Skip to main content

Perbedaan Sederhana Password dan Passphrase

Password merupakan suatu bentuk dari data otentikasi rahasia yang dipakai untuk mengontrol akses ke dalam suatu sumber informasi. Password akan dirahasiakan dari mereka yang tidak diijinkan untuk mengakses dan yang berusaha mengetahui akses tersebut akan diuji apakah layak atau tidak untuk mendapatkannya.

Walaupun demikian, password bukan berarti suatu bentuk kata-kata; tentu saja password yang bukan suatu kata yang mempunyai arti akan lebih sulit untuk ditebak. Sebagai tambahan, password sering dipakai untuk menggambarkan sesuatu yang lebih tepat disebut pass phrase. Password kadang-kadang dipakai juga dalam suatu bentuk yang hanya berisi angka (numeric); salah satu contohnya adalah Personal Identification Number (PIN). Password umumnya cukup pendek sehingga mudah untuk diingat. 


Sistem keamanan akan membandingkan kode-kode yang dimasukkan oleh pengguna (yang terdiri atas nama pengguna/user name dan password) dengan daftar atau basis data yang disimpan oleh sistem keamanan sistem atau jaringan tersebut (dengan menggunakan metode autentikasi tertentu, seperti halnya kriptografi, hash atau lainnya).
Passphrase memberikan harapan yang menjanjikan untuk menggantikan sandi biasa. Passphrase biasanya cukup panjang, karena tersusun dari beberapa kata, dan juga sulit ditebak karena kata-katanya bisa tidak memiliki arti karena diambil menggunakan bilangan acak.

Passphrase Key merupakan encyption key yang dipakai untuk mengontrol akses ke sistem komputer, program, atau data. Passphrase ini hampir mirip dengan password, namun secara umum dengan bentuk input sequence untuk kata atau bentuk teks lainnya yang lebih panjang, menjadikan tingkat keamanannya lebih tinggi.


Contoh sederhananya penggunaan password misalnya "okjaya","1234yes", dengan kata atau angka sederhana saja sudah bisa digunakan (aktif), tapi berbeda dengan Passphrase yang akan menolaknya, sehingga perlu yang rumit. misalnya "jaya123$$$???SUKSES" atau "suKSEs!@#$%^&*()".
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar