Elemen-Elemen Laporan Keuangan Dalam Teori Akuntansi

Elemen-Elemen Laporan Keuangan Dalam Teori Akuntansi

Elemen-Elemen Laporan Keuangan Dalam Teori Akuntansi

Elemen laporan keungan bisa diidentikkan dengan "blok bangunan", dalam mana laporan keungan harus disusun, diklarifikasikan menurut kelompok utamanya. Pos-pos tertentu dan masing-masing kelompok utama tersebut, mewakili berbagai sumber perusahan, klaim atas sumber kewajiban, serta pengaruh transaksi dan kejadian lainnya yang menimbulkan perubahan.
Sepuluh elemen dasar (basic elements) laporan keungan terdiri dari : (1) aktiva (assets), (2) kewajiban (liabilities), (3) ekuitas (equity), (4) investasi oleh pemilik (invesment  owners), (5) distribusi kepada pemilik (distribution to owners), (6) laba komprehenyif (comprehensive income), (7) pendapatan (revenues), (8) beban (expences), (9) keuntungan (gains) dan (10) kerugian (loses), dengan perumusannya sebagai berikut :

1. Aktiva

Merupakan, manfaat ekonomi yang dapat diperoleh pada masa akan datang atau penguasaan / pemilikan ekonomi oleh entitas tertentu sebagai hasil dari transaksi dan kejadian waktu lampau.

2. Kewajiban 

Merupakan, pengorbanan manfaat ekonomi yang bisa terjadi pada masa yang akan datang, yang timbul dari kewajiban tertentu pada saat ini, dengan menyerahkan aktiva atau jasa kepada entitas lain pada masa yang akan datang, sebagai akibat adanya transaksi dan kejadian waktu lampau.

3. Ekuitas

Ekuitas atau aktiva bersih merupakan sisa kepentingan atau hak atas aktiva suatu entitas sesudah dikurangi dengan kewajibannya.

4. Investasi oleh Pemilik

Adalah, kenaikan ekuitas yang berasal dari transfer sesuatu yang bernilai dari pemilik atau dari entitas lain untuk memperoleh atau menambah hak pemilikan atau ekuitasnya pada perusahaan. Secara umum, aktiva merupakan bentuk yang lazim diterima sebagai investasi, akan tetapi dapat juga dalam bentuk jasa, atau kepuasan tertentu, ataupun konversi atas kewjiban perusahaan.

5. Distribusi kepada Pemilik

Merupakan, penurunan ekuitas sebagai akibat adanya transfer aktiva, pemberian jasa, atau pelunasan kewajiban oleh perusahaan kepada pemilik. Distribusi kepada pemilik mengurangi hak pemilikan atau ekuitasnya pada perusahaan.

6. Laba Komprehensif

Merupakan, perubahan ekuitas perusahaan dalam suatu periode, yang diakibatkan oleh seluruh transaksi dan kejadian diluar yang berhubungan dengan sumber-sumber dari pemilik. Hal ini, mencakup keseluruhan perubahan ekuitas dalam suatu periode, kecuali berasal dari investasi dan distibusinya dari dan kepada pemilik.

7. Pendapatan

Merupakan, setiap aliran masuk atau pertambahan aktiva kedalam perusahaan, atau penyelesain kewajiban, ataupun kombinasi dari keduanya yang terjadi melalui  pengiriman barang atau dihasilkan barang, pemberian jasa atau aktivitas Iainnya yang merupakan operasi pokok perusahaan.

8. Beban

Merupakan, setiap aliran keluar atau penggunaan aktiva, atau timbulnya kewajiban ataupun kombinasi keduanya, dalam pengiriman barang atau dihasilkan barang, pemberian jasa, atau aktivitas Iainnya dari operasi pokok perusahaan.

9. Keuntungan

Merupakan, kenaikan ekuitas yang berasal dari transaksi yang bersifat insidentil atau jarang terjadi, serta semua transaksi dan kejadian Iain yang mempengaruhi .perusahaan, kecuali berasal dari pendapatan (revenue) dan investasi dari pemilik. 

10. Kerugian

Merupakan, penurunan ekuitas karena adanya transaksi bersifat insidentil atau jarang terjadi, serta semua transaksi dan kejadian Iain yang mempengaruhi perusahaan, kecuali berasal dari timbulnya beban (expense) dan distibusi kepada pemilik.

Buka Komentar