Skip to main content

Pengobatan Berak Lendir Darah dengan Cara Timur dan Barat

Berak dengan lendir berdarah dikarenakan adanya kuman amuba, oleh karenanya disebut penyakit dysentri amuba. Penyakit ini bisa menular disebabkan kuman-kumannya masuk dalam makanan atau minuman Yang tidak terjaga kebersihannya. Kuman-kumannya nangkring dalam usus besar, di sini membuat radang dan luka-luka yang lebar dan dalam, sehingga bisa mengeluarkan darah dengan kotorannya. Pada penyakit Yang berat dan sudah berlangsung bertahun-tahun lamanya, luka-luka itu bisa menembus dinding perut, sehingga menjadi luka terbuka di atas perut yang mengeluarkan kotoran bersama-sama dengan lendir, nanah dan darah. Luka dari perut yang menembus hingga ke dalam usus ini disebut fistel dan hanya bisa cepat sembuh apabila dioperasi.

Pada penyakit dysentri Yang sudah lama, kuman-kuman amuba juga bisa masuk ke hati lewat pembuluh darah dan menyebabkan radang dan bisul dari hati (absces).

Pada waktu mau berak (ngeseng), penderita merasa perutnya mulas sekali, tapi hanya bisa mengeluarkan sedikit kotoran bercampur dengan lendir, yang pada waktu permulaan sakitnya belum berdarah. Lama kelamaan lendirnya berisi darah merah tua. Kotorannya berbau agak amis, badannya biasanya tidak mengalami demam dan sehari rata-rata berak sampai 5-10 kali.
Pada penderita mesti diberi makanan yang mudah dicerna, misalnya saja nasi tim atau bubur.

Pengobatan Berak Lendir Darah dengan Cara Timur dan Barat

Supaya menghilangkan sakit perutnya pada orang dewasa bisa diberi kolera essence 3 kali sehari10-15 tetes. Selain ini mesti diberi antara lain 
Enterovioform atau obat sejenis }
Yatren                                      }      3 kali sehari 2 tablet selama
mebinol                                    }      5-10 hari. 

Emetiin merupakan Obat suntik khusus untuk dysentri amuba, namun mesti diberikan menurut petunjuk dari dokter sebab bisa mengakibatkan jantung rusak.
Ramuan jamu yang dapat membèri hasil yang memuaskan 
1.

  • Daun dempo lelet............30-50 helai.   
  • Daun ketumbal................30-50 helai.
  • Kunir (kunyit).................1 jari tangan.
Seluruhnya ditumbuk bercampur hingga halus, diberi sedikit air, lalu diperas dan disaring. Kemudian ditambah sedikit garam, airnya diminumkan tiap pagi sampai sembuh.
2. 
Buah sawo manila yang masih sangat muda (enom) (sebesar biji lerak) kira-kira 5 buah, ditumbuk hingga halus sekali kemudian ditambah sedikit air hangat. Setelah ditambah sedikit garam, lalu diperas dan disaring dan airnya diminumkan tiap hari sekali sampai sembuh.

Baca juga: Pengobatan Berak Cair Berdarah dengan Cara Timur dan Barat

Sumber: Buku Pengobatan cara Timur dan Barat - Prof. Dr. Salim Lubis Moh. Abadi
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar