Apa Meta Deskripsi dan Bagaimana Cara Memasangnya di Blogger

Apa Meta Deskripsi dan Bagaimana Cara Memasangnya di Blogger

Apa Meta Deskripsi dan Bagaimana Cara Memasangnya di Blogger

Sebuah blog yang baik harus memiliki meta deskripsi atau meta description guna memberikan penjelasan singkat mengenai isi blog tersebut. Meta deskripsi sendiri adalah atribut HTML yang muncul dalam hasil pencarian mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing, dll, tepat di bawah judul blog.

Tag meta deskripsi ini bisa dianggap tidak penting, karena tidak memengaruhi peringkat di mesin pencari. Tetapi tag ini sangat penting untuk meningkatkan jumlah klik dalam hasil pencarian mesin pencari. Melalui paragraf singkat yang umumnya hanya terdiri dari 160 karakter ini, calon pengunjung dapat mengetahui sekilas info tentang isi blog Anda.

Dalam penulisan meta deskripsi, sebaiknya Anda menyisipkan kata kunci, namun juga harus menarik agar calon pengunjung mengklik blog Anda. Adapun meta deskripsi ini tidak hanya muncul dalam pencarian halaman utama blog Anda, tetapi juga di setiap posting. Maka dari itu, Anda harus tetap memerhatikan meta deskripsi setiap kali membuat posting.

cara memasang meta deskripsi di blogger

Nah, kali ini kita akan belajar mengenai bagaimana cara membuat meta deskripsi untuk halaman utama blog Anda maupun meta deskripsi posting di platform Blogger. Berikut langkah-langkahnya.

Membuat Meta Deskripsi untuk Halaman Utama

1.   Login ke akun Blogger Anda, lalu pilih blog yang ingin Anda kelola.
2.   Masuk ke menu “Setelan” kemudian klik “Preferensi penelusuran”.


3.   Di dalam menu ini Anda bisa menambahkan deskripsi blog dengan klik “Edit” pada bagian “Deskripsi”.


4.   Pada “Aktifkan deskripsi penelusuran” pilih “Ya”, lalu tulis keterangan untuk menjelaskan tentang blog Anda secara singkat. Contohnya: “Blog bacanulis.com sumber referensi baca tulis, tips dan trik dalam usaha bisnis dan cara mengatur keuangan.
5.   Terakhir, jangan lupa klik tombol “Simpan Perubahan”. Pengaturan meta deskripsi untuk blog Anda pun selesai.

Meta deskripsi tersebut adalah untuk halaman utama blog Anda. Untuk memastikan apakah berhasil atau tidak, Anda bisa mencari blog Anda di mesin pencari. Berikutnya, Anda juga harus memasang meta deskripsi untuk setiap posting di blog. Caranya tentu dilakukan secara manual setiap kali membuat posting baru.

Membuat Meta Deskripsi untuk Halaman Posting

Sama halnya seperti meta deskripsi halaman utama, nantinya meta deskripsi di halaman posting ini akan muncul jika salah satu posting Anda di blog ditemukan di mesin pencari. Untuk itu, disarankan agar membuat meta deskripsi yang menarik dan memuat keyword atau kata kunci, sesuai yang Anda targetkan di artikel. Untuk membuat meta deskripsi posting, ikuti langkah-langkah berikut ini.

1.   Buat posting baru di blog.
2.   Klik “Deskripsi penelusuran”, lalu tuliskan deskripsi singkat terkait dengan artikel yang Anda tulis.


3.   Sebagai catatan, kolom deskripsi di posting baru ini hanya akan muncul jika Anda mengaktifkan meta deskripsi blog di menu “Setelan > Preferensi Penelusuran”.

Mudah bukan cara memasang meta deskripsi di Blogger? Namun yang jadi pertanyaan, bagaimana jika kita tidak menulis meta deskripsi?

Sebenarnya tidak masalah jika Anda tidak menulis meta deskripsi untuk setiap posting di blog Anda. Tetapi jika Anda menargetkan keyword khusus untuk blog dan posting, sebaiknya memang harus membuat meta deskripsi.

Pasalnya mesin pencari biasanya akan secara otomatis membuatkan meta deskripsi untuk sebuah halaman posting. Bukan hanya dari kalimat pertama atau paragraf pertama, tetapi mesin pencari akan membuat deskripsi sesuai apa yang dicari oleh calon pengunjung. Hal ini membuat deskripsi menjadi lebih relevan. Selamat mencoba.
Buka Komentar