Cara Cek Broken Link atau Link yang Sudah Tidak Aktif di Blog dengan Mudah

Cara Cek Broken Link atau Link yang Sudah Tidak Aktif di Blog dengan Mudah

Cara Cek Broken Link atau Link yang Sudah Tidak Aktif di Blog dengan Mudah

Bagi blog yang masih memiliki konten yang sedikit, tentu dengan cara manual bisa dengan cepat untuk memperbaiki link yang sudah tidak aktif di blog. Misalnya saja, blog dengan jumlah artikel masih di bawah 100 postingan, namun, bagaimana jika terdapat banyak artikel di dalam blog?, 500 misalnya, atau 1.000, atau bahkan di atas 2.000 potingan. Tentu bisa puyeng-punyeng bila harus nge-cek satu persatu link yang sudah tidak aktif di blog, dan pastinya bisa butuh berbulan-bulan tuk kerjaan nge-cek saja.

Jika dibiarkan saja, link yang sudah tidak aktif di blog, ini akan berdampak pada reputasi blog tersebut, yang berujung pada berkurangnya pengunjung. Oleh sebab itu, jangan biarkan itu terjadi pada blog kesayangan Anda.

Bagi sobat yang memiliki banyak konten di dalam blog, seringlah untuk melakukan pengecekan supaya tidak ada broken link. Terkadang tidak disadari, karena asyik menulis dan mengambil berbagai referensi, link-link eksternalnya sudah pada tidak aktif. Memang, dalam mengambil referensi dan meletakkan link eksternal perlu kehati-hatian, link yang diambil diusahakan memiliki reputasi yang baik dan ditinjau akan ada sampai lama.

Berbeda tentu bila memasukkan internal link di dalam penulisan artikel di blog, Jika ganti domain baru, sudah dipastikan link tidak aktif semua, maka jangan sekali-kali blog yang udah lama hidup, harus diganti domainnya. 

Yang sering terjadi kelupaan jika, artikel diambil (import) dari blog lama atau blog orang lain yang menjual tulisannya. Sehingga, perlu di cek ulang link-link yang ada di dalamnya. Dari beberapa uraian ini, intinya bagaimana cara cek broken link atau link yang sudah tidak aktif di blog dengan mudah, apalagi bila tulisan di blog sangat banyak;

1. Silahkan buka url brokenlinkcheck.com
2. Isikan domain Anda pada kolom "Enter your URL below", lalu tekan tombol "Find Broken Links"
3. Lihat domain yang ada disana, pastikan domain sudah sesuai. Isi Security Code dan centang "Report all occurrences of each dead link (may be slower)" berikutnya klik "Find broken link now !"
4. Ketika sedang proses, tunggu beberapa saat untuk mengecek semua link sudah tidak aktif maupun link yang buruk. Dari gambar berikut ini, blog bacanulis.com ada 15 link, 
5. Berikutnya untuk melihat dimana letak dari link yang sudah tidak aktif itu yang berada pada konten blog, klik "url" pada kolom Page Where Found, nanti akan diarahkan pada tulisan blog. Setelah nampak judul artikel, selanjutkan bagian postingan blog untuk mencari judul artikel dan hapus link yang sudah tidak aktif atau juga menggantinya dengan yang link yang baru.
Cukup mudah bukan, cara cek broken link atau link yang sudah tidak aktif di blog dengan mudah. Selanjutnya, tinggal perbaiki saja dengan menghapus link-link tersebut yang berada di dalam konten blog untuk menjaga reputasi blog dengan baik.

Buka Komentar