Syarat Menjadikan Ruang Blog Sebagai Ladang Bisnis Penerbitan Iklan Sendiri

Syarat Menjadikan Ruang Blog Sebagai Ladang Bisnis Penerbitan Iklan Sendiri

Syarat Menjadikan Ruang Blog Sebagai Ladang Bisnis Penerbitan Iklan Sendiri

Sebagai alternatif dari pendaftaran iklan adsense yang tak kunjung terbalaskan, maka tidak salahnya sembari menunggu, maka mencoba alternatif dengan memberikan jasa promosi di ruang blog. Toh.. jika sukses, hasilnya juga tak kalah dengan pendapat iklan Direct lainnya.

Berikut ini, cobalah untuk melengkapi syarat menjadikan ruang blog sebagai ladang bisnis penerbitan iklan sendiri;

1. Blog Mempunyai trafik yang memadai bagi pengiklan

Kata memadai memang sesuatu yang relatif. Bisa jadi pemasang iklan telah menganggap 100 kunjungan per hari telah memadai atau bisa jadi calon pemasang iklan lain mengatakan 10.000 kunjungan per hari baru memadai. Hal ini juga akan sangat tergantung pada karakteristik pengunjung blog Anda dan keunikan tema blog. Artinya pada saat kita mempunyai sebuah tema blog yang sedikit pesaingnya (tema unik) dan dikunjungi oleh orang dengan minat spesifik, maka 100 kunjungan per hari pun (bahkan kurang) sudah bisa dikatakan memadai. Syaratnya yaitu kita dapat mencari dan menemukan pemasang iklan yang mempunyai produk yang pasti dicari dan dibutuhkan oleh pengunjung blog kita tadi.

2. Berada pada posisi yang bagus di search engine

Dalam hal ini, Anda perlu melakukan teknik-teknik SEO. Upayakan agar Page Rank Anda dapat mencapai minimal dibawah 1 juta penilaian Alexa. Sumber untuk belajar teknik SEO banyak terdapat di internet. Anda tinggal mempraktikkannya pada blog Anda. Konten atau isi postingan yang unik dan menarik juga sangat mendongkrak posisi blog Anda di search engine. Usahakan di dalam postingan Anda (judul dan isi postingan) berisi berbagai kata kunci yang banyak diketikkan orang di search engine.

3. Menyediakan beberapa ruang ber-iklan

Sediakan beberapa ruang pada blog Anda untuk beberapa ukuran iklan. Silakan Anda tentukan posisi yang strategis untuk dipasang iklan. Misalnya banner ukuran standar, banner persegi ukuran 125x125, banner persegi ukuran 250x250, dan ukuran lainnya. Jika belum ada pemesan iklan, tulislah di iklan tersebut kata-kata penaČ™aran seperti "your ads here "iklan Anda di sini", "beriklan di sini", “Promosikan Produk/Jasa Anda” kemudian hubungkan (link-kan) banner kosong ini ke halaman pasang iklan.

4. Membuat halaman pasang ikian

Seperti dijelaskan sebelumnya setiap space banner ikian di blog Anda yang belum terpasang sebaiknya ditujukan ke halaman ini. Halaman pasang iklan berisi terkait keterangan yang berkenaan dengan pemasangan ikian di blog Anda. Halaman ini memberi tahu harga yang Anda tawarkan, alasan mengapa orang beriklan di blog Anda, hingga form pemesanan.

Adapun beberapa hal penting dimasukkan ke halaman pasang iklan antara lain:
a.    Penjelasan kelebihan Blog Anda
Kelebihan blog adalah alasan mengapa pemasang iklan mau beriklan di blog. Sebagai pemasang iklan yang ingin membayar, tentunya mereka ingin suatu imbas balik berupa kunjungan yang banyak dan berkualitas ke situs mereka. Tugas Anda adalah memberikan sebanyak mungkin penjelasan mengapa mereka patut beriklan di blog Anda dan apakah yang akan mereka dapatkan sebagai ganti uang yang akan mereka keluarkan.

Beberapa hal yang perlu dijelaskan antara lain:
1.   Spesifikasi blog Anda
Spesifikasi blog menunjukkan segala sesuatu yang terkait dengan blog Anda sebagai sebuah web. Buatlah link sebagai bukti data Anda ke halaman yang dimaksud. Berikut beberapa spesifikasi yang bisa dijelaskan:
a.    Unique visitor per hari. Sebelumnya pasanglah data statistik web ke blog Anda. Anda bisa mendapatkannya di penyedia layanan ini seperti sitemeter.comhistats.com
b.    Peringkat Technorati
c.    Peringkat Similarweb.com
d.   Google PageRank blog Anda
e.    Peringkat Alexa.com
f.     Jaminan update postingan secara rutin 1-2 hari sekali.

b.    Penjelasan siapa saja pembaca blog
Kalangan advertiser (pemasang iklan) tentu saja ingin tahu target pasar mereka di blog Anda. Mereka tentu saja tidak ingin uang mereka terbuang sia-sia karena memasang iklan di blog yang pengunjungnya tidak sesuai dengan produk mereka. Tugas Anda sebagai yang punya blog adalah mengenali siapa pembaca Anda dan menjelaskannya kepada calon pemasang iklan. Anda dapat mengenali tipikal pengunjung melalui corak postingan Anda, polling, atau melalui melihat isi komentar pengunjung.

c.    Penjelasan jenis iklan dan harga setiap jenisnya
Beberapa jenis iklan yang bisa Anda tawarkan antara lain:
1.   Iklan banner ukuran 125x125, 250x250, dll.
2.   Iklan link ads yaitu berupa sebuah link di blog Anda yang menuju ke web pemasang iklan dan pemasang iklan membayar untuk menempatkan linknya tersebut. Iklan link ini cukup bermanfaat karena pengunjung blog bisa tidak mengira bila link itu merupakan iklan, caranya dengan menuliskan judul yang tepat di sidebar seperti recomended, top site' my partner.
3.   Iklan review: tawarkan kepada pemasang iklan sebuah bentuk iklan dalam bentuk review tentang produk pemasang iklan di blog Anda. Review ini terintegrasi ke dalam postingan blog Anda.

d.   Menggaet calon pemasang iklan
Menjemput pemasang iklan adalah cara yang patut Anda pertimbangkan jika ingin blog Anda ingin cepat dipenuhi oleh direct ads. Metode jemput bola tentu akan membuka peluang lebih banyak untuk menggaet pe masang iklan. Langkah pertama adalah mengidentifikasi beberapa pemasang iklan yang ingin kita kejar. Berkunjunglah ke banyak blog terkenal yang konsepnya mirip dengan blog Anda dan lihat siapa saja beriklan di sana. Misalnya, Anda menulis blog tentang teknologi, maka Anda bisa melihat blog tentang teknologi lain seperti blog Techcrunch.com dan lihat siapa yang membeli iklan di sana. Anda perlu melakukan ini untuk mengetahui bahwa perusahaan tersebut memiliki dana untuk beriklan. Lalu buatlah daftar 10 pengusaha top untuk dilobi dan dikirimkan tawaran.

Kirimkan email atau bila perlu telepon perusahaan tersebut dan katakan kepada mereka bahwa Anda memberi space iklan gratis pada blog Anda selama 3 bulan. Mereka tinggal mengirimkan konsep iklan ukuran tertentu dan setelah itu iklan akan dipasang di blog Anda.

Saat menghubungi tentu saja, Anda sampaikan juga datadata tentang halaman blog seperti traffic, unique visitors, pageview, dan sebagainya. Katakan bahwa blog Anda berkonsep bagus dan potensial untuk pelanggan produk mereka. Katakan juga Anda memberikan masa 3 bulan gratis sebagai free trial dan mereka bisa memutuskan meneruskan atau tidak dengan berdasarkan laporan ikian selama 3 bulan tersebut.

Menjelang 3 bulan masa gratis, Anda kirimkan ke perusahaan pemasang ikian sebuah ringkasan laporan tentang trafik yang tercipta ke web mereka selama masa 3 bulan tersebut. Sertakan juga sebuah penawaran harga. Tawarkan jika mereka ingin tetap memasang banner pada blog Anda, maka mereka harus membayar per bulannya. Misalnya, Anda mencoba menawarkan harga $200 sebulan atau kurang dari itu, tergantung besarnya trafik yang tercipta. Jika salah satu pemasang ikian tertarik, Anda telah berhasil menghasilkan $2.400 setahun.

Sumber: Buku 111 Cara Menghasilkan Uang dengan Blo – Hengki Ferdianto

Buka Komentar