Skip to main content

Inilah Beda Mining Rupiah, Emas dan CryptoCurrency

Saat ini banyak sistem keuangan yang berubah terkait dengan kehidupan uang. Uang merupakan suatu alat yang sah yang dapat ditukarkan dengan produk/jasa lain. Dengan uang, semua transaksi dipermudah, sebab itulah uang dijadikan sebagai harta milik setiap orang.

Tapi, bagaimana sebenarnya uang itu tercipta? tentu tidaklah sembarang lembaga dapat mencetaknya, karena akan dapat di monopoli oleh lembaga tersebut. Apalagi bahan untuk mencetak uang tersebut banyak bertebaran. Kecuali, jikalau bahan yang digunakan bersifat langkah, tidaklah dipermasalahkan siapa yang bisa mencetak uang tersebut.

Dalam bahasan ini, saat ini fenomena uang telah berubah, sehingga mengubah paradigma keuangan itu sendiri. Mulai adanya uang kertas (rupiah), emas, dan crypto, sebagaimana yang sudah terjadi muncul uang baru yaitu crypto.

Baik, itu rupiah, emas dan crypto, tentu memliki metode untuk bertambah jumlahnya. Sebab dengan digunakannya sebagai alat transaksi, maka akan berpengaruh terhadap demand dan juga suplai.

Berikut ini ulasan singkat beda mining rupiah, emas, dan cryptocurrency;

1. Rupiah (Fiat Money)

a. Rupiah dapat dicetak dengan mudah oleh lembaga yang resmi. Sebab bahan yang digunakan sangat banyak beredar. Namun, walau begitu, tidak sembarangan dalam mencetak rupiah sehingga beredar ditengah-tengah masyarakat. 
b. Tidak ada batasan jumlah yang diedarkan. Selama penggunaan transaksinya semakin tinggi, maka perlu stok yang banyak.
c. Terkait dengan mining rupiah, salah satu penggerak terbesarnya adalah bank, dengan sistem bunga. Bunga inilah yang menyebabkan bertambahnya jumlah uang. Misalnya, ada bank K, yang memberikan pinjaman sebesar 100 juta, dengan bunga 10%, maka jumlah bunga 10 juta, total pengembalian ke bank sebesar 110 juta. Ini berarti bahwa ada 10 juta jumlah uang tercipta. Dan begitulah untuk seterusnya, semakin banyak bunga yang terjadi dalam transaksi pinjam meminjam, maka akan semakin besar jumlah rupiah tercetak. Inilah salah satu penyebab munculnya uang rupiah baru.

2. Emas

a. Penggunaan uang emas, sesungguhnya penggunaan uang yang adil. Sebab selain, dari segi nominal, terdapat juga nilai intrinsik di dalam emas tersebut, sehingga tak akan pernah mengalami inflasi terhadap produk/jasa.
b. Jumlah emas tergatung sumber daya alam yang ada, artinya tidak ada kepastian jumlahlah, namun tidak bisa dibuat oleh manusia. 
c. Terkait mining dari emas ini, berada pada penambang-penambang emas yang ada

3. Cryptocurrency

a. Uang ini merupakan hasil teknologi terbaru, yaitu blockchain.
b. Memiliki jumlah yang terbatas untuk didistribusikan, misalnya 21 juta, 45 juta, dst. Dengan begitu, para pemburu uang ini akan selalu banyak diuntungkan apabila menjadi orang pertama dalam crypto tersebut. Tidak hanya sebagai alat transaksi, melainkan juga dapat digunakan sebagai alat investasi
c. Terkait dengan sistem miningnya dari crypto, yaitu POW (Proof of Work), POS (Proof of Stake), dan DPOS (Delegated Proof  of Stake), baca juga: Perbedaan DPOS, POW dan POS

Itulah beberapa mining diantara rupiah, emas dan crypto. Semoga kita, tidak tertinggal informasi yang begitu berpeluang dalam mengubah paradigma tentang uang.

Baca juga: Bisnis Crypto/Koin Terdasyat 2018
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar