Cara Custom Permalink Blog yang Berbeda dengan Mudah

Cara Custom Permalink Blog yang Berbeda dengan Mudah

Cara Custom Permalink Blog yang Berbeda dengan Mudah

custom permalink
Bagi saya yang masih terlalu newbe, hal seperti ini dulunya selalu saya abaikan. Sebab, yang dipikirkan hanya ganti domain baru supaya keliatan keren dan bagus. Yang namanya custom domain dan permalink, sebuah hal yang selalu saya abaikan. Akibatnya, sangat fatal bagi blog dengan domain baru tersebut. Oleh karenanya, tentu hal ini jangan sampai terulang kepada rekan-rekan yang baru membeli sebuah blog baru atau berniat untuk mengubah domain pada blog yang lama.

Jika sebuah permalink berbeda maka, ketika menuju kedomain baru akan muncul kata tidak ditemukan. Permalink, tentu berbeda dengan domain, domain itu adalah halaman depan atau beranda sebuah blog, namun permalink adalah link artikel/konten, sehingga arahnya menuju tulisan/postingan pada blog. Jika hal ini diabaikan, google akan menilai bahwa blog dengan domain baru memiliki banyak link yang rusak. Hal ini berdampak pada reputasi blog baru, trafik turun, dan SEO pada blog baru tersebut

Sebelumnya sudah dibahas Cara Redirect Domain Blog Lama ke Blog Baru, nah... selanjutnya yang tak kalah pentingnya adalah; 

Cara melakukan custom redirect dengan Mudah

Masuk ke Blogger >> Pilih menu Settings >> Search preferences >> Custom redirects >> masukkan perma link yang ingin di redirect.

*Perma link adalah struktur URL postingan blog (bukan URL beranda). Contoh perma link: http://www.bacanulis.com/2017/05/contoh-surat-lamaran-kerja-di-bank.html

Namun bisa saja ketika di blog baru menjadi; http://www.domainbaruanda.com/2018/05/contoh-surat-lamaran-kerja.html

lihat perbandingannya;
1. (/2017/05/contoh-surat-lamaran-kerja-di-bank.html)
2. (/2018/05/contoh-surat-lamaran-kerja.html)

nah... perbandingan diatas, merupakan permalink yang berbeda. Sehingga tidak semua postingan dibuat permalinknya, namun pada permalink yang berbeda saja, seperti yang sudah dibandingkan diatas.

Untuk mempermudah, berikut gambar yang saya ambil dari custom yang pernah saya lakukan;

step#1
edit permalink blog konten
step#2
isi link permalink blog
step#3
data permalink yang berbeda
step#4
done!

untuk melihat permalink yang berbeda, silahkan buka saja tiAp poStingan pada blog lama. Jika "note found", maka permalinknya berbeda, dan segeralah untuk dilakukan perbaikan.

Jika masih perlu dipertanyakan silahkan saja masukan ke dalam komentar, namun mudah-mudahan artikel ini sudah dapat menjadi referesi yang baik berkenaan dengan cara custom permalink blog yang berbeda. 
Buka Komentar