Skip to main content

Pengobatan Batuk Rejan (Kinkhoest) dengan Cara Timur dan Barat

Penyakit ini menular dan disebabkan oleh baksil kinkhoest. Penderita biasanya merupakan anak-anak yang setelah sembuh dari penyakit ini menjadi kebal selama-lamanya. Menularnya melalui pernafasan karena menghirup kuman-kuman yang ada di udara, terutama di sekitar seorang penderita yang sedang batuk-batuk. Pada permulaan sakitnya dibarengi hanya dengan sedikit batuk pilek seperti sakit influenza biasa.

Setelah kira-kira 10 hari, batuknya menjadi hebat (ngikil) sampai anak itu muntah-muntah dan mengeluarkan lendir yang agak pekat. Jika sedang batuk mukanya menjadi merah warnanya dan sesudah batuk, anak menarik nafas panjang yang bersuara ngiik. Sesudah menarik nafas panjang, lalu batuk ngikil lagi dan begitu seterusnya hingga beberapa kali.

Sebagai akibat dari batuk ngikil dan keras, sering hidungnya berdarah di bawah lidah terdapat luka-luka kecil dan matanya juga dapat berdarah sampai kelihatan merah sekali, dengan kelopak matanya agak membengkak.

PERAWATAN SEHARI-HARI

Penderita harus cukup istirahat, tidak boleh banyak lari-lari, menangis atau berteriak-teriak. Jangan diberi makan-makanan yang digoreng dan buah-buahan yang terlalu manis atau minum es.

Pada waktu malam menjelang tidur, dada dan punggungnya digosok dengan minyak kayu putih yang dicampur dengan sedikit balsem. Atau digosok dengan air sepotong jeruk nipis yang dipanggang sebentar lalu dicampur dengan minyak kayu putih dan sedikit kapur sirih.

P E N G O B A T A N

Agar mengatasi batuknya bisa diberi Obat batuk putih 3 kali sehari 1 sendok makan untuk anak-anak dari umur 5 tahun. Tiap malam pada waktu akan tidur dapat diberi Codein kira-kira 5-10 mg, bersama-sama dengan Luminal kira-kira 10-15 mg.

Supaya menguatkan badannya, selama sakit harus diberi Obat batuk putih 3 kali sehari 1 Kalk tablet bersama-sama dengan 3 kali tablet Vitamin C dari 100 mg. Jika biji matanya merah, dapat diberi Obat tes mata putih (Sulfaszinci 1/2%).

Selain dari Obat batuk putih, pada anak-anak kecil dapat juga diberikan Thymsirop. 

  • Untuk bayi sampai umur 1 tahun  3 kali sehari 1 sendok teh. 
  • Untuk anak-anak umur 2-5 tahun  3 kali sehari 1/2-1 sendok makan.
Obat yang terbaik untuk batuk rejan adalah sirop Chloromycetin.
Untuk anak umur 1-2 tahun;                    3 kali sehari 1 sendok teh.
Untuk anak umur 3-5 tahun;                    4 kali sehari 1 sendok teh.
Untuk anak umur 6 tahun ke atas;            3 kali sehari 2 sendok teh.

PENGOBATAN CARA KAMPUNGAN ( CARA TIMUR )

Jamu Asli Yang Bisa Diberikan.

1. Lobak merah (Radijs) diparut, lalu airnya diperas dan disaring kira-kira 2 sendok makan banyaknya, dan diberi sedikit gula batu atau madu tawon. Jamu ini dibuat pada malam hari, kemudian paginya minumkan pada anaknya setelah bangun (diminumkan sebelum anak makan apa-apa). 

Air lobak merah ini diberikan pada anak-anak yang kira-kira berumur 3 tahun, yang tiap pagi terus-menerus masih batuk ngikil Untuk anak yang lebih kecil diberikan 1/2- 1 sendok makan menurut perkiraan umurnya. Untuk anak-anak yang besar obat ini tidak memberi hasil memuaskan. 


Jika tidak ada lobak merah, dapat juga diberi air lobak putih (lobak sayur) tetapi karena daya kerjanya kurang kuat, maka harus diberi 2 kali sebanyak dari air lobak merah tadi.


2. Kembang Belimbing Wuluh.........1/2 cangkir teh. 

    Biji Jinten..................................1 sendok teh. 
    Adas.........................................2 sendok teh;
    Kayu manis Cina (kayu legi 1 jari tangan);
    Kayu manis jangan....................1/2 jari tangan.
Setelah ditumbuk bersama-sama lalu direbus dengan air 1 gelas minum sampai mendidih 15 menit lamanya. Sesudah disaring bisa diberikan pada anak-anak berumur 5 tahun..............3 kali sehari 2 sendok makan. Untuk anak kecil dapat di kira-kira sendiri banyaknya.

3. Daun sirih yang segar 2 helai; Daun jinten yang segar 5 helai. Kapulaga 3-5 buah di kupas. Kayu manis Cina 1 jari tangan. Semuanya direbus dengan air 1 gelas minum sampai mendidih selama 15 menit lamanya. Sesudah disaring dapat diminumkan 3 kali sehari 2 sendok makan pada anak-anak umur 5 tahun. Jamu ini tidak bisa disimpan, Sehingga tiap pagi harus diberikan dengan membuat rebusan yang baru.

T A M B A H A N

Untuk mencegah penyakit batuk rejan, pada anak kecil dapat diberikan suntikan Vaksin batuk Rejan.

Di Eropa dan Amerika Obat ini biasanya dicampur dengan Vaksin Difteria dan Vaksin Tetanus, sehingga suntikan ini memberi perlindungan terhadap 3 penyakit sekaligus. Pada waktu-waktu tertentu suntikan harus diulangi lagi.

Baca juga: Pengobatan Batuk Darah (TBC-Paru-Paru) dengan Cara Timur dan Barat

Sumber: Buku Pengobatan cara Timur dan Barat - Prof. Dr. Salim Lubis Moh. Abadi
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar