Cara Membuat Artikel Blog Langsung Terindex Google

Cara Membuat Artikel Blog Langsung Terindex Google

Cara Membuat Artikel Blog Langsung Terindex Google

Anda tentu ingin setiap artikel yang dipublikasikan di blog dapat terindex oleh mesin pencari Google. Dengan begitu, Anda bisa menyaring lebih banyak pengunjung dari Google dengan kata kunci tertentu. Akan tetapi, biasanya artikel baru akan lama sekali terindex Google, bisa sampai berhari-hari lamanya. Nah, kali ini kita akan bahas tentang bagaimana cara membuat artikel blog cepat terindex Google, bahkan hanya dalam waktu satu menit saja.

Memangnya apa keuntungan artikel baru cepat terindex Google? Ini akan sangat bagus untuk SEO blog Anda, karena akan terbaca oleh Google sebagai konten yang baru. Jika Google bisa mengindex otomatis artikel blog kita dalam kurun waktu beberapa hari, bagaimana caranya artikel bisa terindex Google dalam waktu satu menit saja? Caranya adalah dengan menggunakan Google Webmaster.

membuat artikel cepat terindex google

Cara Agar Artikel Cepat Terindex Google

Secara garis besar ada dua cara yang bisa Anda coba untuk membuat artikel cepat terindex Google. Namun, pertama-tama Anda harus sudah mendaftarkan blog di Google Webmaster di alamat www.google.com/webmasters/tools.

Cara Pertama

#1. Buat artikel baru di blog Anda, lalu coba cek apakah sudah terindex di Google atau belum dengan cara menyalin URL artikel di mesin pencari Google. Tetapi karena ini artikel baru, pastinya artikel Anda belum akan muncul di hasil pencarian.
#3. Isikan kolom URL dengan URL artikel baru Anda, kemudian selesaikan CAPTCHA lalu klik “Kirim” atau “Submit”.
#4. Tunggu selama kurang lebih satu menit, setelah itu cek kembali artikel Anda di mesin pencari. Anda bisa mencarinya dengan menggunakan URL artikel atau judul artikel.


Cara Kedua

Cara kedua ini sedikit lebih panjang dari cara yang pertama, ini berfungsi untuk memantapkan artikel baru Anda agar sesegera mungkin terindex Google.
#1. Masuk ke dasbor www.google.com/webmasters/tools/, lalu pilih blog yang ingin Anda optimasi.
#2. Klik menu “Perayapan/Crawl” > “Ambil sebagai Google/Fetch as Google”.
#3. Salin URL artikel baru anda, namun hanya pada bagian permalink yakni mulai dari tanggal sampai html.
#4. Klik “Ambil” > “Kirim Index”.


#5. Untuk mengecek apakah artikel Anda sudah terindex atau belum, lakukan langkah seperti yang dijelaskan pada cara pertama.

Nah, dengan dua cara sederhana tersebut maka artikel baru blog Anda akan lebih cepat terindex Google, hanya dalam hitungan detik atau menit.

Artikel Tidak Terindex Google

Artikel blog bisa tidak terindex oleh Google atau tidak muncul di daftar pencarian mesin pencari atau SERP. Anda pasti merasa kesal jika hal ini terjadi pada blog Anda. Namun, Anda harus pahami dulu bahwa artikel tidak terindex berbeda dengan artikel yang belum terindex Google.

Hilang dari SERP

Biasanya ini terjadi pada artikel lama di blog Anda. Artikelnya masih ada dan URL-nya masih bisa diakses secara langsung melalui blog Anda. Tetapi artikel ini bisa menghilang dari hasil pencarian mesin pencari, walau Anda sudah berusaha mencarinya dengan berbagai kata kunci yang Anda targetkan.

Jika terjadi, maka sudah pasti Anda tidak bisa menjaring pengunjung dari mesin pencari Google. Biasanya hal ini terjadi hanya pada beberapa artikel saja, tidak semuanya.

 Artikel Deindex

Kalau yang satu ini sangat merugikan, karena status deindex artinya semua artikel Anda tidak akan tampil pada hasil pencarian Google. Masalah ini bisa muncul jika blog Anda menyalahi ketentuan webmaster, misalnya menggunakan cara optimasi yang berlebihan atau teknik blackhat SEO. Deindex artikel ini menjadi hukuman penalti dari Google untuk pemilik blog yang melanggar aturan.
Buka Komentar