Cara Backup dan Menyimpan Data Aplikasi di Android

Cara Backup dan Menyimpan Data Aplikasi di Android

Cara Backup dan Menyimpan Data Aplikasi di Android

aplikasi Titanium Backup
Berbicara mengenai aplikasi android, pernahkah Anda memperhatikan besaran data dalam sebuah aplikasi, khususnya di Android? Sebagai contoh, ketika Anda baru menginstal aplikasi tertentu, maka apabila dilihat ukuran aplikasi beserta datanya masih standar bawaan (cenderung berukuran kecil). Namun jika Anda menggunakan/menjalankan aplikasi tersebut, secara langsung ukuran aplikasi akan bertambah besar.

Mengapa hal itu terjadi? Bertambahnya ukuran data aplikasi diakibatkan oleh adanya program perintah atau data baru yang masuk ketika aplikasi dijalankan. WhatsApp apk misalnya, ketika baru saja Anda install, tentu ukuran aplikasi masih kecil karena belum menyimpan data-data baru. Begitu Anda menggunakannya untuk beraktivitas layaknya sosial media seperti chat dan sebagainya, maka data aplikasi WhatsApp akan bertambah oleh adanya data-data baru seperti riwayat pesan, file, dan lainnya yang masuk dan tersimpan. Begitu juga dengan aplikasi game yang seringkali menyimpan data dalam ukuran yang besar.

Banyaknya data aplikasi yang terus-menerus tersimpan membuat ruang memori semakin berkurang, terutama bagi pengguna yang sering menginstal banyak aplikasi. Maka untuk meminimalisir penggunaan ruang penyimpanan memori yang besar pengguna harus membatasi jumlah aplikasi yang diinstal. Sayangnya jika kita menghapus (uninstall) sebuah aplikasi, maka data yang tersimpan juga akan ikut terhapus, sehingga jika kita ingin menggunakan aplikasi itu di kemudian hari harus memulainya dari awal, kecuali kita membackup terlebih dahulu data aplikasi yang dapat direstore ketika kita menginstalnya kembali.

Jika demikian, lalu bagaimana cara membackup data yang tersimpan di aplikasi sebelum diuninstal? Untuk dapat melakukannya, cukup Anda dengan menggunakan bantuan aplikasi Titanium Backup. Namun sebelum itu Anda harus melakukan root terhadap gadget android Anda, karena aplikasi Titanium Backup ini membutuhkan akses root agar dapat dijalankan. Cara melakukan root pada android dapat anda baca di Sini.

Setelah android anda berhasil diroot, silahkan baca tutorial berikut ini, cara menyimpan (backup) data aplikasi menggunakan bantuan aplikasi Titanium Backup.
  1. Download dan install aplikasi Titanium Backup di Play Store.
  2. Buka aplikasi Titanium Backup, setelah berada di menu utama silahkan pilih panel Backup/Restore yang berada di bagian atas tengah.
  3. Pada halaman selanjutnya akan ditampilkan sejumlah aplikasi-aplikasi yang terinstall di android Anda. Silahkan pilih aplikasi mana yang ingin di backup datanya kemudian klik aplikasi tersebut.
  4. Setelah terbuka, silahkan klik opsi Backup dan akan muncul notifikasi proses pembackupan data dalam aplikasi
  5. Jika notifikasi telah menunjukkan proses backup selesai, silahkan cek data backup tersebut di folder memori bagian eksternal/titaniumbackup. File data backup yang dihasilkan berupa file berformat Gzip atau Zip. Sekarang Anda dapat menghapus aplikasi yang terinstall tersebut.
  6. Pindahkan file backup tersebut ke penyimpanan di luar android, seperti komputer atau flashdisk agar tidak mempersempit ruang penyimpanan memori.
  7. Jika suatu saat Anda ingin mengembalikan dan menggunakan lagi aplikasi beserta datanya, maka Anda cukup dengan menginstal kembali aplikasi yang sempat dihapus tersebut. 
  8. Setelah itu buka aplikasi Titanium Backup dan pilih panel Backup/Restore. Cari aplikasi yang baru terinstall dan klik. Apabila muncul jendela konfirmasi, pilihlah App + Data untuk mengembalikan kembali data yang dibackup. Kini aplikasi yang baru saja Anda install dapat digunakan kembali tanpa memulainya dari awal. 
Baca juga: Cara Backup dan Menyimpan Data Aplikasi di Android

Demikianlah cara yang dapat Anda lakukan untuk membackup data aplikasi yang tersimpan melalui Titanium Backup. Anda dapat melakukan cara ini untuk semua jenis aplikasi yang terinstall di android. 
Buka Komentar