9 Poin Keunggulan DDKoin Pada Platfom DKK

Bagi yang sudah tidak sabar menanti kehadiran DDKoin, tentu dari awal sudah banyak melakukan spekulasi mengenai DDKoin tersebut, baik menyangkut harga, keamanan, atau juga sampai kapan adanya DDkoin tersebut. Ya itulah yang menjadi pertanyaan yang disampaikan oleh Nurshuhada Zainal (CEO dari DDK Platform) pada acara Trusted Delegates and Delegates Close Up di Blockspace, Gombak, Batucaves, Malaysia.

Pertanyaan yang juga sekaligus merupakan jawaban yang di sampaikan langsung oleh CEO dimana jawabannya yaitu "SELLING POINT" untuk platform DDK. Ia menyebutkan ada 9 Poin Keunggulan DDKoin Pada Platfom DKK;

1. Jumlah keseluruhan DDKoin 45 juta dan Open Source

Dengan jumlah suplai yang terbatas itu, yaitu 45 juta DDkoin, dimana jumlah tersebut hanya 2 kali lipat dari jumlah bitcoin atau setengah kurang dari jumlah suplai Waves, diharapkan akan bisa segera naik harganya ke depan setelah Platfom DDK ini diluncurkan (estimasi pertengahan Agustus tahun ini).

2. Pra penambangan hanya 8% dari jumlah ddkoin untuk Staking Reward

Pra penambangan hanya 8 % dari jumlah suplai yaitu sekitar 3,6 juta DDKoin yang telah di alokasikan untuk komunitas yang sudah ikut di program Dinarcoin / DNC (waktu itu masih token ERC20) sebelum migrasi ke Platfom sendiri.

3. Ready Community 180k - Pre ICO

Di program sebelumnya (DNC), DDKoin sudah mempunyai komunitas sebanyak 180 ribu dimana angka ini cukup banyak untuk sebuah Platfom baru dari suatu Platform Cryptocurrency, mungkin ini sedikit berbeda dengan Platfom-Platfom lain yang membuat platform dulu baru mencari komunitas.

4. No Forging Reward-Economically Stable

Forging Reward adalah istilah untuk reward setiap block yang dihasilkan di Platfom Lisk yang menggunakan algoritma DPOS (Delegated Proof Of Stake). Forging Reward dengan reward atau hadiah 5 Lisk per block dimulai pada block 60.480 (sebelumnya tidak ada Forging Reward) sampai dengan block 3.060.480 estimasi memakan waktu 1 tahun. Hal ini bisa menyebabkan inflasi atau turunnya harga Lisk sebesar 15,77 %.

Di tahun berikutnya, Forging Reward akan dikurangi yaitu 4 Lisk per block pada block 3.070.480 - 6.060.480 dengan hal ini terus terjadi inflasi 10,9 %, begitu seterusnya setiap tahun Forging Reward akan dikurangi 1 Lisk per block. Info tentang Forging Reward bisa kunjungi : https://blog.lisk.io/explaining-lisk-forging-rewards-53d295066be2

Pada Platfom DDK yang mana ianya merupakan Fork dari Platform Lisk ini Forging Reward digantikan dengan Reward Staking untuk semua Stakeholders sehingga diharapkan akan menciptakan kestabilan secara ekonomi.

5. Harga Lantai 0.9 DNC = +- 200 USD

Harga lantai / dasar dari DDKoin dari Platfom DDK ini yaitu 0.9 DNC (DNC ini token yang di backup 1:1 oleh Dinar Gold) atau sebesar 200 usd (kurang lebih dalam 2,9 juta Rupiah).

6. Sangat cocok untuk pembayaran skala mikro, min; 0.0001 DDKoin

DDKoin sangat sesuai untuk pembayaran dalam skala kecil karena minimal transfer hanya 0.0001 DDK atau senilai 0.02 usd (harga DDK = 200 usd) dalam rupiahnya Rp. 290,-

7. Algoritma DPOS

Algoritma DPOS adalah teknologi terbaru dalam dunia Blockchain. DPOS kependekan dari Delegated Proof Of Stake ini telah terbukti berhasil dalam mengembangkan sebuah Platform, dimana ada Lisk ( LSK ) yang memakai algoritma ini dan diikuti Tron ( TRX ) serta beberapa Platfom lainnya.

DPOS merupakan metode terbaru dalam mengamankan jaringan sebuah Crypto Currency. Metode ini mencoba memecahkan masalah pada sistem POW (Proof Of Work) dan POS (Proof Of Stake) yang masih tradisional. DPOS mengimplementasikan demokrasi dalam teknologi agar mengimbangi efek negatif yang di timbulkan dari sentralisasi.

Di Platorm Lisk, untuk menjamin jaringan yang sangat aman, para delegasi harus bersaing satu sama lain agar bisa masuk dalam 101 delegasi teratas. Delegates atau Delegasi ini adalah Validator Node yang mengesahkan transaksi pada jaringan Lisk. Validator Node inilah yang akan menerima fee dari transaksi yang ada di jaringan lisk serta Forging Reward (Reward per block).

DDK menerapkan konsep yang sama karena ianya Fork dari Lisk, cuma berbeda dengan jumlah Delegates atau Delegasi dimana Lisk ada 101, di DDK ada 301 delegasi sebagai Validator Node dan tidak adanya Forging Reward di DDK.

Setiap Delegasi akan berkompetisi untuk mempertahankan ranking atau posisinya supaya tetap masuk dalam rangking 301 (untuk DDK) dengan cara mendapatkan voting atau suara dari para stakeholders dengan berkampaye secara baik dalam memberikan informasi, edukasi, inovasi dan lain-lain kepada para stakeholders, sehingga stakeholder akan memberikan suara (VOTE) untuk Delegasi. 

Note : Setiap stakeholders di DDK wajib vote minimal sekali dalam seminggu atau 4 kali dalam sebulan karena itu syarat untuk mendapatkan Staking Reward.

8. Ekosistem

DDK Platform dengan jumlah komunitas lebih dari 180 ribu ini telah mempunyai ekosistem yang cukup bagus dan akan terus bertambah serta berinovasi untuk ekosistem dari platfom ini seperti yang sudah tertera di Whitepaper platfom DDK.

9. 100% Open Source dan Desentralisasi

DDK yang sebelumnya bermigrasi dari DNC dimana pada saat DNC masih sentralisasi dan sekarang 100 % sudah desentralisasi & open source (sumber terbuka), sehingga bagi para programer dapat ikut serta mengembangkan platform ini dengan membuat web custom wallet, explorer sendiri, dll. Dan setiap orang berkesempatan untuk jadi Delegasi di Platfom ini dengan running node masing-masing, hanya saja node yang akan jadi Validator Node (yang menerima fee transaksi) yang ada dalam ranking 301, semisal posisi di bawah tersebut maka akan jadi node biasa bukan lagi Validator Node (Delegates / Delegasi).

Dari 9 Poin Keunggulan DDKoin Pada Platfom DKK di atas, tentu menjadi gambaran peluang yang sangat besar terhadap komunitas, koin dan platfom. Segeralah bersiap untuk memasuki dunia financial tanpa batas!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel