Skip to main content

Pengobatan Kencing Batu dengan Cara Timur dan Barat

Butir batu-batu Kecil yang dapat keluar dengan air seni berasal dari buah ginjal (batu ginjal-niersteen), atau dari kandung air seni (batu kandung seni-blassteen). Jika batunya berbentuk besar, tentu tidak bisa keluar dengan air seninya, tetapi tinggal pada tempatnya dan lambat laun menjadi besar sehingga dapat merusak dari jaringan ginjal atau kandung air seni.

Selain batu-batu kecil, air seni juga kadang-kadang mengandung darah. Jika kadar darahnya banyak, air seninya berwarna merah muda bahkan sering berwarna merah tua. Jumlah darah yang sedikit sekali hanya dapat terlihat dengan alat pembesar.

Pada penyakit niersteen penderita merasa pegal di pinggangnya, dan rasa pegal itu sekonyong-konyong dapat berubah menjadi rasa sakit sekali, sehingga penderita merasa gelisah sekali dengan sering muntah-muntah. Serangan sakit hebat ini namanya kolik dan sakitnya dari pinggang dapat menjalar ke perut di sekitar kemaluan.

Setelah menderita kolik air seninya dapat mengandung darah, atau batu kecil-kecil. Pada penderita blassteen koliknya tidak begitu berat/hebat, rasanya hanya pegal di bagian bawah dari perut.

Tetapi untuk kencing, kemaluannya terasa amat sakit, dan keluarnya air seni sering mendadak berhenti sebentar dan dapat keluar lagi sedikit sedikit, setelah bagian bawah perut dipijat-pijat. Penyakit blaassteen ini lebih banyak terdapat pada laki-laki daripada perempuan. Jika ada anak laki-laki yang sedang kencing menangis sambil memijat-mijat kemaluannya kemungkinan anak itu menderita blaassteen.

PERAWATAN SEHARI - HARI.

Dilarang: 
  • Kerja terlalu berat, karena dapat menimbulkan kolik.
  • Minum teh kental, kopi, coklat, anggur, dan lain-lain minuman keras.
  • Makanan yang pedas, lombok, cabe, jahe, merica, lada.
  • Makan ginjal, hati, limpa, dan lain-lain bagian dalam dari hewan.
  • Makan bayam, kapri, buncis, nanas.
Diharuskan: 
  • Minum sebanyak mungkin, agar dapat kencing dengan lancar, terutama minum air soda atau susu murni.
  • Makan banyak buah-buahan dan sayur-sayur, terutama pepaya, ketimun, labu air.
Pada waktu menderita kolik, penderita harus beristirahat dan pada bagian yang sakit diberi kompres hangat (sebuah botol atau kantong karet terisi air panas diletakkan di atas bagian yang sakit). Tidak boleh dipijat-pijat karena dapat mengeluarkan banyak darah, bahkan dapat menghentikan sama sekali mengalirnya air seni.

PENGOBATAN CARA BARAT TIAP TIAP HARI

Obat-obat barat belum ada yang dapat menghilangkan batunya, hanya dapat meredakan koliknya, misalnya dapat diberi tablet Veramon, Novalgin atau baralgin bersama-sama dengan tablet Papaverin @ 30-40 mg. Jika air seninya mengandung darah, dapat diberi Vitamin K 3 kali sehari 1-2 tablet.
Batu yang besar sekali dapat merusak jaringan ginjal atau kandung air seni, maka selekas mungkin harus dikeluarkan dengan operasi.

PENGOBATAN CARA KAMPUNGAN ( CARA TIMUR )

Ramuan jamu asli yang sangat memuaskan dapat dibuat seperti berikut:
1. 
  • Daun Ngokilo yang sudah kering..........5 helai
  • Daun Remujung (kumis kucing).........20 helai
  • Daun meniran yang sudah kering..........1 sendok teh. Campuran ini diseduh dengan air panas 2 gelas minum, keadaan panas di dalam thremos. Besok paginya diminum dihabiskan untuk satu hari. Tiap malam membuat seduhan baru untuk diminum pada besok paginya. Bahan-bahannya semua dapat disimpan dalam keadaan kering selama beberapa bulan untuk persediaan. Jamu ini dapat terus selama satu bulan, lalu berhenti 1 minggu, kemudian dapat diminum lagi, dan begitu seterusnya sampai sembuh. Jamu ini memang benar dapat menghilangkan batu-batu kecil, yang dapat dibuktikan dengan potret sinar tembus (Rontgen) dari ginjal, dan kandung air seni.
2.
  • Daun Kejibeling yang masih segar..........10 helai
  • Daun Remujung yang masih segar..........20 helai. Diberi sedikit gula batu lalu direbus dengan air 1 gelas selama 10 menit. Setelah disaring, diminum sedikit demi sedikit selama 3 hari berturut-turut, lalu setelah satu bulan baru dapat diulangi lagi 3 hari. Hasilnya juga memuaskan tapi sayang sekali bahwa daun keji beling hanya dapat dipakai dalam keadaan segar, tidak dapat disimpan untuk persediaan. Daun keji beling sangat keras daya kerjanya dan malahan dapat merusak ginjal jika diminum terlalu banyak.
3. 
  • Daun tempuh Wiyung (Tempuyung) dijemur sampai kering, lalu dihaluskan, dan disimpan sebagai persediaan.
  • Satu sendok teh dari serbuk ini dicampur dengan 1 sendok teh daun meniran, lalu direbus dengan air 1 gelas selama 10 menit. Setelah disaring airnya diminumkan dengan gula tiap malam waktu mau tidur. Obat ini dapat diminumkan terus-menerus sampai sebulan lamanya, lalu berhenti seminggu kemudian diminumkan kembali sebulan, demikianlah seterusnya Sampai sembuh.
Baca juga: Pengobatan Kencing Manis dengan Cara Timur dan Barat

Khasiat dari daun tempuyung, secara ilmiah telah dibuktikan Oleh Prof. Dr. Sardjito dari Universitas Gajahmada di Jogya.

Sumber: Buku Pengobatan cara Timur dan Barat - Prof. Dr. Salim Lubis Moh. Abadi, 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar