan tutorial yang ia berikan. Ataupun jika dapat, tidak semua memiliki waktu yang cukup.

Tentu akan lebih baik jika selain membuat tutorial dan tip tentang blog, pemilik situs ini juga membuka layanan-layanan seputar blog. Selain dapat membantu orang lain, usaha ini juga akan menjadi sumber penghasilan yang lumayan besar asalkan dapat dikelola dengan profesional.

8. Jasa Press Release Internet

Anda pernah membaca suatu artikel di koran atau majalah tentang suatu website? Inilah yang sering diartikan sebagai press release. Press Release ini akan membahas suatu website dalam suatu artikel surat kabar. Press Release merupakan suatu aspek periklanan online yang terkesampingkan oleh mayoritas pemilik website. Padahal satu artikel dalam suatu majalah atau koran besar harian dapat jadi akan lebih banyak berpengaruh untuk menaikkan trafik web Anda daripada iklan online selama setahun. Namun, kunci untuk membuat ini adalah menjadikan dulu website yang akan dibahas menjadi suatu web yang layak untuk diberitakan. Press release tidak hanya suatu surat penjualan ataupun kata promosi tapi harus memberikan suatu manfaat bagi para pembaca surat kabar.

Menjadi Agen Press Release adalah suatu pilihan yang layak Anda pertimbangkan. Sebagai seorang agen press release internet, Anda dapat menjadi orang yang menulis rilis-rilis suatu web dan mengirimnya via email surat kabar atau media massa terkenal di tempat Anda. Untuk memulai bisnis ini, Anda perlu belajar segala yang Anda dapat tentang mengerjakan press release dan lalu mulai mengumpulkan nama-nama dan alamat-alamat email dari media surat kabar terbaik di daerah ataupun nasional. Jika Anda dapat memiliki hubungan yang lebih khusus dengan para redakturnya itu akan lebih baik.

9. Jasa Copy Writing

Copywriting adalah menulis suatu tulisan secara persuasif dengan tujuan mencapai penjualan suatu produk atau jasa. Secara etimologi, copywriting terdiri dari 2 kata, yaitu copy dan Writing. Copy dapat berarti meniru, duplikat, iklan, ataupun naskah. Writing berarti menulis. Jadi, jika Anda menulis suatu tulisan baik panjang ataupun pendek dalam bentuk artikel, brosur, iklan, iklan baris, atau lainnya secara persuasif dengan tujuan menjual sesuatu, maka itu dapat disebut Copywriting. Copywriting identik sekali dengan kata-kata ataupun kalimat yang dapat merayu calon pembeli untuk membeli suatu produk.

Di dunia SEO ataupun internet marketing, ada sebuah istilah SEO copywriting, yaitu suatu kegiatan copywriting yang dapat meningkatkan posisi situs Anda dalam hasil pencarian search engine. Dalam sebuah website copywriting adalah tulisantulisan di website yang dapat membuat pembaca melakukan tindakan tertentu (membeli, men-download, mengklik, dan lain-lain). Sales Copy adalah komponen paling penting di dalam proses penjualan bisnis online, karena pada bagian inilah, pengunjung website akan memutuskan apakah mereka akan memberikan uangnya atau pergi meninggalkan website Anda.

Sales writing adalah suatu skill yang tidak dimiliki setiap orang. Mungkin setiap orang dapat belajar, tetapi tentu ini butuh proses dan waktu. Bagi Anda yang sudah lama berkecimpung dalam dunia copywriting tentu sudah mengenal alur dan pola yang harus dilakukan. Mulai dari survei, menentukan headline, sampai ke pemilihan kata-kata tepat. Membuat Sales writing mungkin sudah hal yang biasa dan mudah Anda lakukan. Oleh karena itu, tentu sangat terbuka peluang bagi Anda untuk membuka jasa copywriting. Buatlah sebuah situs ataupun blog untuk menawarkan jasa ini, sertakan bukti-bukti sales writing yang telah Anda buat dan tentukan harganya. Berikan garansi agar calon klien Anda tenang.

10. Jasa Penyewaan Blog untuk Pendaftaran AdSense

Idenya adalah jasa penyewaan blog berbahasa Inggris, untuk pendaftaran AdSense. Jika seseorang ingin mendaftar Google AdSense, tetapi belum memiliki blog berbahasa Inggris (dengan 5-10 posting), Anda dapat menyewakan blog berisi 5 sampai 10 posting Bahasa Inggris milik Anda kepada para calon penerbit AdSense tersebut. Blog ini memang dirancang untuk disewakan sehingga Anda tidak perlu khawatir pendapatan AdSense Anda sendiri akan berkurang. Membuat blog inipun cukup mudah, Anda dapat membuatnya dengan menggunakan platform blogger yang tentunya gratis.

Baca juga: Hasilkan Uang Dari Blog dengan Menciptakan Produk Sendiri

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel