Pengobatan Berak Cair Berdarah dengan Cara Timur dan Barat

Biasanya penyakit ini timbulnya sangat mendadak karena makanan atau minuman yang mengandung kuman, basil dysentri, oleh sebab itu penyakitnya disebut Dysentri basillair. Penyakit ini sangat mudah menular, oleh karenanya semua kotoran dari penderita mesti dibersihkan dengan karbol atau lysol dan juga pakaian penderita mesti direndam dalam air lysol sebelum dicuci.

Basil dysentri membuat radang yang sangat luas dalam seluruh usus besar, namun tidak menyebabkan luka-luka menembus seperti kuman amuba dan juga tidak masuk ke dalam hati atau bagian-bagian tubuh lainnya. 

Pada penyakit ini kepala berasa agak pusing, badan agak demam dan sering juga mengalami muntah-muntah. Kotorannya berupa cair dengan sedikit lendir yang pada permulaan tidak mengandung darah. Kotorannya berbau busuk sekali dan beraknya sehari mencapai 10-20 kali. Rasa sakit
perut tidak menentu, sering perutnya mulas sekali, kadang-kadang
hampir-hampir tidak terasa apa-apa.

PERAWATAN

Pada penderita mesti dikasih makanan yang halus betul misalnya : bubur dari tepung beras, minumnya air teh yang agak kental atau kopi anget-anget sedapat mungkin jangan diberi minum susu,  namun susu yang tak mengandung lemak (Non Fat milk.) boleh juga diminumkan.

PENGOBATAN

Supaya pertolongan pertama bisa diberikan kolera essence atau tablet norit. Apabila tidak bisa menolong, mesti segera diberi obat-obat sulfa atau chloromycetin.

Baca juga: Pengobatan Berak Lendir Darah dengan Cara Timur dan Barat

Aturan Pemakaian Obat Untuk Penderita Dewasa :

a. Norit 3 kali sehari 4 tablet.
b. Kolera Essence 3 kali sehari 4 tablet. 10-15 tetes diminum dengan air hangat.
c. Obat-obat Sulfa :

  • Sulfa Guanidin (SG)    }   3 kali sehari 2 tablet.
  • Sulfadiazin (SO)          }   di antara obat-obat sulfa ini, Sulfa Guaanidin (S.G)
  • Sulfa Merasin (SM)      }  merupakan yang teraman. Tidak mengandung bahaya tetapi daya Tripyron                        }   kerjanya agak kurang kuat.
  • Supronal                       }   Semua Obat Sulfa sebaiknya diminum 
  • Cibosal                         }    dengan air soda.
d. Chloromycetin kapsul dari 250 mg, mesti ditelan semuanya (tidak boleh dibuka bungkusnya), 3-4 kali sehari 2 kapsul.
e. Tetracyclin (Terramycin, Achromycin, Aureomycin). Kapsul dari 250 mg. Kekuatannya 2 kali Chloromycetin. Kepada orang dewasa 250 mg. Untuk anak anak disediakan syrop Tetracyclin, kekuatannya juga 2 kali dari syrop Chloromycetin.


Agar menghentikan berak-beraknya bangsa Tionghoa sering minum Jiting, yaitu semacam arang yang diperoleh dari pipa madat. Hasil pengobatan dengan Jiting ini sangat memuaskan, namun sangat berbahaya sebab mengandung racun dari candu.

Ramuan Jamu Yang Bisa Diberikan :

  • Lempuyang wangi (emprit) 1/2 jari, dibakar sampai matang.
  • Lempuyang wangi (emprit) 1/2 jari, yang masih segar.
  • Daun jambu biji yang masih muda 5 helai. Semuanya ditumbuk halus, diberi air sedikit, kemudian diperas dan disaring. Airnya diminum tiap pagi, dengan sedikit garam atau gula batu. Apabila sakitnya agak berat, bisa diberi 2 kali sehari (pagi dan sore) dengan tiap kalinya dibuatkan ramuan yang baru.
  • 10-15 biji Makasar ditumbuk halus dengan 5 helai daun jambu biji, kemudian diseduh dengan air panas 1 cangkir, diminumkan 1 kali sehari dengan garam sedikit.
Sumber: Buku Pengobatan cara Timur dan Barat - Prof. Dr. Salim Lubis Moh. Abadi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel