Tips Menjalankan Bisnis Kuliner Musiman Agar Sukses

Bisnis kuliner menjadi salah satu jenis bisnis yang paling cepat berubah trennya di masyarakat. Setelah kejayaan King Mango dan Cappuccino Cincau, kini masyarakat Indonesia tengah keranjingan dengan Es Kepal Milo. Dessert yang berasal dari Malaysia bernama 'Ais Kepal Milo' ini sudah menyebar dari kota sampai pedesaan mulai pertengahan awal tahun 2018 ini. Bahkan di setiap sudut jalan pasti ada saja penjual Es Kepal Milo. Akan tetapi, untuk menjalankan bisnis musiman ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Sukses Menjalankan Bisnis Musiman

bisnis kuliner musiman

1. Pintar melihat peluang

Bisnis musiman memang berjalan dalam waktu tertentu yang umumnya tak memiliki jangka panjang. Di sinilah Anda harus pintar melihat peluang. Anda dapat melihat dari social media atau pembicaraan di beberapa grup mengenai apa yang menjadi tren kemudian manfaatkan momen semaksimal mungkin.

2. Kualitas adalah nomor satu

Walau hanya berjalan selama beberapa waktu saja, bukan berarti Anda dapat menjual barang yang ala kadarnya. Anda harus memberikan layanan dan produk yang berkualitas supaya pembeli tak kecewa. Siapa tahu dengan layanan dan produk yang berkualitas di bisnis yang sekarang ini, Anda akan memperoleh pelanggan tetap yang setia dengan bisnis di kemudian hari.

3. Bidik pasar yang sesuai

Dalam berwirausaha, sangat penting untuk menentukan target pasar. Dengan menentukan target pasar, Anda bisa merinci strategi yang akan Anda jalankan. Salah satunya dengan menentukan harga beli dan harga jual. Tentukan pula target pasar yang spesifik supaya lebih mudah mempromosikan bisnis Anda.

4. Inovasi adalah kunci

Mengikuti bisnis musiman memang tak mudah karena biasanya banyak orang akan membuka bisnis yang sama. Selain itu, Anda pun harus bersiap-siap dengan kemungkinan bisnis yang tidak bertahan lama. Maka dari itu, teruslah berinovasi dan meningkatkan kreativitas supaya menjadi pembeda dari bisnis serupa lainnya.

5. Manfaatkan waktu

Berhubung bisnis yang akan Anda jalankan termasuk bisnis musiman, maka Anda harus pandai dalam memanfaatkan waktu sebaik mungkin demi kepentingan bisnis Anda. Mengingat bisnis musiman yang di jalankan hanya mampu bertahan hingga beberapa hari atau bulan saja. Sehingga Anda harus memanfaatkan dan mengejar waktu sebaik mungkin supaya dapat memperoleh hasil semaksimal mungkin.

6. Kelola keuangan

Mengelola keuangan bagi pelaku bisnis sangat perlu dan harus dilakukan dengan optimal. Dengan mengelola keuangan, maka akan membantu Anda sebagai pelaku wirausaha dalam memperkirakan hasil yang akan diperoleh hingga berbagai keperluan mengenai modal yang dikeluarkan. Dengan begitu, nantinya akan mempermudah dalam memajukan bisnis musiman Anda.

7. Kerja Keras

Pelaku bisnis musiman di Tanah Air sejauh ini cukup banyak, sehingga Anda harus bekerja lebih keras supaya bisnis Anda bisa berjalan dengan baik dan maju. Selain disebabkan oleh ketatnya persaingan, namun disebabkan pula karena konsumen yang semakin pintar dalam memilih jasa dan produk mana yang akan dibeli. Sehingga dengan kerja keras, Anda pun akan memperoleh hasil yang memuaskan.

Jika Anda mengikuti tujuh poin di atas, maka Anda tidak perlu takut lagi untuk bersaing dengan pelaku bisnis lain saat ingin menjajal bisnis kuliner musiman yang baru. Selamat mencoba.

Baca juga: Cara Menentukan Harga Jual untuk Usaha Kue

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel