Tips Menulis Konłen Blog dengan Baik

1. Pilihlah tema yang sesuai.

Tema yang sesuai berarti tema tersebut Anda kuasai atau setidaknya telah Anda pelajari dan bersamaan dengan itu tema tersebut juga dibutuhkan oleh banyak orang.
Tips Menulis Konłen Blog dengan Baik

2. Pecahkan suatu masalah.

Orang mencari informasi untuk memecahkan masalah mereka. Mereka mengetikkan suatu kata di search engine untuk mencari solusi dari masalah mereka. Bila Anda telah berkecimpung dalam suatu hal Anda tentunya dapat menentukan masalah-masalah yang akan dihadapi oleh banyak orang. Misalnya, Anda seorang publisher AdSense, saat pertama kali Anda menerima cek dari Google Anda kesulitan mencairkan cek tersebut. Kesulitan ini adalah suatu masalah yang sangat mungkin akan ditemukan juga oleh orang lain. Pecahkan masalah tersebut dengan menuliskan di blog Anda tentang cara-cara yang telah Anda lakukan hingga cek tersebut dapat cair.

3. Fokuslah.

Sejak menentukan tema apa yang akan Anda angkat, usahakan fokus di tema tersebut. Misalkan Anda memilih tema ”make money from home”, usahakan minimal 75% Postingan Anda tetap berada dalam tema tersebut.

4. Menulislah sambil belajar.

Menulis sambil belajar adalah hal terbaik agar yang dipelajari cepat lengket di kepala. Alangkah baiknya lagi jika tulisan itü dibaca orang lain.

5. Tentukan target pembaca blog Anda.

Dengan menetukan target pembaca Anda akan lebih mudah dalam menentukan topik-topik postingan yang akan dibahas.

6. Jangan Copy-Paste.

Copy-paste tentü saja tidak disukai baik oleh si pemilik tulisan asli, oleh search engine maupun pembaca, terutama  yang sudah pernah membaca tulisan tersebut.

7. Mengalirlah.

Jika Anda sudah ngeblog, maka itü akan menjadi bagian kehidupan Anda. Tiap hari atau minimal seminggu sekali tentunya Anda akan mengisi postingan Anda. Oleh karena itu, lakukan dengan ketulusan dan jangan terburu-buru. Buatlah suasana ngeblog yang nyaman. İbaratkan Anda sedang berbicara langsung dengan para pengunjung blog  Anda. Dengan itü semua, kata-kata Anda akan mengalir terus dengan gaya bahasa yang santai dan lebih menyentuh ke hati pembaca Anda. Anda tidak akan pernah sulit lagi dalam menentukan kata-kata.

8. Pilihlah bahasa.

Anda harus menentukan dari awal, apakah blog Anda akan ditulis dalam bahasa Inggris atau dalam bahasa Indonesia. Hal ini tentü akan berhubungan sekali dengan target pembaca Anda dan program Moneytizing yang akan Anda gunakan. Bila Anda dapat, utamakan membuat blog dalam bahasa Inggris. Hal ini mengingat ruang lingkup pembaca blog Anda akan lebih banyak dan tentu saja akan lebih banyak program Moneytizing yang dapat Anda ikuti. Namun jika Anda berniat membuat blog dalam bahasa Indonesia, hal ini juga sangat baik karena belakangan program-program monetisasi berbasis bahasa Indonesia mulai berkembang pesat.

9. Ajaklah orang lain untuk berkomentar di blog Anda dan  aktiflah dalam menanggapi setiap komentar. 

Keaktifan Anda dalam menanggapi komentar akan membuat pengunjung merasa dihargai dan dapat jadi tanpa Anda mintapun mereka akan sering berkunjung ke blog Anda bahkan merekomendasikan blog Anda dengan memberikan  link dari blog si pengunjung tadi.

10. Pilihlah judul postingan yang menarik dan mewakili isi postingan. 

Judul postingan juga sangat memengaruhi posisi blog Anda  di search engine. Jadi, buatlah judul yang kira-kira akan diketikkan seseorang ketika mencari sesuatu di search engine.


11. Promosikan blog Anda dan lakukan teknik SEO sederhana.

Secara umum cara mempromosikan blog sama dengan mempromosikan web jenis lainnya, Anda dapat membaca ini lebih lanjut di bagian promosi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel