Skip to main content

Hasilkan Uang Dari Blog dengan Menciptakan Produk Sendiri

1. Memberikan/Menjual Merchandising

Bila Anda merupakan blogger yang dicintai dan mempunyai banyak pembaca setia, kemungkinan besar para pembaca akan memberikan dukungan kepada Anda dengan memakai sesuatu (seperti baju, tas, alas, dan barang lainnya) yang memajang logo dan alamat blog Anda. Mereka melakukan ini sebagai bentuk dukungan terhadap blog Anda maupun untuk menunjukkan bahwa mereka merupakan pembaca blog Anda. Berikan apa yang mereka mau dan cobalah menghasilkan uang dengan menjual barang-barang tersebut. Buatlah suatu toko online sederhana yang memajang gambar dan harga merchandising tersebut di blog Anda.

2. Mencetak Buku Terbitan Sendiri

Saya sering sekali mengunjungi suatu blog di mana postingannya sangat layak dijadikan sebuah buku. Membuat buku yang sumber utamanya adalah postingan blog dengan sedikit pengembangan merupakan solusi supaya menghasilkan pendapatan pasif. Misalnya buku Anda diterbitkan dan beredar dengan harga Rp.60.000,00, jika royaltinya 10% maka Anda akan mendapat Rp.6.000,00 per bukunya. Anggaplah dałam 6 bulan terjual 10.000 eksemplar, maka pendapatan Anda telah mencapai Rp.60.000.000 atau katakanlah Rp.10.000.000 per bulannya. Sekarang bandingkan dengan program Moneytizing yang Anda pasang di blog Anda, apakah dapat menghasilkan uang sebanyak iłu? Tugas Anda selanjutnya yaitu tinggal berjalan-jalan ke toko buku dan memilih penerbit di mana buku Anda akan diterbitkan nanti. Datanglah langsung ke kantornya atau cukup menelepon penerbit tersebut. Katakan bahwa Anda memiliki suatu tulisan yang ingin diterbitkan. Percaya dirilah, jangan minder sebelum mencoba. Lalu sesudah buku terbit, beritahukan pada pengunjung blog Anda bahwa buku Anda telah beredar di pasaran.

3. Tampil dalam sebuah Seminar

Menjadi seorang pembicara di seminar adalah suatu peluang penghasilan bagi seorang blogger. Telah banyak blogger Indonesia  yang juga berprofesi sebagai pembicara dałam seminar-seminar yang berkaitan dengan materi blognya. Misalnya seorang blogger tentang internet marketing, maka ia mengisi seminar tentang internet marketing pula. Berdasarkan pengalaman saya mengisi beberapa seminar hasilnya cukup lumayan dan apabila digali dengan maksimal sebenarnya dapat menjadi suatu penghasilan yang menjanjikan. Hanya saja saya di sini diundang bukan sebagai seorang blogger, akan tetapi sebagai pengamat dan praktisi dałam beberapa bisnis internet.

Dałam sebuah seminar, seorang blogger bisa hanya menjadi pembicara dan tidak berkecimpung sama sekali dengan acaranya (event organizernya). la hanya diundang oleh pemilik acara dan menjadi pembicara dengan tema Yang telah ditentukan.

Biasanya ia akan memperoleh fee sebagai pembicara. Jumlahnya tergantung besar-kecilnya seminar, kualitas pembicara, dan lain-lain. Harga berkisar antara Rp.200.000,00 s.d Rp.4.000.000,00 dalam sekali tampil.

Namun ada juga blogger yang telah lebih jeli dalam melihat peluang bisnis seminar ini. Ia tahu potensinya dan ia menggali lebih dalam. Ia tidak hanya menjadi pembicara, melainkan lebih dari itu yaitu dengan membentuk sebuah event organizer sendiri. Ia mendirikan manajemen khusus dalam mengelola acara-acara bisnisnya. Tentu dengan cara ini ia akan memperoleh keuntungan yang lebih besar. Jika seminarnya sukses keuntungan dapat mencapai belasan hingga puluhan juta rupiah.

Sekarang kembali kepada Anda sendiri sebagai seorang blogger mau memutuskan hanya sebagai pembicara atau membangun EO sendiri. Tentunya Anda harus berani untuk memulainya.

4. Menjual File Yang Dipunyai

Sebagai seorang blogger, Anda juga mempunyai kesempatan untuk menjual file-file yang Anda punyai untuk pembaca Anda dalam bentuk hard disk ataupun kepingan CD/DVD (Konten Hard Copy). Misalkan saya memiliki blog seputar pendidikan dokter dengan ciri postingan mengenai kiat-kiat belajar seorang mahasiswa kedokteran. Sebagai mahasiswa kedokteran tentunya saya mempunyai berbagai e-book, bahan kuliah, dan file-file lainnya untuk penunjang pendidikan tersebut. Daripada semua itu tersimpan begitu saja di dalam komputer, akan lebih bermanfaat bila semua file tersebut saya tulis di blog dan membuka kesempatan bagi yang mau membeli untuk memesan kepada saya. Apabila ada yang mau membeli file tersebut tinggal memilih apakah mau dipindahkan ke bentuk CD/DVD, flash disk, atau hard disk eksternal, kemudian dikirim ke alamat si pemesan. Tentu saja si pemesan harus membayar sejumlah biaya supaya barang-barang tersebut ditambah biaya untuk jasa Anda.

5. Menjual Produk/Jasa yang Unik

Blog Anda merupakan forum terbaik dalam memasarkan bisnis Anda. Dengan blog Anda mampu mengedukasi pembaca Anda dengan lebih jelas detail dan dalam hubungan emosi yang lebih dekat. Anda sangat mungkin menjual produk/jasa yang unik, pertama di pasaran dan tidak ada saingannya. Sebuah blog merupakan kesempatan besar dalam mengembangkan bisnis dengan menjadi komunikasi pribadi antara Anda dengan klien. Dengan menempatkan diri Anda sebagai orang yang bersahabat, bisnis Anda akan menjadi lebih mudah didekati. Sebagai Pemiliki mesti memberikan informasi dan edukasi tentang keuntungan membeli produk yang kita jual, sekaligus memberikan layanan buat yang ingin membeli.

6. Menjual Blog yang Dimiliki

Jika Anda sudah bekerja keras membentuk blog Anda dan mempunyai statistik yang bagus, dapatkan banyak uang secara sekaligus dengan cara menjual blog tersebut. Untuk menjual blog yang dimiliki, buatlah sebuah postingan terakhir yang menyatakan bahwa blog Anda akan dijual. Sertakan data dan alasan mengapa blog tersebut akan sangat menguntungkan bila dibeli. Anda juga dapat membuka sistem lelang terbuka ataupun tertutup di mana Anda memberikan suatu harga pembuka. Surat penawaran bisa dikirim ke email Anda dalam jangka waktu tertentu dan Anda dapat memilih penawaran terbaik sebagai pemenangnya. Selain dengan cara itu Anda juga dapat menjualnya melalui forum lelang atau situs lelang dalam atau luar negeri. Dalam hal ini Anda dapat mempromosikan blog tersebut di P-Store.net, Flippa.com, JualBeliBlog.com, ads.id, dll.

7. Menjadi Penulis di Surd Kabar

Ikutkanlah kemampuan blogging Anda kepada dunia yang lebih nyata dengan menjadi kolumnis pada koran atau majalah. Kemampuan menulis Anda sebagai blogger akan menjadi lebih teruji dengan mencoba untuk menjadi penulis di surat kabar. Carilah surat kabar daerah maupun nasional dan kirimkan tulisan Anda. Setiap surat kabar membuka dirinya untuk menerima tulisan dan opini dari masyarakat. Anda dapat datang langsung ke kantornya ataupun mengirimkannya melalui email. Tunjukkan dan katakan bahwa Anda merupakan pemilik suatu blog. Hal ini mungkin akan membantu bila blog Anda memang bagus. Syaratnya Anda harus percaya diri untuk memasukkan tulisan Anda dan mulailah dari surat kabar yang paling besar. Bila ditolak, turun secara bertahap ke surat kabar yang lebih kecil. Dengan menjadi penulis Anda akan memperoleh penghasilan berupa honor dari surat kabar yang bersangkutan. Selain itu, blog Anda tentu akan lebih terkenal karena di setiap tulisan di surat kabar Anda dapat menambahkan alamat blog sesudah nama Anda.

8. Memberikan Jasa Konsultasi

Apabila Anda merupakan seorang blogger yang sukses, Anda mungkin mempunyai banyak informasi untuk dibagikan, terutama tentang suatu bidang yang Anda kuasai. Jadilah konsultan freelance dan buatlah diri Anda dibayar untuk sebuah bidang yang Anda kuasai. Misalnya Anda adalah seorang pemilik blog tentang internet marketing. Postingan blog Anda tentang internet marketing banyak menjadi inspirasi bagi pembaca Anda dalam mengembangkan bisnis internet mereka. Suatu saat salah seorang pembaca blog Anda yang sedang menjalankan bisnis toko online menghadapi kesulitan dalam menjalankan bisnisnya. Karena dia seorang pembaca setia blog Anda, dia kemudian meminta bantuan Anda agar menyelesaikan kebuntuan dalam bisnis toko onlinenya. Selanjutnya, Anda mulai bekerja sebagai konsultan dengan mencari solusi agar bisnisnya dan bila masalahnya selesai Anda sangat berhak memperoleh honor atas jasa tersebut. Namun, jangan ragu juga untuk memberikan konsultasi gratis. Lakukan dengan senang hati karena kemurahan hati Anda merupakan pembuka pintu rezeki Anda juga.

9. Memasang Iklan di Blog Sendiri (Direct Ads)

Direct Ads bisa diartikan menjual ruang iklan di blog Anda secara langsung sehingga kita tidak perlu lagi memakai jasa dari makelar iklan seperti Criteo, RevenueHit, Bidvertiser, Google AdSense, AdBrite atau yang lainnya.

Sumber: Buku 111 Cara Menghasilkan Uang dengan Blo – Hengki Ferdianto

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar